Ayo Buat Lagu Anakmu Sendiri Lewat Android

3 Apr 2017 00:42 4689 Hits 0 Comments
Lagu anak, membuat musik dan lagu di Android. Rekam suara lucunya dan bernyayi bersama.

Membuat lagu anak di Android, kenapa tidak??

Halo netizen, sesuai judul diatas saya akan berbagi cara untuk berkreasi membuat lagu anak atau bahkan lagu pada umumnya hanya menggunakan aplikasi di Android. Ya menginggat lagu anak Indonesia hari-hari ini sudah mulai jarang dan kebetulan anak saya suka sekali bernyanyi, maka saya khususkan bahasan kali ini membuat lagu anak.

Pada dasarnya memang sehari-hari kita mendengar nada, bahkan saat berbicara ataupun mendengkur. Nah nada itulah yang menjadi dasar kita menciptakan sebuah lagu secara utuh.

Langsung saja, ceritanya saya tak sengaja mendengar anak saya bergumam dan bercoteh dengan sebuah nada yang sama berulang-ulang, Lalu insting musisi saya mulai bereaksi nih, hehe.. karena nadanya sangat easy listening dan juga sangat kekanakan (lha iya wong memang yang bikin anak kecil). Singkat kata mulailah saya rekam nada tersebut dan saya petakan nadanya melalui aplikasi android yang bernama music studio.

Tampilan track layer Music Studio

Music studio sendiri salah satu aplikasi yang bisa dibilang komplit dan mumpuni, disana banyak pilihan instrumen musik versi midi, mulai dari piano, drum, bass, gitar, hingga orchestra, string section dan alat musik daerah. Plus kita bisa input audio or vocal kedalam layer-layer yang sudah disediakan. Pilihan efek dan equaliser pun tersedia, ya mirip Fruity loop kalau di PC, cuma ini semacam versi mininya, beda tipis. Yang suka ngulik software musik pasti terasa deh. Disini anda bisa membuat nada melalui tuts piano, menyesuaikan panjang dan pendeknya, in and out sesuai tempo.

Setelah proses memetakan nada dalam track layer musik sebagai background, mulai dari piano hingga ke drum selesai, mulailah proses recording audio, saya menggunakan mic dari headset saja. Disinilah ujian sesungguhnya, menyuruh anak kecil bernyayi secara utuh dan sesuai tempo itu susah buanget.

Jadi untuk pancingan saya rekam suara Ibunya, sebagai contoh nada dan tempo biar ga lepas, sekaligus lirik yang runtut, meskipun toh pas nyanyi sang anak masih lepas juga tempo dan liriknya, Ingat yang terpenting adalah harus sabar. Jangan ada pemaksaan pada anak ya. Kasihan, kan maunya biar fun and joy.

Walhasil saya mendapatkan sample anak saya dan melalui proses editing yang berlayer-layer, jadilah utuh bagian reff dia bernyayi, tentu ditambah celoteh dia yang ternyata sangat lucu untuk dijadikan background lagu, karena terdengar sangat natural. Dan suara Ibunya yang niat awalnya hanya sebagai contoh, berubah konsep menjadi bagian dari lagu tersebut.

Fleksibel sekali bukan dan semua proses itu cuma diolah dengan satu aplikasi di android. saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan music studio, bisa didownload di playstore, kalau mau fitur lengkap cari yang berbayar ya.

Setelah itu untuk visualisasi ke video saya mengunakan software video scribe, semacam video animasi gambar, sangat simpel dan user friendly tampilannya, mudah dipelajari. Software tersebut dapat didownload gratis di google, tapi disarankan editingnya melalui laptop atau PC. Karena yang versi android sangat tidak kompatibel untuk berkreasi.

Tampilan VideoScribe

Untuk hasil jadi lagu anak saya, bisa dinikmati langsung disini. Cocok dah untuk dikonsumsi anak usia 7 tahun ke bawah. Gak percaya? Monggo dicek.

Selamat ngulik dan mencoba. Jangan lupa save and share ya. Salam.
Tags Musik Android

About The Author

hams 44
Ordinary

hams

Lelaki asal Surabaya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel