Lima Aplikasi Pengaman Ekstra Untuk Android

30 Jun 2012 09:00 44491 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah Anda termasuk orang yang suka mengunduh aplikasi-aplikasi di market-market Android khususnya di Google Play Store? Jika benar, mungkin saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang terbenam di Android Anda yang beberapa diantaranya mungkin aplikasi yang harus dijaga kerahasiannya seperti aplikasi mobile banking. Beberapa dari Anda ...

Apakah Anda termasuk orang yang suka mengunduh aplikasi-aplikasi di market-market Android khususnya di Google Play Store? Jika benar, mungkin saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang terbenam di Android Anda yang beberapa diantaranya mungkin aplikasi yang harus dijaga kerahasiannya seperti aplikasi mobile banking. Beberapa dari Anda ada yang memberikan password untuk mengakses Android Anda, tetapi hal ini dirasa kurang cukup karena bisa saja ketika teman Anda ingin meminjam ponsel Anda, Anda harus memberitahu kuncinya bukan? Untuk memberikan double protection pada Android Anda, ada beberapa aplikasi yang dapat mengunci aplikasi-aplikasi Android Anda, diantaranya:

1. APP Lock

Aplikasi pengunci aplikasi Android Anda pertama datang dari DoMobile Lab yaitu APP Lock. APP Lock merupakan sebuah solusi untuk melindungi aplikasi-aplikasi di Android Anda dengan memasang password atau menguncinya dengan menggambar pola tertentu. Tidak hanya aplikasi saja beberapa system Android bisa dikunci seperti incoming call, application manage, install/uninstall, dan market. Pada halaman muka APP Lock, Anda akan disuguhi daftar-daftar aplikasi yang Anda install di Android Anda.

Untuk aplikasi yang bersifat pribadi dan mengandung informasi sensitive, Anda bisa mengubah tombol kunci untuk langsung membuatnya dilindungi password. APP Lock juga menyediakan fitur setting tambahan yaitu apakah Anda perlu memasukkan password kembali ketika layar mati atau selang beberapa waktu yang ditentukan. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis dan bisa di install di Android versi 1.6 atau di atasnya. Klik di sini jika Anda ingin mengunduhnya.

2. Smart App Protector

Apakah anak Anda suka meminjam dan membuka-buka ponsel Android Anda? Anak-anak memang memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar terutama pada gadget-gadget seperti smartphone. Jika Anda ingin tetap merasa aman ketika sang buah hati meminjam Android Anda, sebaiknya Anda mengunduh aplikasi Smart App Protector dari Sputnik karena dengan aplikasi ini Anda dapat melindungi beberapa (atau seluruhnya) aplikasi di Android dengan memberinya kode password, menggambar pola lock screen, atau menggambar gesture tertentu sehingga anak Anda tidak bisa membuka aplikasi-aplikasi tertentu sembarangan.

Smart App Protector juga memiliki fitur tambahan untuk mencegah layar mati atau berputar saat aplikasi yang dipilih berjalan. Untuk mendapatkan aplikasi pengunci ini, Anda dapat mengunduhnya gratis dan di install di Android versi 2.0 atau diatasnya. Klik di sini jika Anda ingin mengunduhnya.

3. Smart AppLock

Beberapa aplikasi Android seperti e-mail, Facebook, SMS dan sebagainya, biasanya bisa langsung di akses tanpa memasukkan password ketika Anda membuka aplikasi tersebut karena password telah tersimpan otomatis di system Android. Untuk menghindari aplikasi-aplikasi tersebut dibaca oleh orang lain maka dibutuhkan aplikasi untuk menguncinya. Smart AppLock bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi hal ini. Smart AppLock juga memiliki desain kunci yang unik yang berbeda-beda tergantung pada system level Android Anda namun tetap hemat baterai.

Sebagai informasi tambahan jika Anda memasang password untuk membuka Android Anda maka ada baiknya Anda tidak menggunakan password yang sama untuk mengunci aplikasi-aplikasi yang diinginkan. Smart AppLock dapat Anda unduh secara gratis di market-market Android dan membutuhkan setidaknya Android versi 2.1 untuk menginstalnya. Klik di sini jika Anda ingin mengunduhnya.

4. App Lock - App Protector

Bagi Anda yang menyimpan berbagai informasi penting di beberapa aplikasi yang dibenamkan di Android Anda, memberikan double protection pada Android sangat dianjurkan. Pertama, menggunakan password untuk membuka kunci Android dan kedua menggunakan pengunci aplikasi seperti App Lock - App Protector sebagai perlindungan lapis kedua. Sama seperti ketiga aplikasi sebelumnya, App Lock - App Protector memiliki fungsi utama untuk melindungi data-data yang tersimpan di aplikasi-aplikasi Android dengan memberinya password.

Anda juga bisa memberikan pengaturan tambahan ketika aplikasi tertentu dibuka yaitu mengatur tingkat pencahayaan, disable/ enable auto-rotation, dan screen on/off. Aplikasi dari Creative Core dapat Anda unduh secara gratis di market-market Android. Klik di sini jika Anda ingin mengunduhnya.

5. Perfect App Protector

Mungkin dari keempat aplikasi yang digunakan untuk mengunci aplikasi-aplikasi Android Anda, Perfect App Protector dari Morrison Smart Software ini merupakan pelindung aplikasi Android terlengkap dari segi fitur. Secara umum Perfect App Protector bekerja untuk melindungi aplikasi-aplikasi dengan memberikan password pada aplikasi yang dipilih seperti SMS, e-mail, pictures dan lain-lain. Namun yang membuat aplikasi ini berbeda dari aplikasi pelindung lainnya adalah adanya fitur USB lock support yang berguna saat Anda menghubungkan Android ke computer. Aplikasi ini juga mendukung screen filter dan pattern password.

Sekedar informasi, Perfect App Protector tidak bisa digunakan pada Android dengan ukuran layar kecil seperti HTC Wildfire. Aplikasi Perfect App Protector hadir dalam dua versi: versi gratisan dan berbayar, kabar baiknya adalah tidak ada perbedaan fitur dari kedua versi tersebut sehingga Anda bebas untuk memilih versi mana yang ingin Anda unduh melalui market-market Android. Klik di sini jika Anda ingin mengunduhnya. [FT]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel