Tips Mengatasi Insomnia Secara Alami

23 Sep 2016 16:20 2374 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Atasilah insomnia dengan cara yang alami agar tidak mengganggu kesehatan tubuh untuk jangka panjangnya.

Mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur, tentu dapat membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu. Dalam sebuah penelitian juga disimpulkan bahwa seseorang yang mengalami insomnia akan beresiko mengalami penyakit jantung sebesar 27-40% jika dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki kualitas tidur cukup.

Memang ada banyak penyebab terjadinya insomnia, seperti letih, stress, efek samping obat-obatan, dan kecemasan sehingga para dokter akan memberikan obat anti kecemasan dan obat tidur sebagai cara mengatasi insomnia.

Namun ada juga beberapa trik praktis yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ulasannya:

1. Meningkatkan Sirkulasi Udara

Cara mengatasi insomnia yang wajib Anda lakukan adalah mengatur sirkulasi udara yang ada di dalam kamar. Udara yang terlalu lembab atau penuh dengan polusi dapat membuat tidur menjadi kurang berkualitas.

Jika dalam kamar tidur terdapat jendela, anda bisa membukanya sedikit agar udara luar bisa masuk. Hal lain yang dapat dilakukakn juga dengan menggunakan alat pembersih udara selama 30 menit juga dapat dijadikan sebagai cara mengatasi insomnia yang ampuh.

2. Pemilihan Kasur yang Nyaman

Salah satu penyebab seseorang mengalami insomnia atau susah tidur adalah kondisi kasur yang kurang nyaman. Misalnya, saat Anda baru membeli kasur baru, pastikan tempat tidur tersebut mampu memberikan kenyamanan yang lebih.

Tidak hanya dalam segi kenyamanan, sebaiknya Anda selektif dalam memilih kasur yang mampu membentuk sikap tubuh, tanpa menyebabkan gangguan pada tulang punggung.

3. Menjauhkan Gadget Sebelum Tidur

Membawa gadget sampai ke tempat tidur adalah kebiasaan buruk yang banyak dilakukan oleh masyarakat pada era modern ini. Bermaksud untuk menggunakannya sebagai cara mengatasi insomnia, memainkan gadget justru akan membuat Anda tidak fokus untuk beristirahat.

Selain itu, meletakkan gadget terlalu dekat dan lama dari anggota tubuh juga dapat memberikan efek samping negatif, seperti gangguan pada otak dan organ reproduksi, akibat radiasi yang dikeluarkan.

4. Meningkatkan Aktivitas di Siang Hari

Agar mudah terlelap saat istirahat malam, sebaiknya Anda meningkatkan aktivitas pada siang hari. Kondisi tubuh yang lelah akan membuat tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat secara instant. Cara mengatasi insomnia kali ini sebaiknya dilakukan dengan menjalankan berbagai aktivitas fisik.

5. Atur Jadwal Istirahat yang Teratur

Untuk menghindari terjadinya insomnia, sebaiknya Anda membiasakan diri untuk beristirahat minimal 8 jam dalam sehari serta dengan waktu yang tetap dan tepat. Waktu yang tepat untuk beristirahat adalah sekitar pukul 8 atau 9 malam.

Terbiasa begadang dan menjalankan jadwal istirahat yang tidak teratur dapat membuat Anda merasa kesulitan untuk tidur saat malam hari. Selain itu, Anda juga harus menghindari tidur siang agar durasi istirahat saat malam hari menjadi lebih lama.

6. Mengatur Penerangan dalam Kamar Tidur

Sebuah penelitian kesehatan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa 40% penduduk yang ada di sana mengalami kesulitan tidur jika cahaya dalam kamar tidur terlalu terang. Selain itu, 10% dari orang-orang yang tidur dengan lampu menyala juga dikatakan lebih beresiko terkena penyakit tertentu.

Oleh sebab itu, cara mengatasi insomnia yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur cahaya lampu yang redup di dalam kamar tidur. Hal ini tak lain adalah bertujuan untuk meningkatkan kualitas tidur yang Anda jalani.

7. Tidak Makan Sebelum Tidur

Jarak makan dengan waktu tidur yang terlalu dekat juga dapat menjadi penyebab terjadinya insomnia. Usahakan untuk makan dengan jarak minimal 1 jam sebelum istirahat malam agar tidak memacu kinerja organ pencernaan.

Sistem peredaran makanan dalam perut yang terlalu aktif itulah yang dapat membuat Anda mengalami kesulitan saat tidur atau sering terbangun di malam hari.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi insomnia secara aman dan ampuh yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat bagi Anda.

 

Tags

About The Author

Fikri Ardian 28
Novice

Fikri Ardian

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Healthy lifestyle & Gym addict
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel