Pentax Efina, Kamera Digital Keren Yang Menyasar Pasar Menengah

14 Jun 2013 06:30 3348 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kamera Digital Pentax Efina didesain dengan gaya yang trendi, konsep segar kamera ini dipercaya bakal menjadi pilihan populer tahun ini

Untuk semakin memeriahkan pasar kamera saku pada tahun 2013, Pentax telah mengeluarkan kamera saku terbarunya yang diberi nama Pentax Efina. Sesuai dengan namanya yang feminine, desain Efina juga terlihat sangat feminin. Bagaimana dengan spesifikasi kamera digital Pentax yang satu ini? Apakah harga jual produk ini sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan? Berikut ini adalah spesifikasi Efina selengkapnya.

Desain dan Control

Pentax Efina memiliki bodi yang terbuat dari bahan aluminium. Hal ini merupakan kelebihan yang dimiliki oleh kamera digital Pentax ini karena di kelasnya masih ada beberapa kamera lain yang menggunakan bodi dari bahan plastik. Tubuh aluminium membuat kamera ini menjadi lebih kokoh dan nyaman di genggaman. Ukurannya yang kecil juga menambah kenyamanan Anda ketika membawa kamera ini ke mana-mana. Efina hanya berukuran 87 mm x 54 mm x 21 mm dengan bobot 91 gram. Terdapat empat pilihan warna untuk Anda, yaitu merah, merah muda, hijau dan silver.

Di bagian depan terdapat lampu flash dan cermin yang dapat digunakan jika Anda memotret diri sendiri. Tombol shutter berada di posisi yang pas sehingga mudah dijangkau oleh jari telunjuk Anda. Di bagian belakang kamera digital pentax ini terdapat monitor LCD berukuran 2,5 inci 230 ribu titik. Di samping monitor tersebut terdapat berbagai tombol untuk pengaturan kamera, yaitu tombol video, tombol playback, tombol flash, navigasi empat arah, tombol OK, tombol menu, dan tombol untuk menghapus file.

Image Quality & Resolusi

Untuk menunjang gambar yang dihasilkan, Pentax membekali kamera digitalnya yang satu ini dengan sensor 1/2.3” CCD. Efina merupakan kamera beresolusi 14 megapiksel. Jangkauan ISO-nya pun cukup lebar. Kamera digital Pentax ini mampu mengakomodasi jangkauan ISO mulai dari 80 hingga 1600. Dengan ISO terendah, yaitu 80, Anda tidak perlu khawatir foto Anda akan over exposure ketika memotret di tempat yang sangat terang, misalnya di bawah terik matahari. ISO tertinggi, yaitu 1600, membuat Anda dapat mengambil gambar walaupun berada di tempat yang minim cahaya. Akan tetapi, Anda juga harus mempertimbangkan banyaknya noise sebagai konsekuensi penggunaan ISO yang tinggi.

Performa

Efina, sebuah kamera digital Pentax keluaran terbaru, dibekali dengan lensa yang memiliki focal length 4,7 mm – 23,4 mm atau setara dengan 26 mm – 130 mm. Lensa tersebut memiliki aperture 3,5 pada zoom minimum dan 130 pada zoom maksimum. Lensa pada Efina mampu melakukan pembesaran optis hingga 5 kali. Jika hal tersebut masih kurang, manfaatkan pembesaran digital hingga 5 kali.

White balance merupakan sesuatu yang tidak kalah pentingnya pada saat memotret. Dengan pengaturan white balance yang tepat, warna objek foto Anda akan terlihat lebih alami. Kamera digital Pentax ini menghadirkan lima pilihan pengaturan white balance, yaitu Auto, Daylight, Tungsten, Fluorescent, dan Open shade.

Fitur

Anda sering mengalami masalah gambar menjadi blur karena tangan Anda bergerak ketika mengambil foto? Fitur Motion Blur Reduction pada kamera digital Pentax ini akan meminimalisasi masalah tersebut. Fitur ini dapat Anda aktifkan baik pada saat mengambil gambar mapupun pada saat merekam video.

Efina juga dilengkapi dengan fitur face detection. Kamera digital Pentax ini mampu mengenali hingga lima wajah yang terdapat di dalam frame. Setelah wajah-wajah yang terdapat di dalam frame telah terdeteksi, kamera ini dengan cerdas akan menyesuaikan fokus dan exposure secara otomatis. Hasil foto Anda pun menjadi semakin baik. Fitur ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang suka memotret dengan objek manusia.

Sesuaikan suasana pengambilan foto dengan berbagai pilihan scene pada kamera digital Pentax Efina. Terdapat sangat banyak pilihan scene untuk Anda. Dengan pilihan scene yang kaya, Anda dapat lebih berkreasi dan bereksperimen dengan foto yang Anda hasilkan. Pastikan Anda menghasilkan foto yang unik dan luar biasa dengan mengunakan berbagai pilihan scene ini.

Harga dan Kesimpulan

Efina dapat Anda miliki dengan merogoh kocek sebesar Rp1,2 juta. Namun, sampai pada saat ini belum dapat diketahui negara apa saja yang menjadi target penjualan Pentax untuk kamera digitalnya yang satu ini. Efina merupakan kamera digital yang terjangkau dengan spesifikasi yang cukup mumpuni di kelasnya. Dilihat dari desainnya, tampaknya kamera digital Pentax ini dikhususkan untuk para wanita. [NAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel