Masih bingung dengan Unit Link? Ini tips nya

17 Sep 2015 14:17 2295 Hits 0 Comments
Popularitas dari unit link memang selama beberapa tahun belakangan ini sempat naik turun. Namun bukan berarti jika produk yang satu ini tidak stabil. Menurut penilaian seorang pakar keuangan, ada satu produk asuransi investasi yang bagus yaitu single premium. Disebutkannya bagus karena dalam produk tersebut sebesar 12,5% dari investasi awal diharuskan untuk menjadi uang pertanggungan.

Popularitas dari unit link memang selama beberapa tahun belakangan ini sempat naik turun. Namun bukan berarti jika produk yang satu ini tidak stabil. Menurut penilaian seorang pakar keuangan, ada satu produk asuransi investasi yang bagus yaitu single premium. Disebutkannya bagus karena dalam produk tersebut sebesar 12,5% dari investasi awal diharuskan untuk menjadi uang pertanggungan.

Baca Juga : Perlukah kita memiliki Asuransi Rumah?

Sebaliknya, untuk produk regular premium sendiri justru mempunyai struktur biaya lebih mahal. Ini dikarenakan pada tahun pertama tidak ada alokasi mengenai investasinya. Dimana alokasi investasi baru akan muncul pada tahun kedua yang umumnya dengan porsi mencapai 15% dari jumlah premi yang akan digunakan untuk investasi. Adanya porsi tersebut akan meningkat terus menerus secara bertahap pada setiap tahun. Lalu bagaimana untuk mencari dan memilih produk yang benar-benar tepat?

Cari informasi perusahaan penyedia

Anda perlu mencari tahu perusahaan yang menawarkan produk asuransi jiwa sekaligus investasi ini. anda dapat mencoba mencarinya melalui media internet dengan cara membuka website salah satu perusahaan tersebut. Cobalah temukan informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan tersebut, seperti apakah perusahaan tersebut sehat dan mempunyai tingkat reputasi yang baik? Tingkat atau level dari kesehatan perusahaan asuransi dapat terlihat dari RBC yang ditetapkan minimal 120% oleh pemerintah.

Pelajari dan kenali manfaat produk

Pelajari baik-baik produk yang ditawarkan, jangan lupa juga untuk mengenali manfaat yang diberikan. Dalam hal ini yang perlu anda pelajari adalah berbagai macam manfaat yang ditawarkan oleh produk tersebut. Akan lebih baik bagi anda untuk mengalokasikan investasi yang memang tepat. Kemudian anda perlu mencari informasi mengenai reputasi sekaligus kinerja dari manajer investasi yang duduk dalam perusahaan tersebut. Penting juga bagi anda untuk mempelajari ilustrasi investasinya.

Pelajari biaya-biaya yang dibebankan kepada anda

Terdapat beberapa macam biaya yang memang dibebankan atau harus ditanggung oleh nasabah, dalam hal ini adalah anda sebagai pihak pemegang polis. Beberapa biaya tersebut antara lain seperti biaya administrasi, biaya asuransi dan juga biaya pengelolaan investasi. Anda dapat mencoba untuk membandingkan biaya-biaya yang dibebankan kepada anda di dalam produk satu dengan lainnya. Jika ada yang menurut anda berkualitas lebih bagus tetapi dengan harga relatif terjangkau, maka dapat juga anda jadikan sebagai pilihan. Namun hal yang paling penting adalah memahami betul rincian di dalam seluruh biaya yang perlu anda tanggung, sehingga kedepannya anda juga tidak perlu terkejut melihat berbagai macam daftar biaya tersebut.

Cari agen penguasa produk

Untuk menemukan unit link terbaik anda juga dapat mencari agen yang lebih menguasai produk, ini akan sangat membantu anda agar anda tidak merasa kesulitan. Anda juga dapat meminta penjelasan mengenai produk, klaim dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk meminta bukti lisensi dari pihak agen sebagai salah satu bukti atau tanda bahwa orang tersebut merupakan agen yang sudah tersertifikasi. Jangan sampai anda salah dalam memilih agen abal-abal yang hanya sekedar mengaku sebagai agen bersertifikat dan terpercaya.

Selanjutnya anda hanya perlu mulai menjalankan atau mempraktekkan tips-tips sederhana seperti di atas. Mulailah selangkah demi selangkah agar semua proses yang ada tidak terlewatkan begitu saja. Karena bagaimanapun semua hal tersebut memang sangat penting bagi anda agar tidak salah dalam memilih produk yang tepat. Terlebih lagi jika anda memang menginginkan produk yang berkualitas dan terbaik di kelasnya.

Tags

About The Author

Nina Anggreini 28
Novice

Nina Anggreini

Mahasiswi tingkat akhir yang sedang serius meriset untuk materi skripsi ilmu sosiologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel