Hp Samsung B3310 vs. LG KS360, Komparasi Ponsel Slider asal Korea

28 Jun 2012 08:30 6333 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ponsel dengan tampilan desain menarik memang menjadi salah satu penarik minat konsumen untuk membeli ponsel tersebut. Seperti yang dilakukan pabrikan Samsung dengan membawa hp Samsung B3310 yang memiliki desain geser atau slide yang memang ditujukan untuk pasar konsumen usia produktif. Namun bukan berarti langkah dari hp ...

Ponsel dengan tampilan desain menarik memang menjadi salah satu penarik minat konsumen untuk membeli ponsel tersebut. Seperti yang dilakukan pabrikan Samsung dengan membawa hp Samsung B3310 yang memiliki desain geser atau slide yang memang ditujukan untuk pasar konsumen usia produktif. Namun bukan berarti langkah dari hp Samsung B3310 ini berjalan mulus, pesaing satu negaranya pun menelurkan ponsel dengan tampilan yang sama. Bersaing berdasarkan desain, fitur dan performa, manakah kedua ponsel ini yang lebih unggul?

Dimensi dan Desain

Samsung B3310

Kedua ponsel ini memiliki desain yang sama jika disandingkan, namun ada perbedaan jika dilihat lebih dalamnya, Samsung menempatkan keypad numeriknya berbaris pada bagian sisi layar ponsel yang otomatis harus memangkas ruang layar yang memiliki konsisten layar yang Anda miliki akan memiliki ukuran yang kecil. Namun pada saat Anda gunakan untuk mengetik dalam keadaan slider tertutup, penggunaan alfanumerik akan menuai sedikit masalah, pasalnya penggunaan keypad alfanumerik ini akan terasa tidak nyaman yang harus berderet ke bawah, tidak ada cara lain selain Anda membuka slider Anda untuk menggunakan keypad QWERTY Anda.

LG KS360 (blue)

Sedangkan LG memilih untuk menempatkan keypad numeriknya dalam kaca sentuh, namun fitur ini hanya bisa Anda gunakan untuk melakukan panggilan saja, tidak untuk kontrol yang lain. Jadi pemangkasan ruang layar pada LG pun tidak berlaku. Untuk dimensinya sendiri, Samsung memiliki dimensi sebesar 91 x 54 x 17 mm dan memiliki berat sebesar 101 gram. Sedangkan LG memiliki dimensi sebesar 101.5 x 51 x 16.8 mm dan memiliki berat sebesar 115.5 gram. Kedua ponsel ini sama-sama dibungkus oleh material plastik yang sedikit pula terdapat bahan karet untuk membuat nyaman para pengguna dalam menggunakan kedua ponsel ini. Untuk urusan dimensi, Samsung lebih memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan LG yang memiliki dimensi yang lebih besar yang otomatis memiliki tampilan layar yang lega.

Layar

Kedua ponsel ini masing-masing memiliki layar yang berbeda. Samsung mengandalkan layar TFT yang mampu menghasilkan 256 ribu macam warna dengan resolusi 240 x 320 piksel pada layar yang memiliki diagonal sebesar 2.0 inci dan memiliki kerapatan 200 ppi. Sedangkan LG juga sama-sama mengandalkan layar TFT yang mampu menghadirkan 256 ribu macam warna dengan resolusi yang sama, yakni 240 x 320 piksel pada layar sebesar 2.4 inci dan memiliki kerapatan piksel sebesar 167 ppi dan tentunya layar pada LG ini telah disematkan teknologi layar sentuh hanya untuk penggunaan dialing saja, di luar konteks itu, layar sentuh pada LG ini tidak dapat digunakan. Untuk urusan layar, LG lebih unggul dari ukuran layar dan teknologi layar sentuh yang diusungnya, namun untuk kerapatan piksel, LG masih kalah dibandingkan dengan Samsung yang memilik kerapatan piksel yang besar.

Performa

Fitur yang ditawarkan oleh kedua ponsel ini merupakan fitur yang terdapat pada fitur entry level phone. Kedua ponsel ini memang bukan merupakan ponsel yang ditanami sistem operasi ponsel pintar yang bisa melakukan apa saja untuk Anda. Samsung sendiri menawarkan fitur yang diantaranya perpesanan yang mendukung SMS, MMS dan Email, untuk multimedianya sendiri Samsung menyediakan fitur musik pada ponsel ini dan juga Radio FM sebagai alternative media hiburan. Radio di sini sudah mendukung teknologi RDS yang dapat membantu Anda untuk mencarikan sinyal terbaik untuk radio di daerah Anda.

Untuk konektivitas, Samsung B3310 mendukung bearer data GPRS dan EDGE untuk akses jelajah dunia maya. Sementara itu untuk LG sendiri, juga mendukung media perpesanan dengan menggunakan SMS, MMS, Email dan IM. Untuk multimedinnya selain mengandalkan musik, juga mengandalkan Radio FM tanpa adanya dukungan RDS. Untuk konektivitasnya sendiri, ponsel ini juga memiliki kanal yang sama seperti milik Samsung. Untuk urusan performa, kedua ponsel ini sama-sama imbang.

Kamera

Untuk sektor fotografi, kedua ponsel ini memasok kamera yang sama. Baik Samsung dan LG, sama-sama mengusung kamera yang memiliki kekuatan sebesar 2 MP yang mampu untuk mengabadikan gambar dengan resolusi sebesar 1600x1200 piksel. Untuk daya rekam videonya sendiri, kedua ponsel ini mampu merekam video dengan kualitas QVGA dan untuk urusan kamera sekunder, kedua ponsel ini sama sama kompak untuk absen dari hadirnya kamera sekunder.

Baterai dan Memori

Baterai merupakan salah satu alat yang vital untuk sebuah ponsel, karena penanaman baterai yang tepat untuk ponsel akan dapat membawa ponsel tersebut bertahan lebih lama. Untuk Samsung sendiri memilih untuk membawa baterai Li-Ion 800 mAh yang mampu membawa Samsung bertahan hingga 380 jam untuk kondisi stand by dan 5 jam untuk penggunaan berbicara. Untuk daya simpannya sendiri, ponsel ini dianugerhai memori internal sebesar 40 MB dan masih bisa Anda ekspansi menggunakan microSD sebesar 4 GB.

Sementara itu untuk LG sendiri, memilih untuk menanamkan baterai Li-Ion 800 mAh yang mampu membuat LG bertahan hingga 444 jam untuk stand by dan 5 jam untuk penggunaan berbicara. Sedangkan untuk memorinya sendiri, LG dibekali dengan memori internal sebesar 64 MB dan masih bisa Anda ekspansi menggunakan microSD sebesar 4 GB.

Kesimpulan

Kedua ponsel ini memiliki performa dan fitur yang tidak berbeda jauh. Perbedaan hanya terdapat pada fitur-fitur tertentu, seperti media, dimensi dan berat. Namun untuk pilihan antara keduanya, Anda bisa memilih salah satu diantara kedua ponsel ini sesuai dengan fitur dan performa yang ditawarkan.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel