iClapper - Gunakan Tepukkan Tangan untuk Memberikan Perintah Melalui Aplikasi untuk Mac OS Ini

29 Jun 2012 16:00 2337 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Aplikasi berdasarkan kemampuan audio ini cukup mudah digunakan. Jumlah tepukkan tangan yang Anda lakukan akan memberitahukan iClapper untuk mengerjakan perintah mana saja sebagai pemicu.

Pada beberapa tayangan iklan di televisi mungkin Anda pernah menemukan beberapa plot iklan berisi seseorang yang hendak berangkat tidur. Di atas kasurnya ia mulai mempersiapkan selimut, mengambil posisi tidur ternyaman, lalu sejurus kemudian melakukan adegan tepukan tangan dan bersamaan dengan itu seluruh lampu padam seketika. Mungkin itulah yang dapat Anda bayangkan pertama kali saat menilik kemampuan aplikasi yang diperuntukkan khusus perangkat komputer Mac. Teknologi semacam itu memang bukan lagi hal yang mustahil untuk dilakukan. Bahkan para pengembang aplikasi perangkat Apple telah membuktikan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan kehadiran aplikasi bernama iClapper satu ini. Aplikasi untuk Mac ini bekerja dengan sinkronisasi suara dan menggunakannya sebagai pemicu agar perangkat Mac Anda dapat menerima serta menjalankan perintah tersebut.

Aplikasi berdasarkan kemampuan audio ini cukup mudah digunakan. Jumlah tepukkan tangan yang Anda lakukan akan memberitahukan iClapper untuk mengerjakan perintah mana saja sebagai pemicu. Secara default, iClapper telah hadir dengan perintah-perintah standar saat Anda tengah mempergunakan iTunes seperti memainkan atau menghentikan lagu, melewatkan serta memindahkan lagu, dan lainnya. Anda pun dapat menambahkan beberapa perintah lainnya melalui Apple Script dan merekam jumlah tepukkan tangan. Namun, secara sederhana aplikasi iClapper ini dapat mengenali dengan baik jumlah tepukkan sebanyak satu hingga tiga tepukan saja. Pada dasarnya Anda dapat melakukan pengaturan ulang aplikasi ini dengan memasukkan beberapa perintah yang akan dikerjakan saat Anda memicunya dengan tepukkan tangan. Sebagai contoh, sebuah tepukkan tangan akan memberikan perintah terhadap iTunes untuk berhenti atau memainkan lagu. Apabila Anda ingin meniru beberapa adegan pada iklan atau televisi, Anda dapat mengatur dua kali tepukkan tangan untuk mematikan komputer. Bahkan aplikasi ini dapat mendukung pengaturan hingga 5 kali tepukkan pemicu untuk keluar dari aplikasi tersebut.

Saat pertama kali menggunakannya, mungkin Anda akan cukup lama untuk beradaptasi dan sulit untuk menggunakannya. Namun apabila Anda mengikuti beberapa instruksi dan melakukan proses pengaturan, iClapper dapat menjadi aplikasi yang menarik untuk digunakan. Awalnya harus melakukan beberapa proses kalibrasi untuk merekam contoh tepukkan tangan Anda. Aplikasi ini akan mempergunakannya agar memiliki referensi seperti apa bunyi tepukkan Anda. Untuk merekam contoh tepukkan tangan tersebut, Anda dapat masuk ke menu preference iClapper dan masuk ke dalam opsi Calibration. Setelah masuk ke dalam opsi tersebut, klik tanda plus yang berada di bawah kolok Model Clap Frequencies. Apabila contoh suara tepukkan tangan Anda terdengar oleh aplikasi untuk Mac ini, maka secara otomatis iClapper akan melakukan konfirmasi bahwa contoh tersebut telah tersimpan. Tapi, apabila aplikasi ini dapat merekam suara tepukkan Anda, masuklah ke dalam menu Input Device. Di dalamnya Anda dapat melihat dan melakukan koreksi apakah perangkat Anda cukup responsif atau tidak.

Kualitas hasil perekaman dan respon aplikasi berdasarkan tepukkan tangan dapat terlihat dari beberapa hal. Tingkat gangguan suara di ruangan, tingkat kekerasan tepukkan tangan Anda, dan juga kesamaan bunyi satu tepukan dengan lainnya memberikan pengaruh tersendiri. Oleh sebab itu saat melakukan kalibrasi, iClapper menawarkan Anda agar setidaknya memiliki lima contoh suara tepukkan tangan. Sementara untuk ketiga hal berpengaruh yang telah disebutkan sebelumnya, ketiga hal itu diketahui juga sebagai Recognition Parameters. Anda dapat melakukan penyesuaian dengan beberapa tab yang ada untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Setting default yang Anda gunakan kelak mungkin dapat bekerja dengan baik. Namun, apabila terjadi beberapa kendala saat melakukan proses perekaman tepukkan, hal tersebut bisa jadi dikarenakan tipe input device yang Anda gunakan dan sensitivitasnya tidak terlalu baik.

Setelah melakukan perekaman tepukkan tangan, Anda dapat masuk ke dalam sesi Action. Anda dapat melihat perintah iClipper yang telah Anda rekam sebelumnya dan memberikan pemicu untuk mengeksekusi perintah. Contohnya, jika Anda ingin menjadikan pemicu satu tepukkan tangan agar menjadi perintah untuk menjalankan iTunes, maka pada kolom Action Anda dapat memilih perintah Run iTunes.

Aplikasi untuk Mac ini secara default memang menyediakan hanya tiga trigger saja. Agar dapat menambahkannya, Anda perlu mempergunakan script dari AppleScript. Untuk memasukkan script tersebut, Anda perlu mengikuti beberapa langkah sederhana. Klik tanda plus pada bagian Action dan pilih trigger yang akan digunakan. Pada bagian kolom Action, Anda dapat memilih default perintah yang ada dan memilih perintah terbaru di dalam menu tersebut. Kemudian Anda cukup emasukkan script yang ada. Penggunaan Apple Script pada perangkat Mac ini memang bukan cara yang mudah dan akrab digunakan.

Aplikasi yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh SelenaSoft, Inc ini masuk ke dalam kategori Utilities dan mendukung dua penggunaan bahasa; Inggris dan Rusia. iClapper dapat bekerja dalam perangkat bersisitem operasi OS X 10.6 atau lebih. Di dalam Mac App Store sendiri iClapper cukup mendapat ulasan yang positif dari para penggunannya. Penasaran ingin segera mencoba aplikasi ini? Anda dapat mengunduhnya seharga $1,99 di sini. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel