myHomework: Aplikasi Jadwal Pelajaran Terbaik di iPhone Untuk Pelajar dan Mahasiswa

2 Jul 2012 08:00 5420 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Aplikasi ini menyediakan sebuah system untuk tetap mengingat kelas Anda, tugas-tugas beserta waktu pengumpulannya. Secara garis besar, myHomework memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

Memasuki waktu liburan ini, bagi para mahasiswa ataupun pelajar sah-sah saja untuk menghabiskan waktu dengan bermain ataupun pergi ke suatu tempat namun bukan berarti urusan pelajaran bisa ditinggalkan 100% selama waktu liburan. Mempersiapkan diri untuk memasuki tahun ajaran baru juga sangat penting sebagai contoh Anda bisa mengevaluasi diri mengenai hal-hal yang dirasa kurang maksimal di tahun ajaran kemarin. Tujuannya adalah mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih baik dari tahun kemarin. Salah satu contoh bentuk evaluasi diri adalah membuat rencana belajar yang baik mulai dari jadwal belajar sekolah dan rumah, mengerjakan tugas, kegiatan ekstra kurikuler termasuk waktu-waktu luang yang bisa gunakan untuk bermain.

Di zaman yang modern sekarang ini kehidupan seorang pelajar/ mahasiswa tidak hanya seputar sekolah dan belajar saja. Selain tugas pokok yaitu mengikuti semua mata pelajaran/ kuliah yang diambil, waktu mereka terkadang terbagi dengan adanya berbagai kegiatan sampingan seperti part-time job dan aktifitas social lainnya. Semua kegiatan ini sangat menyita waktu dan pikiran sehingga bukan tidak mungkin Anda melupakan kelas-kelas dan tugas-tugas yang seharusnya Anda selesaikan tepat pada waktunya. Kabar baiknya, bagi para pengguna iPhone atau iPad sebuah aplikasi jadwal pelajaran bernama myHomework hadir untuk mengatasi permasalahan yang sering dialami para pelajar dan mahasiswa.

Dengan aplikasi myHomework, Anda bisa memecahkan masalah ini dan tidak ada lagi kata œtidak ingat mengerjakan tugas sekolah/ kuliah dan mengabaikan jadwal belajar. Aplikasi ini menyediakan sebuah system untuk tetap mengingat kelas Anda, tugas-tugas beserta waktu pengumpulannya. Secara garis besar, myHomework memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

  • Telusuri kelas, pekerjaan rumah, test, dan tugas-tugas lainnya.

  • Time & Block berdasarkan jadwal kelas.

  • Display calendar yang memukau.

  • Mendukung tampilan iPhone Retina.

  • Mendukung multitasking.

Ketika aplikasi ini dibuka, myHomework akan langsung menampilkan sebuah "notebook with sticky notes" yang atraktif dan interface yang berkesan straight to the point. Tiga jenis warna tabs yang berada di bagian bawah layar yaitu kuning untuk tugas pekerjaan rumah, hijau untuk kelas, dan biru untuk info dan preferensi. Dimulai pada fitur œClasses, Anda akan menemukan beberapa kolom berisikan nama kelas Anda, ruangan, guru, hari dan waktu yang dapat Anda isi kemudian cukup dengan mengetuk layar iPhone Anda sekali untuk melakukan konfirmasi. Begitu Anda memasukkan jadwal kelas-kelas yang harus dihadiri maka jadwal tersebut akan langsung terintegrasi dengan calendar.

Ada satu lagi pilihan tambahan di fitur ini yaitu online class sebagai tambahan kelas tradisional mingguan Anda. Bisa dibilang fitur ini sangat berguna terutama bagi mahasiswa yang biasanya kelas-kelasnya tersebar di berbagai ruangan dan gedung sehingga sangat praktis dibandingkan harus melihat daftar kelas di secarik kertas.

Sebuah nilai plus untuk fitur ini adalah myHomework menggunakan desain sentuhan yang mungil seperti paperclip di tepi opsi Add a schedule page sehingga memberikan kesan asli layaknya di sebuah buku organizer. Setelah memasukkan daftar kelas beserta jadwalnya, Anda bisa kembali ke halaman muka myHomework dan mengetuk icon œHomework untuk menambah daftar pekerjaan rumah.

Pada fitur Homework, sama dengan fitur œClassees sebelumnya untuk menambahkan daftar pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru/ dosen Anda cukup dengan mengetik judul tugas, tipe, waktu pengumpulan dan notes sebagai tambahan untuk memilih daftar kelas yang telah Anda masukkan sebelumnya. Untuk opsi œtipe ada beberapa jenis yang bisa dipilih yaitu Homework, Test, Study, Read, Paper dan Presentation. Urutan prioritas dari high, medium dan low bisa digunakan untuk menentukan prioritas Anda. Fitur ini bisa memperbaiki dan meningkatkan kebiasaan belajar Anda terutama untuk membaca textbook.

Cukup dengan satu sentuhan di Option tab memungkinkan Anda untuk memasang notifikasi sehingga semacam lencana akan muncul jika waktu pengumpulan tugas sudah semakin dekat atau sudah terlambat. Namun sayangnya untuk myHomework free version tidak memiliki pilihan agar fitur notifikasi ini bisa mengeluarkan tanda bunyi beep, bergetar, ataupun berdering-dering ketika notifikasi pengumpulan tugas Anda muncul dan Anda mengabaikannya. Namun bagaimanapun, aplikasi jadwal pelajaran myHomework tetap sangat berguna untuk menjaga Anda tetap mengikuti kelas-kelas dan menyelesaikan tugas yang diberikan sehingga ketika Anda menghapus item tugas yang sudah diselesaikan akan ada perasaan puas tersendiri. Klik di sini jika Anda ingin mengunduhnya. [FJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel