Amazon Kindle Fire HD - Dilengkapi Teknologi MIMO Yang Mampu Mengunduh 40% Lebih Cepat Dibanding iPad

26 Sep 2012 09:00 6706 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setelah sukses dengan debutnya Amazon Kindle Fire, kini Amazon menelurkan penerus dari Kindle Fire sebelumnya, yakni Kindle Fire HD.

Setelah sukses dengan debutnya Amazon Kindle Fire, kini Amazon menelurkan penerus dari Kindle Fire sebelumnya, yakni Kindle Fire HD. Seperti telah menjadi sebuah tradisi, bahwa sebuah produk yang sukses harus meneruskan jejak sukses pendahulunya dengan menggunakan nama yang sama namun dengan embel-embel berbeda. Dan hal inipun ditaati oleh Amazon. Dengan menelurkan versi HD dari Kindle Fire, Amazon berharap dapat mendulang kesuksesannya lagi dari produk unggulannya ini. Namun apakah performa yang ditawarkan pada Kindle Fire HD ini sesuai dengan harga yang dibanderolnya? Berikut ulasannya.

Hardware dan Desain

Desain yang diusung oleh Kindle Fire HD ini masih tidak berbeda jauh dengan Kindle Fire yang lama. Kindle Fire sendiri diluncurkan dalam tiga versi, yakni versi yang mengusung layar 8.9 inci, 7 inci dan AT&T 4G LTE yang tempakanya hanya akan beredar untuk pasar Amerika saja. Ketiga tablet ini memiliki ketebalan yang sama, yakni sebesar 8.8mm dan dilapisi dengan bahan karet yang berada di belakang bodinya untuk menghindarkan selip pada saat berada pada genggaman Anda.

Untuk Kindle Fire HD yang mengusung layar 8.9 inci dipersenjatai dengan prosesor Texas Instruments OMAP 4470 di mana prosesor ini diklaim memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan dengan Nvidia Tegra 3 Quad-core chipset. Sementara itu, Kindle Fire HD yang mengusung layar 7 inci mengusung prosesor yang sama namun dengan OMAP yang berbeda. Untuk versi 7 inci ini, hanya membawa OMAP 4460.

Pada sisi depan, Anda akan menemukan kamera sekunder yang memiliki kualitas HD dan juga dilengkapi dengan Dolby Digital Plus yang mampu memompa kuat alunan musik dari dua buah speaker yang tersematkan pada bodi Kindle Fire ini. Dengan mengusung nama dari brand terkenal, akan membuat perbedaan yang tajam pada perangkat yang kecil seperti Kindle Fire HD.

Layar

Dengan menyematkan embel-embel HD, ini berarti bahwa Kindle Fire HD ini telah membawa layar yang memiliki resolusi yang tajam. Untuk versi yang paling kecil, yakni 7 inci, Kindle Fire HD 7 inci memiliki resolusi sebesar 1.280 x 800 piksel. Sedangkan untuk yang versi 8.9 inci memiliki resolusi sebesar 1.920 x 1.200 dan memiliki kerapatan piksel sebesar 254ppi. Layar pada Kindle Fire HD ini ditemani dengan teknologi Advanced True Wide yang dengan teknologi ini akan mengurangi silau sebesar 25% dan tetap menjaga warna yang kaya dan kontras yang terjaga meskipun dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Meskipun layar Retina yang diusung oleh iPad sulit untuk ditandingi, namun layar yang disajikan oleh Kindle Fire HD ini masih mampu memanjakkan mata Anda.

Konektivitas dan Fitur

Kindle Fire HD telah dibekali dengan dual antena dan dual-band 2.4 GHz dan 5 GHz band support untuk urusan konektivitas yang mendukung Anda untuk berselancar di dunia maya. Amazon pun mengklaim bahwa MIMO (Multiple Input Multiple Output) konon memiliki kekuatan pengunduhan dan streaming video yang 40% lebih cepat dibandingkan dengan iPad.

Tidak hanya unggul dalam hal konektivitas internet, Fire HD ini pun memiliki fitur parental controling yang mana Anda sebagai oranga tua dapat mengatur penggunaan Fire untuk anak-anak Anda seperti Kindle FreeTime, yang mana pada fitur ini Anda memungkinkan untuk mengatur batas waktu untuk game, TV dan film. Ini akan membantu Anda untuk meminimalisirkan kecanduan gadget untuk anak Anda.

Penggunaan Multiple User juga sangat membantu Anda untuk menyimpan beberapa profil pengguna sekaligus. Anda bisa menyimpan profil dari Anda sendiri, profil anak Anda, dan profil lainnya.

Kindle Fire HD pun menyematkan beberapa software extra. Seperti software X-Ray yang memang digunakan untuk memutar film dan juga menyematkan software email emphasizing corporate dan software khusus untuk mengkoneksikan jejaring sosial menggunakan Kindle Fire.

Harga**

Anda bisa melakukan per-order Kindle Fire HD ini dari sekarang. Fire HD 7 inci dengan banderol harga sebesar $199 atau sekitar Rp 2 jutaan yang akan diluncurkan pada tanggal 14 September bulan ini, sedangkan untuk yang 8.9 inci akan dikirimkan pada tanggal 20 November dengan harga $299 atau sekitar Rp 3 jutaan. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel