7 Cara Menemukan Inspirasi untuk Menulis

22 Sep 2016 02:20 4625 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Ada beberapa cara mudah dan menyenangkan yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan inspirasi.

Bagi Anda yang rajin menulis blog atau bahkan pekerjaan utamanya adalah menulis, menemukan ide atau inspirasi sangatlah pentin. Ide atau inspirasi akan membuat Anda memiliki bahan serta mengetahui akan dibawa ke mana arah penulisan Anda.

Akan tetapi, terkadang inspirasi tidak selalu datang setiap saat. Ada kalanya dalam waktu beberapa hari, Anda sama sekali tidak mendapatka inspirasi apa pun dan tidak menghasilkan satu tulisan pun. Hal tersebut juga pernah saya alami, bahkan mungkin bisa dikatakan cukup sering.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya Anda mulai melakukan kegiatan atau hal-hal yang bisa memicu munculnya inspirasi untuk kembali menulis. Lalu, bagaimana cara untuk bisa kembali mendapatkan inspirasi tersebut?

 

1. Bersantai Sejenak

7 Cara Menemukan dan Mendapatkan Inspirasi untuk MenulisGambar via: www.dumblittleman.com

Beban pikiran yang banyak hanya akan membuat Anda semakin sulit mendapatkan inspirasi. Mengapa tidak mencoba untuk sedikit bersantai? Setiap orang memiliki cara bersantai yang berbeda-beda, begitu juga dengan Anda. Pilihlah cara bersantai yang benar-benar bisa membuat Anda merasa nyaman dan pikiran kembali cerah.

Beberapa contoh bersantai misalnya membaca buku-buku ringan, mendengarkan musik, meminum secangkir teh hangat, tiduran, atau hal-hal santai lainnya. Selalu berikan waktu untuk bersantai bagi diri Anda sendiri walaupun itu hanya setengah sampai satu jam. Bersantai akan mengurangi ketegangan otot tubuh serta bisa membantu untuk mendatangkan inspirasi.

 

2. Bernyanyi

Salah satu cara saya bersantai adalah bernyanyi. Biasanya saya menyanyikan lagu-lagu favorit dengan suara lantang. Cukup satu atau dua lagu saja, bersantai dengan bernyanyi bisa membuat saya merasa lebih nyaman dan lebih santai. Mungkin saja, bernyanyi juga bisa menjadi kegiatan santai Anda yang dilakukan di sela-sela kesibukan dan kepenatan.

 

3. Berjalan-jalan

7 Cara Menemukan dan Mendapatkan Inspirasi untuk MenulisGambar via: static1.squarespace.com

Terkadang ketika otak mulai terasa penat, jalan-jalan keluar rumah bisa memberikan ketenangan dan mendatangkan banyak inspirasi. Anda membutuhkan waktu sejenak dalam hari-hari Anda untuk berjalan-jalan keluar rumah dan bertemu dengan beberapa orang dan memulai percakapan ringan serta menikmati pemandangan di luar rumah.

Cara ini salah satunya bisa memberikan suasana yang berbeda dalam hari Anda. Suasana yang berbeda ini bisa kembali membuat pikiran Anda menjadi segar dan kemungkinan inspirasi untuk muncul itu bisa terjadi. Bahkan Anda bisa menemukan inspirasi ketika melihat pemandangan di luar rumah saat berjalan-jalan.

 

4. Mengobrol dengan Orang-Orang di Sekitar

Cobalah untuk memulai obrolan ringan dengan anggota keluarga lain atau dengan para tetangga. Kegiatan mengobrol ini selain bisa membuat Anda bisa lebih santai, juga bisa membuat Anda lebih akrab dan lebih mengenal lagi orang-orang yang berada di lingkungan tersebut.

Mengobrol dengan orang lain juga bisa membantu memunculkan inspirasi untuk menulis sesuatu. Misalnya saja, menulis tentang pengalaman luar biasa yang sedang dibicarakan oleh teman Anda. Atau menulis tentang biografi singkat seorang kerabat yang ternyata kisah hidup dan perjuangannya sangat menarik.

About The Author

DIA 52
Bolpoint

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel