Mengatur Koleksi Buku di dalam Aplikasi Perpustakaan Digital

27 Jun 2012 16:30 28842 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda bisa memiliki perpustakaan pribadi tanpa harus memiliki tempat dan rak buku yang luas. Hanya cukup dengan berbekal PC atau Laptop pribadi Anda sudah bisa memiliki ratusan bahkan ribuan buku (eBook) dalam perpustakaan pribadi yang disebut dengan perpustakaan digital.

Perpustakaan sebagai simbol gerbang ilmu pengetahuan tetap tidak tergeserkan dengan peran apapun. Perpustakaan merupakan tempat favorit bagi pemburu ilmu. Di dalamnya tersedia berbagai koleksi berbagai disiplin ilmu. Peran perpustakaan untuk dunia pendidikan memang sangat vital sekali, sudah pasti tidak ada lembaga penting lain yang bisa menggantikan perpustakaan pendidikan. Setiap anggotanya bisa membaca dan meminjam koleksi buku dengan gratis. Apakah Anda bisa memiliki perpustakaan?

Sangat bisa sekali, lokasi perpustakaan bisa diganti, tetapi fungsi perpustakaan tetap tidak tergantikan dengan apapun. Anda bisa memiliki perpustakaan pribadi tanpa harus memiliki tempat dan rak buku yang luas. Hanya cukup dengan berbekal PC atau Laptop pribadi Anda sudah bisa memiliki ratusan bahkan ribuan buku (eBook) dalam perpustakaan pribadi yang disebut dengan perpustakaan digital.

Tersedia beberapa software pengelola koleksi buku digital Anda antara lain:

  1. Adobe Digital Edition. Aplikasi ini berjalan pada OS Windows dan Mac di mana bisa melihat, mengatur kumpulan eBook dan koleksi digital Anda lainnya. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di sini.

  2. Lucidor. Aplikasi sederhana untuk membaca koleksi serta mengatur koleksi file eBook berekstensi .PDF, ePub dan OPDS. Selain itu Anda bisa menambahkan plugin Lucifox yang menggunakan browser Mozilla, Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di sini.

  3. Calibre. Aplikasi yang sangat lengkap dan canggih untuk sebuah perpustakaan digital yang tidak dimiliki oleh perpustakaan konvensional. Anda tidak perlu lagi mencari masing-masing ribuan katalog dan jutaan koleksi bisa diatur dengan mudah. Aplikasi inipun sudah mampu membaca hampir semua jenis file dokumen dan sudah mendukung Linux, Mac dan Windows. Aplikasi ini bisa didapatkan melalui link ini.

Masih tersedia berbagai aplikasi menarik untuk mengatur koleksi digital di rumah seperti Kobo, KoboBits, VitalSource Bookshelf, EReader Pro, Kindle, FBReader, Mobipocket Reader, MartView, Micorsoft Reader, Reader Library, Nook, dan Blio. Anda bisa pilih sesuai kepentingan dan selera Anda masing-masing menggunakan software tersebut.

Yang menjadi unggulan Paseban kali ini untuk eBook reader managemen ini ialah Calibre, dengan bebarapa unggulan pengelola perpustakaan digital ini pantas Anda gunakan. Calibre dapat mengkoleksi beberapa dokumen penting, eBook, komik, majalah dengan berbagai format .ePub, .IRF, .PDF, .mobi, .CBZ, .CBR, . CBC, .lit, .ZIP, dan format .RAR.

Mengatur Koleksi Buku di dalam Aplikasi Perpustakaan Digital

Calibre sangat mudah dalam pengaturannya, pengelompokkan berbagai katalog buku digital. Ketika Anda memilih untuk membacanya terlebih dahulu Calibre menginformasikan Judul, tebal Halaman, format dokumen, kapasitas dokumen dan siapa penulisnya/ author.

Mengatur Koleksi Buku di dalam Aplikasi Perpustakaan Digital

Selain itu Anda juga bisa mengatur jadwal untuk mendownload berbagai koleksi buku yang lain langsung dari database Caliber yang bisa Anda dapatkan. Sehingga Anda tidak perlu lagi kapan harus mendownload koleksi buku. Anda juga bisa menyimpan dokumen-dokumen yang tersimpan di dalam Calibre ke dalam format bentuk lain, sekaligus mem-backup kumpulan dokumen jika dikhawatirkan data akan rusak.

Mengatur Koleksi Buku di dalam Aplikasi Perpustakaan Digital

Kini Anda bisa miliki perpustakaan digital yang tidak akan lekang dimakan usia, dan tidak rusak karena cuaca, tidak perlu takut buku hilang atau dimakan kutu buku. [TR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel