Kini Belajar Bahasa Daerah di Indonesia Bisa melalui Aplikasi Kamus Android

13 Jul 2012 19:00 11593 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Indonesia memang memiliki budaya yang sangat kaya, mulai dari bahasa, tarian, bentuk rumah hingga cerita rakyat yang berbeda-beda di tiap daerah. Dengan keragaman budaya ini, terkadang saat Anda berkunjung ke suatu daerah Anda akan merasa sedikit terasingkan di mana penduduk lokal memilih untuk berbicara dalam bahasa lokal seperti Jawa atau Sunda.

Indonesia memang memiliki budaya yang sangat kaya, mulai dari bahasa, tarian, bentuk rumah hingga cerita rakyat yang berbeda–beda di tiap daerah. Dengan keragaman budaya ini, terkadang saat Anda berkunjung ke suatu daerah Anda akan merasa sedikit terasingkan di mana penduduk lokal memilih untuk berbicara dalam bahasa lokal seperti Jawa atau Sunda.

Dengan perkembangan dunia informasi yang sangat pesat, komunikasi pun juga menjadi semakin mudah. Perbedaan bahasa kini tidak lagi jadi masalah dengan adanya aplikasi bahasa yang telah banyak tersedia. Begitu pula dengan bahasa daerah di Indonesia. Pada sistem operasi Android yang mempunyai stok berbagai jenis aplikasi, kini sudah tersedia beberapa aplikasi kamus Android bahasa daerah untuk beberapa daerah di Indonesia.

Adanya aplikasi yang mendukung perkembangan bahasa daerah di Google Play Store ini juga salah satu cara untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia ke dunia internasional, yang seharusnya mendapatkan dukungan yang besar dari pemerintah. Hingga saat ini hanya beberapa bahasa saja yang sudah dikembangkan ke dalam aplikasi Android seperti Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Minang, Bahasa Batak, dan Bahasa Banjar. Diharapkan beberapa tahun kedepan aplikasi semacam ini semakin bertambah lagi.

Berikut ini beberapa aplikasi kamus Android bahasa daerah yang dapat Anda gunakan saat mengunjungi daerah di Indonesia yang memiliki bahasa lokal.

Kamus Batak - Indonesia

Aplikasi bahasa yang satu ini adalah aplikasi karya anak bangsa yang tentu akan sangat membantu untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Batak atau sebaliknya. Kamus Batak Indonesia dibuat dengan tujuan untuk melestarikan salah satu budaya batak sekaligus memperkenalkan budaya Batak kepada setiap orang.

Karena memang masih versi awal, kosakata yang tersedia dalam kamus ini memang belum semuanya. Anda dapat menunggu versi selanjutnya dengan tambahan fitur menarik lainnya. Aplikasi ini juga memberi kemudahan bagi Anda yang memiliki koneksi internet terbatas, karena untuk mengakses aplikasi bahasa batak ini bisa dilakukan tanpa harus terhubung ke internet. Bagi Anda yang tertarik bisa download di sini secara gratis.

Ngomong Jawa

Selanjutnya adalah aplikasi untuk Bahasa Jawa. Bahasa Jawa adalah bahasa yang digunakan oleh sebagian besar penduduk di pulau Jawa yang merupakan pulau terpadat di Indonesia, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Aplikasi Ngomong Jawa ini tentu akan sangat membantu Anda untuk berbicara dalam Bahasa Jawa.

Aplikasi bahasa yang satu ini cukup menarik disertai dengan dukungan suara dalam jawa. Ngomong Jawa ini dikembangkan oleh Plugie, salah satu developer Indonesia yang juga sudah cukup banyak mengembangkan aplikasi lokal di Android. Plugie menyajikan aplikasi ini dengan user experience yang mudah dipahami, dengan interface yang sederhana. Disini Anda bisa belajar mulai dari kata, frase atau kalimat yang umum dipakai, angka, dan bahasa pergaulan sehari-hari. Jika Anda kesulitan juga terdapat menu help yang selalu siap memandu Anda di aplikasi Ngomong Jawa ini. Aplikasi bahasa ini dapat Anda download secara gratis di sini.

Ngomong Sunda

Aplikasi Bahasa Sunda berikut ini juga merupakan aplikasi bahasa dari Plugie. Sama dengan aplikasi Ngomong Jawa, aplikasi ini juga dilengkapi dengan dukungan suara untuk tiap kata, frase, atau kalimat yang Anda pilih. User experience dan user interface pada aplikasi ini juga hampir sama dengan aplikasi bahasa Jawa milik Plugie, yang memiliki tampilan cukup basic dan sederhana, dengan pemilihan warna dasar dari Android itu sendiri.

Aplikasi Ngomong Sunda yang tersedia di Google Play sekarang, merupakan aplikasi dengan update terbaru versi 1.1 dengan tambahan lebih banyak kata dan frase. Anda yang memiliki rencana berlibur ke daerah Jawa Barat tentu akan sangat memerlukan aplikasi ini. Tunggu apa lagi? aplikasi ini bisa Anda peroleh secara gratis di sini.

Ngomong Padang

Jika dilihat dari nama aplikasinya, Ngomong Padang tampak sejenis dengan dua aplikasi sebelumnya. Memang aplikasi ini mirip dengan dua aplikasi sebelumnya, karena aplikasi Ngomong Padang ini juga aplikasi besutan Plugie. Developer lokal yang satu ini tampaknya memang cukup aktif dalam mengembangkan aplikasi bahasa untuk daaerah–daerah di Indonesia. Bahkan di blog pribadinya Plugie mengatakan bersedia untuk mengembangkan bahasa daerah lainnya jika native speaker yang bersedia direkam suaranya.

Cara penggunaan aplikasi Ngomong Padang ini sangat mudah. Anda tinggal menjalankan aplikasi tersebut, kemudian akan muncul banyak pilihan kata dalam bahasa Indonesia dalam bentuk button. Saat menekan button tersebut akan muncul terjemahan bahasa Minang yang disertai dengan suara. Aplikasi ini juga dapat Anda nikmati secara gratis dengan download di Google Play.

Kamus Nusantara

Jika aplikasi bahasa yang sebelumnya hanya mencakup satu bahasa untuk wilayah tertentu saja, maka aplikasi Kamus Nusantara ini menyediakan satu paket bahasa untuk beberapa daerah di Indoensia. Kamus Nusantara ini adalah aplikasi dapat menerjemahkan kata dari bahasa untuk daerah tertentu ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya. Bahasa yang didukung untuk saat ini adalah bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa banjar, dan bahasa minang. Karena aplikasi ini merupakan kamus, jadi yang diterjemahkan hanya dalam bentuk kata saja. Database untuk kata dan bahasa untuk daerah lainnya akan ditambahkan secara berkala. Aplikasi ini juga tersedia gratis untuk perangkat Android Anda di Google Play. [RK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel