Ingin Printer Tetap Bekerja Optimal? Lakukan Cara Merawat Printer Ini

22 Sep 2016 03:00 4370 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Printer harus dijaga kebersihannya dengan proses pembersihan yang berkala.

Setiap perangkat elektronik memerlukan perawatan yang baik agar tetap bisa bekerja secara optimal. Begitu juga dengan printer. Untuk Anda yang menggunakan printer secara rutin tentunya ingin agar printer Anda tetap bekerja dengan baik walau sudah sering digunakan.

Salah satu kunci untuk menjaga keoptimalan kerja printer adalah cara perawatannya. Printer termasuk jenis alat elektronik yang memerlukan perawatan yang baik dan teliti. Berbagai masalah umum yang terjadi pada printer bisa Anda minimalisasi dengan melakukan perawatan terbaik.

Salah satu penyebab utama sering terganggunya kerja printer adalah kotoran dan debu. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu rutin membersihkan printer dari debu dan kotoran. Cara membersihkannya pun harus diperhatikan dengan baik.

Dalam pembahasan ini, akan diulas beberpa tips untuk merawat printer agar bisa tetap bekerja secara optimal untuk jangka waktu yang lama. Apa saja tips-tipsnya? Berikut uraiannya.

 

1. Menyingkirkan Kotoran dan Debu yang Menempel Pada Printer

Ingin Printer Tetap Bekerja Optimal? Lakukan Cara Merawat Printer Ini

Gambar via: vfl.sva.edu

Hal pertama dan utama yang harus diperhatikan dalam perawatan printer adalah kotoran dan debu yang menempel. Usahakan untuk selalu mengelap printer setiap hari. Cara ini akan menjaga printer dari adanya debu dan kotoran yang menumpuk.

Jika printer bersih dari debu dan kotoran, maka printer bisa bekerja secara optimal. Selain itu, tampilan dari printer Anda pun akan tetap cemerlang dan bersih.

 

2. Lakukan Pembersihan pada Area Sterilising Stasiun Printer

Ingin Printer Tetap Bekerja Optimal? Lakukan Cara Merawat Printer Ini

Gambar via: www.pindelski.org

Area stasiun printer juga penting untuk dibersihkan secara berkala. Untuk membersihkan area ini, gunakanlah kain yang lembut misalnya yang terbuat dari katun lembut. Penggunaan kain katun yang lembut ini untuk mencegah terjadinya goresan pada area stasiun.

Untuk membersihkan area kartrid printer, bisa menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan alkohol atau Windex. Lakukan dengan hati-hati dan berkala sehingga area stasiun dan kartrid ini tetap bersih dan menunjang keoptimalan kerja printer.

 

Membersihkan Printer Jenis Laser

Ketika membersihkan printer jenis laser, mesin printer harus dalam keadaan mati. Bersihkan kertas rol pakan, ventilasi kipas, kabel transfer, dan penjaga toner dari debu dan kotoran. Lakukan proses pembersihan secara hati-hati dan jangan sampai membuat goresan.

Jika printer laser Anda sudah bersih, maka printer laser Anda akan bekerja secara optimal setiap saat.

 

1. Membersihkan Printer Jenis Ink-Jet

Ingin Printer Tetap Bekerja Optimal? Lakukan Cara Merawat Printer Ini

Gambar via: printers.iyogi.com

Anda bisa menggunakan semprotan udara yang berfungsi menghilangkan debu dan kotoran di bagian luar dan dalam printer. Untuk membersihkan bagian dalam dari printer, bisa gunakan cairan alkohol yang sudah dituangkan pada kain katun lembut.

Bersihkan interior printer secara hati-hati dan hindari goresan. Kain katun lembut ini juga bisa digunakan untuk membersihkan pisau karet yang terdapat pada katrid tinta.

Bersihkan bagian luar dari printer dengan kain yang lembut secara perlahan dan menyeluruh. Debu dan kotoran akan mudah untuk dihilangkan. Lakukan pembersihan bagian luar printer ini setiap hari setelah selesai digunakan agar printer selalu terlihat bersih.

 

2. Membersihkan Printhead

Kebersihan area printhead juga perlu diperhatikan. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan sebuah program di dalam komputer atau laptop. Masuklah ke menu Control Panel kemudian pilih Printing Preferences.

Pilih Printer selanjutnya Anda akan dipandu pada pembersihan printhead. Proses pembersihan berlangsung dengan pencetakan halaman uji yang akan dibandingkan dengan gambar yang muncul di monitor.

Proses pembersihan printhead ini akan semakin mudah jika dalam menu terdapat pilihan printer membersihkan diri. Klik pilihan tersebut dan biarkan pembersihan dilakukan sendiri.

Jika area printhead benar-benar kotor, maka proses pembersihan ini harus dilakukan beberapa kali. Hal ini dilakukan agar printhead benar-benar bersih dan printer bisa kembali berjalan secara optimal.

 

3. Membersihkan Roller Printer

Area roller juga harus dijaga kebersihannya karena sangat berpengaruh pada hasil print. Buka bagian depan printer sampai area roller terlihat. Gunakan kain basah lembut untuk membersihkan roller dengan cara memasukkan ujung kain ke dalam dan menarik ujung tersebut sampai bisa ditarik ulur oleh dua tangan.

 

Kegiatan membersihkan printer bisa menjadi sebuah kebiasaan yang akan berdampak baik untuk kerja optimal printer. Semoga informasi ini bermanfaat.

Anda bisa mulai merawat kebersihan printer Anda sekarang juga!

Tags Kebersihan

About The Author

DIA 51
Bolpoint

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel