Penyu Laut Ini Tidak Peduli Dimangsa

30 Jul 2015 08:08 3086 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penyu ini tidak begitu peduli tentang ancaman dari predator

Pernahkah Anda bermimpi atau membayangkan bahwa Anda adalah seekor penyu laut?

Mereka yang setiap harinya dihantui oleh bayang-bayang kematian khususnya dari predator mereka hiu harimau

Predator yang satu ini sangat menyukai penyu laut sebagai santapan utamanya. Akan tetapi, hasil penelitian baru-baru ini berhasil mengidentifikasi bahwa penyu laut ternyata tidak begitu peduli tentang ancaman tersebut. Mereka asik saja menjalani hidup setiap hari, berenang kesana kemari.

Penelitian ini diterbitkan di sebuah situs bernama esajournals.

Dalam hasil penelitian tersebut diketahui bahwa ketika para hiu macan bergerak di kedalaman laut sambil berusaha menghindar dari deteksi mangsanya, penyu laut yang mengetahui bahwa ada hiu harimau di lingkungan sekitar ternyata santai saja berenang di permukaan air seakan semuanya baik-baik saja.

Peneliti-peneliti dari sebuah universitas di Miami yang bernama Rossentiel School of Marine & Atmosphere Science dapat menyimpulkan hasil tersebut setelah sebelumnya mengikuti jejak kedua hewan tersebut di perairan atlantik bagian barat laut.

 

Bagaimana cara mereka mengikuti jejak kedua penghuni laut ini?

Untuk mendapatkan lokasi detail si hiu dan penyu, para peneliti memasangkan label pada si predator dan targetnya yang akan secara otomatis terlacak oleh satelit. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk mengetahui pergi kemana saja kedua hewan tersebut sepanjang tahun.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pada musim panas di Carolina, hiu macan bergerak mendekat ke sarang penyu laut untuk selanjutnya melakukan tugasnya sebagai predator.

Tertulis pada buku petunjuk yang disediakan oleh universitas Miami, Para ilmuwan percaya bahwa penyu laut lebih sering berenang di atas permukaan laut pada musim panas karena peningkatan pada tingkat metabolisme tubuh mereka dan juga keperluan lainnya seperti mencari arah tujuan baru.

 

Tingkah pola penyu laut

Berdasarkan teori dalam artikel “Landscape of Fear”, menyatakan bahwa tingkah atau pola migrasi suatu hewan dipengaruhi oleh ketakutan yang diakibatkan oleh ancaman serangan predator.

Contohnya, penyu laut akan mengubah kebiasaannya berenang di permukaan laut atau pindah ke wilayah lain ketika mereka mendeteksi hiu sedang berada di dekat mereka.

Tapi, beda halnya dengan universitas Miami yang menyatakan bahwa tidak ada perubahan pola atau tingkah penyu laut berenang di permukaan laut.

Pergerakan para hiu pun ternyata tidak tidak seperti biasanya, mereka juga mencoba memperlihatkan pola atau tingkah baru yang dapat meningkatkan kesempatan untuk memangsa.

Seorang asisten profesor dalam bidang penelitian yang sama berasal dari universitas Miami berpendapat bahwa, perburuan ikan hiu mungkin telah mengurangi populasi mereka sehingga para penyu mengganggap ancaman dari hiu yang jumlahnya sedikit tidak begitu mengancam dibandingkan ancaman tertabrak kapal laut.

Hasil studi atau penelitian para peneliti asal Florida International University pada tahun 2013 yang dilansir oleh cnet via sciencedirect menemukan bahwa, peningkatan perburuan ikan hiu telah mengurangi jumlah populasinya sekitar 100 juta pada tahun 2000, dan 97 juta pada tahun 2010.

 

Apa yang terjadi jika hiu punah?

Mungkin bagi penyu laut, dunia tanpa ikan hiu itu merupakan surga. Tapi sebenarnya, hal itu merupakan ancaman bagi ekosistem laut. Kenapa?

Karena tanpa adanya ikan hiu di puncak rantai makanan yang bertugas sebagai penyeimbang rantai makanan, kehidupan di dalam laut akan terganggu.

Contoh yang mungkin akan terjadi jika ikan hiu punah.
Ganggang laut akan punah karena banyak ikan kecil yang berkeliaran dan berebut ganggang laut. Kerang laut yang sangat bergantung pada ikan hiu juga akan punah.

Kedua contoh yang sudah disebutkan di atas hanya sebagian korban yang akan muncul jika hiu punah. Selain itu, masih banyak lagi hewan dan tumbuhan yang hidup di bawah laut karena rusaknya rantai makanan akibat hilangnya hiu dari puncak ekosistem laut tersebut.

 

Kesimpulan

Para peneliti menyatakan bahwa penemuan tentang penyu laut yang acuh terhadap keberadaan ikan hiu bisa diartikan sebagai evolusi di bidang biologi, ekologi dan juga konservasi kehidupan liar.

Selain itu bisa juga diartikan bahwa para penyu laut memiliki keberanian layaknya Rambo yang tidak takut mati. [FM]

 

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel