Harga Oppo R7 Lite dan Pembahasan Lengkap Spesifikasi dan Fiturnya

5 Oct 2015 14:00 3778 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pembahasan harga dan spesifikasi Oppo R7 Lite

Harga Oppo R7 Lite – Diantara banyaknya smartphone Oppo, Oppo R7 Lite hadir sebagai salah satu unggulan yang bisa bersaing ketat dengan smartphone lain di kelas yang sama.  

Harganya juga terbilang menarik. Mengapa menarik? Karena Oppo R7 Lite memiliki selisih  harga sampai Rp 1 juta dibandingkan Oppo R7. 

Harga Oppo R7 di pasaran adalah Rp 5 jutaan.  Sedangkan Oppo R7 Lite hanya dibanderol dengan harga Rp 4 juta atau tepatnya Rp 3,9 juta. Bahkan untuk pengguna kartu kredit tertentu di salah toko online, Oppo R7 Lite bisa dibanderol dengan harga Rp 3,7 juta. 


Dengan selesih harga yang cukup jauh tersebut, Oppo R7 Lite digadang-gadang sebagai smartphone dengan kemampuan yang mumpuni tetapi berbandrol murah

Mengapa? 

Ini karena Oppo R7 Lite merupakan smartphone dengan banyak fitur yang dimiliki oleh smartphone sekelas Oppo R7. Hanya saja, perbedaannya terdapat pada penggunaan RAM dan resolusi layar saja. Sementara yang lainnya serupa. 

Tak percaya?

Mari telisik lebih lanjut tentang smartphone ini. 

Pembahasan mari mulai dengan pertanyaan, mengapa Oppo menghadirkan Oppo R7 Lite? 

 
Tentang Oppo R7 Lite

Harga Oppo R7 Lite dan Pembahasan Lengkap Spesifikasi dan Fiturnya

Oppo R7 Lite dihadirkan karena kesuksesan Oppo R7 yang terbilang cukup sukses di pasaran. Oppo R7 cukup menarik banyak orang untuk membelinya. Sayangnya, persediaan smartphone ini terbatas. 

Ini karena Oppo R7 dikirim dari Tiongkok ke berbagai negara dengan jumlah tertentu. Menunggu persediaan selanjutnya tentu akan memakan waktu lebih lama.  

Karena itu Oppo Indonesia berinisiatif menghadirkan varian lain dari Oppo R7, yakni Oppo R7 Lite. Boleh dibilang Oppo R7 Lite ini termasuk salah satu smartphone Oppo yang dirangkai di negara sendiri. 

Untuk itulah Oppo R7 Lite ini bisa dianggap sebagai salah satu solusi agar penjualan smartphone Oppo terus meningkat meskipun Oppo R7 agak sulit didapatkan. 

Strategi yang cukup bagus tentunya dari Oppo. Apalagi  kehadiran produk ini juga bisa jadi alternatif untuk para pengguna yang membutuhkan Oppo R7 dengan harga yang lebih terjangkau. 

 

Performa Oppo R7 Lite

Disebutkan sebelumnya, jika Oppo R7 Lite dihadirkan sebagai alternatif Oppo R7. Dan banyak yang menyangka bahwa Oppo R7 Lite karena hadir lebih “mini” dianggap memiliki performa yang lebih rendah. 

Padahal Oppo R7 Lite memiliki kemampuan dan kinerja yang tidak kalah dengan Oppo R7.  Bahkan kemampuannya setara.  Oppo R7  dan Oppo R7 Lite sama-sama memiliki chipset serupa, Snapdragon 615.

Perbedaannya, Oppo R7 dibekali RAM 3GB. Sementara Oppo R7 Lite dibekali RAM 2GB. 

Tapi perbedaan ini tidak akan terlalu terasa. Ini berkat fitur yang membuat Oppo R7 Lite meski dibekali dengan RAM 2GB akan terasa seperti RAM 3GB. 

Menjalankan berbagai aplikasi dan games pun tentu bukan masalah. Chipset dengan prosesor octa core serta GPU yang terbenamnya sudah cukup solid dalam memainkan berbagai aplikasi dengan lancar

Bisa dibilang, kombinasi  prosesor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53 yang dipadukan dengan GPU Adreno 405 serta RAM 2GB sudah cukup “melibas” semua permainan dan aplikasi berat. 

Karena itulah, Oppo R7 Lite bukanlah sebuah smartphone versi mini saja. Oppo R7 Lite dibekali dengan kemampuan yang hampir sama dengan Oppo R7 tetapi tentu dengan perbedaan harga yang cukup jauh. 

Jelas, perbedaan ini membuat Oppo R7 Lite jadi pilihan terbaik dibandingkan smartphone Oppo R7. Kalaupun saya punya dana, dan disuruh memilih antara Oppo R7 dan Oppo R7 Lite, tentu saya akan lebih memilih Oppo R7. 

Oh yah, untuk spesifikasi lengkap Oppo R7, bisa disimak pada tabel berikut ini. 

Harga Oppo R7 Lite dan Pembahasan Lengkap Spesifikasi dan Fiturnya

 

Fitur Oppo R7 Lite

Selain unggul  karena kemampuannya yang mirip dengan Oppo R7, Oppo R7 Lite memiliki segudang fitur unggulan. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah sebagai berikut 

 

1. VOOC Rapid Charge

Oppo R7 Lite memiliki fitur yang memungkinkan untuk diisi ulang secara cepat. Teknologi ini menjadi kelebihan tersendiri karena teknologi pengisian baterai cepat ini bukan berasal dari chipset Qualcomm yang tersemat didalamnya. 

Teknologi pengisian cepat ini dikembangkan sendiri oleh tim Oppo untuk memberikan  pengalaman terbaik dalam menggunakan smartphone  untuk berbagai keperluan. 

Betapa tidak, saya seringkali malas ketika baterai tinggal sedikit sementara dalam waktu dekat saya harus berpergian. 

Nah, berkat teknologi VOOC Rapid Charge, masalah tersebut dapat teratasi.  Saya hanya perlu mengisi ulang selama 30 menit. Dengan waktu tersebut,  saya sudah memiliki Oppo R7 Lite dengan kapasitas baterai sebanyak 75%. 

Kalau memang perlu waktu lebih cepat, Oppo R7 Lite bisa diisi ulang selama 5 menit  yang bisa membuat smarpthone menyala selama 2 jam. 


2. Teknologi 2,5D 

Layar pada Oppo R7 Lite  memang hanya mengusung layar 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Tapi ini tidak membuat kualitas layarnya menurun. 

Memang Oppo R7  mengusugn 1080p, tetapi itu bukan masalah besar. Teknologi AMOLED yang dimiliki Oppo R7 Lite membuat layarnya bisa menampilkan kualitas gambar terbaik. 

Layar pada Oppo R7 Lite juga sudah dibenamkan teknologi 2,5D yang bisa menghasilkan sisi lengkung pada sisi layar.  Dan teknologi ini membuat bagian tepian layar atau bezel terlihat lebih tipis sehingga membuat tampilan layarnya lebih mantap. 

Dan tentu saja keunggulan layar ini semakin ok berkat teknologi pelindung Corning Gorilla Glass 3. 

Harga Oppo R7 Lite dan Pembahasan Lengkap Spesifikasi dan Fiturnya

3. Full Body Metal 

Saya tadinya berpikir kalau Oppo R7 Lite agak mahal. Ini jika menilik fakta bahwa pada kelas harga yang sama, Asus Zenfone 2 (dengan RAM 4GB) dibanderol pada harga tersebut untuk varian tertentu.

Tapi ini bukan soal kemampuan saja. Oppo R7 Lite  tidak hanya menawarkan performa keren dan mantap. Tampilan desain dan bodinya juga tergolong istimewa. 

Inilah salah satu alasan yang membuat saya menyukai Oppo R7 Lite. Desainnya full body metal dengan kandungan 48 processor polishing dan kadar metal mencapai 92.3%. Ini tentu membuat smartphone ini menjai unik dan menarik 

 

4. Kamera dengan Pure Image 2.0+ 

Harga Oppo R7 Lite dan Pembahasan Lengkap Spesifikasi dan Fiturnya

Hal yang menarik dari smartphone Oppo ini adalah kamera. Kamera depannya adalah kamera 8MP yang tentunya sangat cocok untuk selfie. 

Sementara untuk kamera belakang, tersemat kamera belakang 13MP yang tentunya akan membuat smartphone ini bisa dijadikan sebagai kamera untuk memotret berbagai hal dan objek dengan sangat baik. 

Semua kamera ini pun dibekali dengan teknologi proses yang disebut sebagai Pure Image 2.0+. Fitur ini membuat kamera Oppo R7 Lite menjadi berkelas. Bahkan, berkat Pure Image 2.0+ hasil gambar tidak kalah dengan kamera profesional lainnya. 

 

Baca: Fitur-fitur Pure Image 2.0+ pada Smartphone OPPO 


5. Sudah Mendukung 4G LTE 

Mengingat sekarang sudah banyak operator yang menghadirkan teknologi 4G LTE, maka tentu saya akan sangat kecewa jika Oppo R7 Lite tidak mendukung 4G LTE. 

Tapi ternyata, Oppo R7 Lite memang mendukung 4G LTE dengan slot dual SIM. 

Selain dukungan 4G LTE, Oppo R7 Lite ini juga sudah didukung dengan konektivitas macam Bluetooth V4.0, GPS (A-GPS, GLONASS), port MicroUSB, dan USB-OTG.

Yang mungkin agak disayangkan, smartphone ini tidak mendukung konektivitas NFC. 

 

Harga Oppo R7 Lite  dan Kesimpulan

Harga Oppo R7 Lite dan Pembahasan Lengkap Spesifikasi dan Fiturnya

Sudah disebutkan sebelumnya, jika harga Oppo R7 Lite adalah pada kisaran harga Rp 3,9 juta. Pada kisaran rentang harga ini, ada Asus Zenfone 2, OnePlus One,  atau Xiaomi Mi4. 

Dan jika dibandingkan para pesaingnya, Oppo R7 Lite masih cukup layak untuk dibeli. 
Terutama untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. 

Ini karena Oppo R7 Lite memiliki pengisian baterai yang cepat. Yah, meskipun baterainya tidak bisa dilepas. 

Smartphone ini juga cocok untuk Anda yang suka potret atau selfie karena kualtias kameranya cukup bagus. Selain itu, bagi yang ingin tampil gaya tentunya juga bisa memakai smartphone ini. 

Desain bode metal yang melekat pada smartphone inilah yang membuatnya memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan smartphone lainnya. 

 

Tags OPPO

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel