Indonesia Sebagai Kiblat Fashion Muslim Dunia

2 Oct 2016 18:55 2641 Hits 0 Comments
Lika-liku indonesia yang bercita-cita ingin menjadi kiblat fashion muslim dunia, dengan target yang telah ditetapkan membuat optimis berbagai kalangan kalau target tersebut akan tercapai beberapa tahun kedepan.

Indonesia telah cukup lama berkecimpung di dunia fashion, namun beberapa tahun belakangan ini ada tren baru yang cukup populer tidak hanya dikalangan ibu-ibu namun juga dikalangan remaja putri, ya, fashion muslim.

Fashion muslim tumbuh beberapa tahun terakhir dipicu oleh banyaknya fashion blogger, fashion designer, berbagai komunitas hijabers, hijabers mom, hingga diselenggarakannya berbagai bazar tentang fashion busana muslim.

Tren ini mengalir dengan sendirinya dan animo masyarakat akan tren ini pun cukup masif, diantaranya para ibu-ibu, wanita, remaja putri, hingga anak-anak.

Geliat Fashion Muslim

Di negara-negara berkembang lain tren fashion muslim juga turut berkembang bukan hanya di negara muslim saja namun dinegara-negara yang minoritas muslim.

Hal ini tentu dianggap positif karena gaya busana muslim yang itu-itu saja akan sangat membosankan dan terlihat kurang stylish. Namun, apakah busana muslim sekarang ini masih memenuhi kaidah menutup aurat yang islam ajarkan?

Menurut Imam Qurthubi mengungkapkan dalam tafsirnya kalau hijab berarti kain yang lebih besar ukurannya dari khimar (kerudung), dan yang benar menurutnya jilbab adalah kain yang menutup semua badan.

Dari pernyataan tersebut maka dapat kita tarik kesimpulan kalau banyak desainer fashion muslim yang perlu memperhatikan lagi desain busananya agar sesui dengan syar'iah islam.

Namun terlepas dari pro konta yang terjadi saat ini baik di indonesia maupun di negara-negara muslim lain, tren fashion muslim jauh lebih baik daripada tren fashion barat yang sama sekali tidak sesuai dengan budaya ketimuran kita yang mengutamakan azas sopan santun dan saling menghormati.

Keunggulan Indonesia

Pemerintah berpendapat indonesia memiliki daya saing dan kepercayaan diri yang besar ketika menyatakan bahwa negara ini siap untuk menjadi kiblat fashion muslim dunia.

Ungkapan tersebut bukan tanpa alasan. Menurut Dirjen IKM Euis Saidah, 20 juta penduduk indonesia telah menggunakan hijab. Dan menurut data-data pertumbuhan masyarakat kelas menengah sekitar 7-8 persen pertahun. Yang artinya daya beli untuk produk fashion (terutama fashion hijab) akan terus meningkat.

Selain data tersebut banyak sekali UKM dan kreatif muda yang saat ini menaruh minat yang besar untuk bereksplorasi dalam mendesain dan menggunakan hijab sesui gaya dan umur mereka.

Hal ini disambut baik dengan diadakannya berbagai kompetisi dan bazar menyangkut tren fashion muslim ini.

Tentunya hal-hal diatas jarang ditemui dinegara-negara muslim lainnya, kalaupun ada sepertinya masih minim, sehingga agaknya indonesia selangkah lebih maju dalam bidang ini.

Dukungan Masyarakat

Tidak hanya pemerintah, masyarakat juga perlu mendukung terbentuknya indonesia sebagai kiblat fashion dunia. Sehingga tentu saja indonesia akan diuntungkan dari segi ekonomi. Meningkatnya penghasilan masyarakat dan terbentuknya lapangan kerja.

Saya sendiri saat ini bergerak dalam bidang fashion Grosir Tas Batam dan sebenarnya ingin untuk memasarkan produk dalam negeri dan akan bangga jika produk buatan dalam negri bisa go internasional.

Di indonesia banyak sekali kreatif muda yang cukup kompeten dalam membuat dan memaksimalkan potensi dan budaya dalam negri. Dan saya optimis target pemerintah tersebut akan tercapai dalam beberapa tahun kedepan.

Tags

About The Author

rian darmawan 22
Novice

rian darmawan

mencoba membagikan apa yang ada di otak saya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel