Cara Merawat Sepatu Simple Dan Gak Ribet

24 Jan 2019 22:05 1545 Hits 1 Comments
Sepatu adalah cerminan fashion, tidak semua sepatu dapat cocok dipakai disetiap keadaan, oleh karena itu merawat sepatu sangatlah penting. Berikut tips nya.

Sepatu merupakan fashion utama yang paling penting, selain sebagai alas kaki sepatu juga digunakan sebagai pemanis kesan pertama saat kita bertemu seseorang. Entah itu rekan bisnis, teman, atau bahkan calon pasangan kita.

Akan tetapi banyak dari kita yang mengalami berbagai masalah dengan sepatu kesayangan kita, misalnya berjamur, jahitan atau lem yang lepas, hingga bau tak sedap yang ditimbulkannya.

Apakah anda termasuk orang yang memiliki satu atau lebih masalah tersebut? Mungkin saja akar masalahnya karena cara penyimpanan atau cara merawat sepatu yang tidak baik.

Berikut tips cara merawat sepatu yang baik dan benar berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang juga dituangkan dalam situs Tas Batam.

 

1. Semir sepatu secara rutin

Menyemir sepatu secara rutin adalah hal paling ampuh untuk merawat sepatu agar terlihat lebih mengkilap. Jika anda termasuk orang yang tidak rajin untuk mencuci sepatu maka biasakanlah untuk menyemir sepatu anda, karena jika sepatu di biarkan dalam keadaan kotor dan dekil maka sepatu akan cepat rusak.

 

2. Cara menyimpan sepatu

Perhatikan cara menyimpan sepatu anda, biasakan untuk menyimpan sepatu dalam keadaan kering dan di dalam kotak nya. Cara penyimpanan pun bisa berdasarkan jenis kulit sepatu yang di gunakan, jika sepatu kulit sintesismaka jangan sampai sepatu ini tersimpan dalam keadaan basah atau kotor karena ini akan merusak permukaan kulit sepatu tersebut.

Anda dapat menambahkan koran yang dimasukan kedalam sepatu untuk menjaga agar sepatu tidak lembab.

 

3. Mencuci sepatu

Cuci lah sepatu anda dengan detergent yang berbahan lembut dan tidak panas ditangan. Bahan detergen yang lembut akan membuat sepatu anda terutama yang berbahan kain memiliki warna yang awet dan tidak mudah pudar. Ketika mencuci sepatu biasakan untuk mencuci bagian dalam sepatu sampai ke ujung bagian jari jari agar kotoran yang menempel bisa terangkat. Bagian ujung jarilah yang biasanya menyebabkan bau pada sepatu anda.

 

4. Jemur sepatu

Menjemur sepatu di bawah sinar matahari kurang lebih 5-7 menit setiap habis di gunakan, penjemuran yang tidak terlalu terik bisa menjadi solusi untuk menghindari sepatu anda dari bau yang menyengat. Tapi perlu diingat panas matahari yang terlalu menyengat justru akan merusak kulit sepatu anda.

 

5. Jangan gunkan sepatu dalam keadaan basah atau lembab

Kaki yang basah atau lembab akan menyebarkan bakteri secara cepat dan hal inilah yang mengakibatkan jamur sepatu bersarang dan juga menyebabkan bau menyengat. Biasakan untuk mengelap kaki anda dengan kain kering terlebih dahulu sebelum memakai sepatu kesayangan anda.

 

6. Semprotan sepatu

Semprotan sepatu yang wangi bisa anda dapatkan di toko sepatu. Biasakan untuk menyemprot sepatu anda agar terhindar dari bau tak sedap.

 

Demikianlah tips merawat sepatu dari penulis, semoga bermanfaat.

Tags

About The Author

rian darmawan 22
Novice

rian darmawan

mencoba membagikan apa yang ada di otak saya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel