Software Video Cutter, Simple dan Praktis

29 Jun 2012 13:00 3997 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Software edit foto populer bisa kita sebut Photoshop, photoscape, dan lain sebagainya. Bahkan, kini banyak pula situs edit foto online seperti photobucket, photofacefun, photofunia, dan banyak lagi situs edit foto online. Tidak hanya foto, audio dan video pun bisa kita edit. Software terkenal seperti audacity, misalnya, software ini bisa ...

Di era teknologi yang setiap harinya memiliki pembaharuan, rasanya tidak mustahil membuat apa pun sesuai dengan keinginan kita. Sesuatu yang tampak biasa bisa menjadi luar bisa dengan bantuan sentuhan teknologi. Kita sering menyebutnya dengan pengeditan. Proses editing saat ini menjadi proses yang paling penting sebelum mendapatkan hasil yang maksimal. Kita mengenal banyak software dalam proses editing.

Software edit foto populer bisa kita sebut Photoshop, photoscape, dan lain sebagainya. Bahkan, kini banyak pula situs edit foto online seperti photobucket, photofacefun, photofunia, dan banyak lagi situs edit foto online. Tidak hanya foto, audio dan video pun bisa kita edit. Software terkenal seperti audacity, misalnya, software ini bisa memotong audio menjadi ringtone, atau kebutuhan lainnya. Software editing audio tersebut juga bisa untuk mengatur dan mixing lagu. Kemudian, software apa yang bisa kita gunakan untuk memotong video atau biasa disebut video cutter?

Banyak software video cutter yang tersedia sekarang ini. Fungsinya pun bermacam-macam. Tidak sekedar memotong, tapi juga bisa untuk menambahkan grafis tambahan lain agar lebih menarik. Software video cutter pun beraga,. Dari yang gratis hingga berbayar. Dari yang sederhana hingga yang lengkap dan rumit. Dari yang berukuran kecil hingga ukuran besar. Semua sesuai keinginan dan kebutuhan. Untuk kali ini, mari kita bahas software video cutter yang sederhana.

Adalah Video Cutter yang merupakan software video cutter. Terdengar dari namanya saja, sudah meyakinkan bahwa software ini sangat sederhana. Tak banyak tools yang dimiliki, ukuran pun tergolong kecil untuk sebuah software editing. Akan tetapi, kemampuannya sesuai namanya, Video Cutter. Cukup untuk memotong video dengan cara yang sangat mudah.

Software simple ini merupakan software gratis yang bisa anda unduh di sini. Versi 1.1 ini memiliki tampilan yang sangat sederhana. Anda mungkin sedikit terkejut ketika pertama kali membuka software video cutter ini. Sebelumnya, pastikan anda sudah melakukan proses penginstalan hingga selesai agar software bisa digunakan dengan baik.

Jika sudah, buka program tersebut. Seperti yang dikatakan sebelumnya, versi ini lebih simple dari sebelumnya. Jika anda mendapatkan software dengan versi sebelum 1.1, anda akan mendapatkan tools yang lebih beragam. Selain layar pemutar video, ada pula tombol pengontrol video, seperti; play, pause, dan stop. Anda pun akan diberikan tombol video cutter yang terdiri atas start cut, dan end cut. Di bawah screen video player, anda bisa melihat line player yang menunjukkan seberapa jauh video anda sedang dimainkan. Ada juga tombol preview yang berguna melihat kembali hasil editan anda.

Software sederhana ini sangat populer, karena mampu memotong file besar dengan kecepatan muat yang tidak terlalu lama. Software ini juga menyediakan converter sekaligus sehingga video yang kita putar bisa berubah ke jenis mpg atau avi.

Kembali ke versi terbarunya, tampilannya lebih simple dari versi sebelumnya. Anda hanya akan disuguhkan dengan layar video player yang cukup besar dan tool singkat. Toolsnya hanya dua line player. Satu line player yang berada di atas adalah untuk menentukan waktu video awal yang akan dipotong, dan line player di bawah untuk menentukan waktu akhir video yang dipotong.

Cara menggunakannya, pertama buka open file dan pilih video yang akan anda edit. Cari letak video anda. Jika selesai memilih lalu ok. File yang terbaca akan tampil di layar dan diberikan detil waktu yang ada di bawah dua garis waktu player video anda. Untuk mulai menggunakan software video cutter ini anda cukup menggeser ke samping kanan dan kiri untuk menentukan waktu yang anda inginkan.

Jika sudah, maka sama seperti versi sebelumnya, versi terbaru juga memiliki tools video converter. Cukup memilih jenis file output yang akan digunakan lalu klik OK dan tunggu prosesnya hingga selesai. Software mudah dan sederhana ini hanya berukuran 9 MB. Versi sebelumnya bahkan hanya 6 MB. Cukup untuk menjadi koleksi software video cutter anda jika yang anda inginkan hanya memotong video saja. Semoga sukses. [ZH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel