Ingin Pergi ke China? Kenalilah dulu 10 Budaya Mereka Berikut Ini

29 Oct 2015 15:41 3436 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Budaya atau kebiasaan berikut ini terbilang cukup unik.

Jika Anda adalah orang yang suka berjalan-jalan ke luar negeri, pasti Anda tahu bahwa kultur atau kebiasaan di setiap negara itu berbeda-beda.

Dengan mengetahui kultur di suatu negara, khususnya negara yang akan Anda kunjungi, Anda akan lebih mudah untuk beradaptasi ketika berada di negara tersebut. Selain itu, Anda juga tidak akan begitu kaget tentang budaya yang dimiliki oleh negara tersebut.

Di China, mungkin Anda akan kaget setelah melihat banyak orang bersendawa setelah makan. Namun, berbeda dengan di Indonesia yang memiliki pengertian bahwa bersendawa itu tidak sopan; di China, bersendawa itu merupakan sebuah tanda untuk memuji juru masak yang telah membuat makanan yang suah dimakan.

Itu baru satu diantara banyak kebiasaan di China yang harus Anda ketahui sebelum Anda mengunjungi negara tersebut.

 

1. Sumpit tidak pernah disimpan di atas mangkuk nasi

Alasan kenapa sumpit tidak boleh di simpan di atas mangkuk nasi adalah karena ketika sumpit berada di atas mangkuk nasi, menurut adat istiadat loka di China, hal tersebut merupakan gesture atau tindakan yang dilakukan ketika memberikan sesajian untuk orang yang sudah meninggal.

 

2. Gelas yang digunakan untuk minum jarang kosong

Jika Anda sedang bertamu ke rumah penduduk China, gelas minum milik Anda akan selalu penuh walaupun sudah Anda habiskan karena ketika habis, tuan rumah akan mengisinya kembali. Untuk meresponnya, Anda hanya perlu mengetuk meja dengan dua jari yang artinya adalah ungkapan rasa terima kasih.

 

3. Hadiah pemberian akan terus-terusan ditolak sebelum akhirnya diterima

Mungkin budaya ini mirip dengan budaya yang ada di Indonesia. Dimana seseorang menolak pemberian seseorang pada awalnya, namun kemudian diterima juga.

Di China, menolak pemberian pertama itu sudah menjadi budaya. Sehingga, ketika Anda memberikan hadiah kepada seorang teman Anda yang berkewarganegaraan China dan pemberian tersebut ia tolak, janganlah Anda merasa sakit hati.

Berikan lagi hadiah tersebut, dan biasanya jika memang orang tersebut menginginkan hadiahnya, ia akan akan langsung menerimanya.

 

4. Meludah itu sudah menjadi hal yang umum

Mungkin Anda akan kaget ketika Anda sedang berjalan di trotoar atau tempat umum lainnya, Anda melihat seseorang meludah di dekat Anda.

Itu terjadi bukan karena orang tersebut jijik atau tidak sopan terhadap Anda, melainkan karena hal tersebut adalah kebiasaan yang jika disamakan dengan warga Indonesia adalah kebiasaan “menyeberang sembarangan.”

 

5. Menunjuk dapat diartikan sebagai ketidaksopanan

Di China, tepatnya di daerah yang mengelilingi tibet, menunjuk dengan menggunakan telunjuk dapat dianggap sebagai bentuk ketidaksopanan terhadap seseorang.

Oleh karena itu, jangan aneh jika di daerah sana orang-orang menunjuk orang lain dengan menggunakan telapak tangan mereka.

 

6. Memberikan tip terkadang dianggap tidak sopan

Walaupun memberikan tip bagi pelayan sangat umum di berbagai kota di berbagai belahan dunia, tidak begitu dengan di China. Di negara tirai bambu tersebut, memberikan tip kepada pelayan yang telah melayani Anda dianggap sebagai hal yang tidak perlu dan tidak sopan.

Di China, tip hanya diberikan ketika melakukan aktivitas yang berhubungan dengan tour saja.

 

7. Pakaian renang full-face terkadang dapat terlihat digunakan di pantai-pantai

Jangan aneh ketika Anda berkunjung ke suatu pantai di China kemudian melihat seseorang menggunakan pakaian renang yang menyelimuti tubuhnya.

Alasannya karena pakaian renang tersebut adalah jenis pakaian renang yang memang sudah lama menjadi trend bagi beberapa warga China. Selain itu, dengan menggunakan pakaian renang tersebut tubuh penggunanya akan terlindung dari terik sinar matahari dan juga sengatan ubur-ubur.

 

8. Banyak orang tidur siang di tempat umum

Seperti di negara-negara di berbagai belahan bumi, tidur siang adalah sebuah kebiasaan yang sudah tidak asing lagi. Namun di China, kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di kasur saja, tapi juga di tempat-tempat umum seperti jalanan, transportasi umum dan kereta api.

 

9. Celana dengan model berlubang biasa digunakan untuk para balita

Dari pada menggunakan popok, warga China lebih suka menggunakan celana yang tidak menutupi organ kemaluan dari anak-anaknya yang masih balita. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar anak-anak mereka dapat dengan mudah buang air baik air besar ataupun air kecil.

 

10. Mereka yang diberikan pujian biasanya menolak pujian tersebut secara halus

Mungkin terdengar aneh bagi kita bahwa, seseorang menolak pujian dari apa yang dia raih. Namun di China, budayanya yang turun-temurun menyebutkan bahwa dengan menerima pujian dari orang lain berarti orang tersebut telah menjadi sombong. [FM]

 

 

Tags populer

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel