Smartphone Nokia ini Harganya 750 ribuan

26 Nov 2015 13:00 3443 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Smartphone murah dari nokia ini akan dirilis sebentar lagi.

Hari ini, atau tepatnya pada tanggal 25 November 2015 waktu setempat, Microsoft telah memperkenalkan sebuah smartphone terbaru yang juga adalah penerus dari Nokia seri terdahulunya, yaitu Nokia 130 yang pernah dirilis pada tahun 2014 kemarin.

Dengan tampilan yang mirip dengan pendahulunya, smartphone baru bernama Nokia 230 ini ditujukan bagi pasar Android yang para konsumennya adalah mereka yang memiliki dana terbatas untuk membeli sebuah smartphone Android.

Dengan harga yang relatif murah yaitu 55 USD atau sekitar 750 ribu rupiah, smartphone Nokia ini dapat dibilang adalah smartphone yang memiliki tampilan antar muka yang sangat mudah digunakan.

Walaupun jika dilihat sekilas smartphone Nokia 230 dan 130 ini mirip, namun kedua smartphone ini ternyata berbeda satu sama lain.

Salah satu yang membedakannya adalah walaupun hampir semua bagian body pada Nokia 230 ini terbuat dari polikarbonat, back cover atau tutup casing-nya pada smartphone ini sudah menggunakan bahan aluminium sehingga jika dicermati lebih dekat lagi, Nokia 230 memiliki tampilan yang lebih berkelas atau premium.

Untuk spesifikasinya sendiri, tentunya para konsumen tidak dapat berharap banyak. Karena dengan harga yang relatif murah, yakni di kisaran 750 ribu rupiah, smartphone ini memiliki ukuran layar yang cukup kecil yaitu hanya berukuran 2.8 inch.

Untuk ukuran smartphone-nya sendiri, smartphone ini berukuran 124.6 x 53.4 x 10.9 milimeter, dengan berat mencapai 91.8 gram.

Layar yang digunakan oleh smartphone ini juga bukanlah layar-layar yang biasa kita temukan pada smartphone-smartphone pada umumnya. Layar yang dipasangkan pada smartphone ini adalah layar berjenis QVGA dengan resolusi yang mungkin sudah bisa ditebak yakni 320 x 240 pixel saja.

Walaupun dengan kualitas layarnya yang di bawah standar smartphone lainnya, smartphone ini sudah dilengkapi dengan sebuah kamera depan berukuran 2 Megapixel yang menurut Microsoft sendiri pemasangan kamera ini adalah untuk mendukung aktivitas selfie pengguna smartphone ini, karena menurut mereka selfie itu adalah aktivitas penting yang bagi kebanyakan orang sudah tidak bisa lepas lagi dari mereka.

Tidak pas kiranya jika smartphone yang memang dikhususkan bagi mereka yang suka melakukan selfie tidak memiliki ruang penyimpanan yang luas.

Dan faktanya, Nokia 230 ternyata tidak memiliki sebuah ruang penyimpanan internal didalamnya. Namun, jangan khawatir, karena smartphone ini sudah mendukung penggunaan MicroSD hingga 32GB, dimana dengan penyimpanan 32GB Anda tidak akan khawatir kehabisan ruang penyimpanan dalam waktu dekat walaupun setiap harinya Anda melakukan 10 sampai 20 foto selfie.

Kamera depan yang dimiliki smartphone ini selain dapat mengambil foto untuk selfie, kameranya juga ternyata dapat merekam video dengan kualitas 480p.

Selain kamera depan berukuran 2MP, kamera belakangnya juga memiliki ukuran 2MP dengan tambahan sebuah lampu flash yang juga dapat mengambil gambar dengan resolusi 1,600 x x1,200 pixel dan merekam video berukuran 240p (lebih kecil dibandingkan dengan kamera depan) dengan fps sebesar 15fps saja.

Smartphone Nokia 230 ini banyak dianggap orang sebagai “dumbphone” dan bukannya smartphone. Hal ini karena spesifikasinya yang rendah dimana RAM dari smartphone ini hanyalah sebesar 16MB saja.

Namun yang mungkin cukup mengejutkan, smartphone ini ternyata sudah dapat menjalankan aplikasi-aplikasi seperti Opera Mini, Bing Search, dan juga MSN Weather.

Nokia yang nantinya akan dijual dipasaran tidaklah hanya satu tipe Nokia 230 saja, melainkan dua tipe, dimana tipe keduanya adalah Nokia 230 dual-SIM yang diperuntukkan bagi mereka yang suka atau sering mengganti-ganti smartphone dan jaringan.

Kedua tipe dari Nokia 230 ini direncanakan untuk dirilis Microsoft pada bulan Desember 2015 ini ke beberapa beberapa negara di Asia seperti India dan beberapa negara lainnya di timur tengah. [FM]

 

 

 

 

sumber: GSMArena

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel