Memanfaatkan Limbah Korek Menjadi Miniatur Motor Vespa

4 Nov 2016 01:39 3189 Hits 0 Comments
Memanfaatkan Limbah Korek Gas Didaur Ulang Menjadi Miniatur Motor Vespa Recycling art membuat miniatur Vespa dari limbah korek gas.

Penjelasan beserta Video Tutorial https://youtu.be/aKbtXD4Kc3E

Masih seputar Recycling art atau kegiatan daur ulang memanfaatkan limbah menjadi sebuah karya kerajinan memang lagi hangat saat ini, selain dapat dilakukan dengan mudah dan murah menggunakan bahan disekitar kita, kegiatan ini mempunyai orientasi bisnis yang cukup baik. Memang butuh keseriusan dan kemauan tentu saja, ditambah proses kreatif tanpa henti, baik sebelum, saat atau setelah produksi. Yang pasti keseruan dan kepuasan tak akan terelakan lagi, apalagi kalau karya tersebut mampu dijual dengan harga yang pantas.

Di paragraf kedua ini saya akan lebih mengerucut menjelaskan tentang proses daur ulang limbah korek gas menjadi miniatur scooter vespa, bahannya semua dari korek bekas pakai sekitar 4 buah. Sebenarnya bisa lebih atau kurang, disesuaikan kebutuhan imajinasi anda jikalau ingin menambah detail dan kemiripan juga variasi di miniatur vespa tersebut. Alat - alat yang dibutuhkan terbilang sederhana, cukup siapkan lem tembak plastik, tang cucut, obeng kecil (yang biasa buat bongkar jam tangan), gunting kertas yang kuat atau potongan kuku.

Berikut penjelasan singkat proses pembuatannya, langkah awal adalah membongkar korek gas bekas menjadi part kecil, lalu bagian seng atau plat korek yang biasanya berwarna silver mengkilat kayak aluminium, mulai dibentuk menyerupai dek depan vespa disambung dengan menggunakan lem tembak. Setelah itu dek tersebut di sambungkan dengan pretelan korek dari bagian wadah roda gas, berbentuk oval dan biasanya berwarna hitam, dipasang terbalik hingga roda gas posisinya dibawah menyerupai ban vespa.

Tahap kedua adalah bagian belakang bodi vespa, masih sama menggunakan pretelan dari wadah roda gas yang dipasang terbalik sehingga menyerupai rangka sekaligus tempat ban belakang. Lalu dikombinasi dengan pencetan gas sebagai tempat duduk biasanya dipotong dan dirangkai dengan sistem knock down, atau jika dirasa sulit bisa di lem langsung asal nilai estetikanya terasa pas di mata. Setelah bagian belakang plus tempat duduk selesai, bagian depan awal tadi di satukan dengan belakang menggunakan lem, sampai proses ini harusnya bentuk vespa sudah mulai terlihat.

Untuk setir dan lampu, menggunakan selang korek gas dan gir atau roda gerigi kecil dari bongkaran korek gas, biasanya berwarna putih. Selang dipotong sesuai ukuran kepantasan, lalu sedikit ditekuk untuk dibentuk menyerupai stang motor dan dilem di atas deck vespa bersama dengan gir sebagai lampunya. Sisa plat seng dipasang masing - masing di bagian atas roda depan dan belakang sehingga menyerupai slebor, jangan takut membolak-balik bagian slebor untuk dipasang agar sesuai hingga mirip dengan wujud vespa, bahkan untuk tambahan lampu sorot depan, spion dan knalpot bisa diberikan untuk detail yang diambil dari bahan korek yang ada, tergantung kreasi anda.

Penjelasan singkat ini memang tak ada tutorial gambarnya, tapi jangan khawatir dan kecewa, karena untuk detailnya bisa langsung melihat VIDEO tutor pembuatan miniatur vespa dari limbah korek gas yang sudah saya sertakan linknya di bawah. Oiya tahap akhir setelah finishing jangan lupa mulai mengambil foto karya vespa tersebut dari segala sisi, lalu mulai unggah di media sosial anda, siapa tahu ada yang berminat dan mulai tanya harga. Jadi selamat berkarya dan mencoba.

Salam.

About The Author

hams 41
Pena

hams

Lelaki asal Surabaya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel