5 Custom ROM Terbaik 2015

31 Aug 2015 08:00 9651 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
5 Custom ROM dengan kinerja terbaik

Custom ROM Terbaik 2015-Sebagai pengguna Android, saya cukup puas dengan tampilan dan kinerja yang ditawarkan dari sebuah sistem. Tapi, berbeda dengan pengguna lain yang kurang puas dengan tampilan standar yang dihadirkan oleh Google

Orang-orang ini biasanya lebih menyukai custom ROM dibandingkan sistem yang sudah default dihadirkan oleh Android. 

Biasanya hal ini berkaitan dengan kinerja dan tampilan yang  lebih baik yang ditawarkan custom ROM. Karena itu, orang-orang tersebut, terutama pengguna lanjutan (advanced user) lebih suka dengan custom ROM Android. 


Apa itu Custom ROM Android? 

Bagi yang belum tahu, custom ROM Android merupakan sebuah sistem operasi Android. yang sudah dimodifikasi atau dibuah sesuai keinginan. Tentunya ini tidak menyalahi pengguna Android karena Android merupakan sistem operasi sumber terbuka yang bisa diutak-atik. 

Nah, barangkali diantara Anda ada yang ingin coba menggunakan custom ROM Android, Anda bisa menggunakan 5 custom ROM Android terbaik 2015 berikut ini. 

Perlu diingat, Anda yang pengguna pemula sebaiknya jangan memaksakan untuk menggunakan custom ROM Android ini. Alasannya tentu karena tidak semua custom ROM Android kompatibel dengan semua perangkat Android. 

Anda yang memang terbiasa dengan custom ROM, dan ingin memilih custom ROM Android pilihan, maka tidak ada salahnya mencoba salah satu dari lima custom ROM berikut ini!


1. MIUI 

Anda yang ingin merasakan sensasi tampilan sistem operasi iOS dari Apple bisa menggunakan custom ROM ini. Perangkat Android Anda akan terlihat indah dari segi desain dan antarmuka dan akan terlihat seperti sebuah perangkat iOS. 

MIUI ini sebenarnya adalah custom ROM yang ditujukan untuk perangkat Android besutan Xiaomi. Tapi, komunitas yang kuat membuat MIUI cepat terkenal sehingga membuat para komunitas lebih banyak berkontribusi dalam pengembangan MIUI ini. 

Meskipun memiliki tampilan yang ciamik dan banyak disukai, MIUI adalah custom ROM yang tidak bersahabat dengan perangkat yang mempunyai RAM kecil. Pasalnya, MIUI tergolong boros dan memberatkan RAM.  

Bagi Anda yang penasaran dengan MIUI, Anda bisa mengunjungi situs forum MIUI di /en.miui.com untuk bahasa Inggris. Untuk forum bahasa Indonesia, Anda bisa mengunjungi forum miui.web.id.

 


2. CyanogenMod 

5 Custom ROM Terbaik 2015

CyanogenMod banyak disuka lantaran dianggap sebagai custom ROM terbaik yang pernah ada. Predikat terbaik bukan sebutan semata karena customROM ini menghadirkan sebuah sistem yang stabil dengan dukungan update yang rutin dari pengembangnya. 

CyanogenMod hadir sebagai alternatif bagi mereka yang tidak mau perangkatnya terlalu berat karena adanya aplikasi bawaan. CyanogenMod juga sebenarnya memiliki aplikasi bawaan tetapi tidak memberatkan sistem dan tentunya tidak terlalu memakan banyak RAM. 

Performa yang baik dari CyanogenMod membuat OnePlus terpikat. Perusahaan ini pun bekerjasama dengan CyanogenMod untuk menghadirkan sebuah sistem operasi bagi perangkat besutan mereka. 

Tidak hanya OnePlus, perusahaan sekelas Microsoft juga tertarik bekerjasama dengan pengembang CyanogenMod. Bahkan, kabarnya Cyanogen sudah berinvestasi di CyanogenMod. 

Anda bisa berkunjung ke situs resmi CyanogenMod untuk mengetahui tentang custom ROM ini. 

 

 

3. AOKP 

5 Custom ROM Terbaik 2015

Android Open Kang Project atau AOKP merupakan sebuah custom ROM dengan banyak fitur.  Custom ROM ini sangat terkenal bahkan custom ROM ini berkembang dan menghasilkan custom ROM baru yang tidak kalah menarik. 

Custom ROM AOKP tidak menghadirkan fitur yang besar yang membuatnya beda. Tapi, ada beberapa fitur kecil yang tergolong bermanfaat. 

Contoh fitur ROM AOKP adalah menyalakan layar smartphone dari mode sleep dengan hanya satu ketukan saja. Fitur ini sama seperti fitur yang terdapat pada smartphone LG G3 dan LG G4. 

Anda yang penasaran dengan AOKP bisa mengunjungi situs resm AOKP 

 

 

4. Paranoid Android

5 Custom ROM Terbaik 2015
Paranoid Android adalah custom ROM yang tidak terlalu mengubah tampilan Android versi aslinya. Custom ROM ini lebih banyak menghadirkan fitur-fitur menarik dan memiliki tingkat lanjut yang cocok untuk pengguna dengan rasa ingin tahu yang tinggi. 

Contoh fitur dari custom ROM ini memungkinkan Anda untuk mengubah warna pada aplikasi, perpindahan mode smartphone, tablet, dan phablet serta melakukan navigasi dengan mudah. 

Anda yang mempunyai smarpthone dengan spesifikasi rendah pun bisa menggunakan custom ROM ini. Pasalnya custom ROM ini tidak memerlukan resource besar. 


Anda bisa bermain ke situs Paranoid Android untuk mengetahui custom ROM ini lebih lanjut. 

 


5. PAC-man ROM 

5 Custom ROM Terbaik 2015

Jika Anda ingin merasakan custom ROM dari CyanogenMod, Paranoid Android, dan AOKP secara bersamaan, maka Anda bisa menggunakan custom ROM ini. 

PAC ROM  ibarat sebuah custom ROM gabungan dari ketiga custom yang sudah disebutkan. Gabungan custom ROM ini membuat PAC-man ROM memiliki fitur yang lebih kaya. 

Tidak perlu khawatir dengan banyaknya fitur karena custom ROM bakal berjalan dengan baik dan lancar di banyak perangkat meski memiliki segudang fitur.  Tertarik? Anda bisa kunjungi custom ROM ini di www.pac-rom.com

 

Nah itulah, 5 custom ROM yang mungkin bisa Anda coba.  Tapi ingat, tidak semua custom ROM kompatibel dengan semua perangkat, jadi Anda perlu cek di situs resmi custom ROM tersebut tenttang kompabilitas perangkat. 

Tags

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel