Documents To Go Full Version VS Quickoffice Pro - Aplikasi Office Android Manakah yang Patut Anda Install?

13 Jun 2012 11:30 11360 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mungkin bagi Anda yang setiap hari pekerjaannya bersentuhan dengan banyak file dokumen-dokumen dalam Microsoft Office ataupun PDF, menggunakan smartphone atau tablet seperti semacam keharusan. Aplikasi pembaca dokumen Office seperti Documents To Go dan Quickoffice Pro mungkin sudah Anda dengar sebelumnya dan diantara...

Mungkin bagi Anda yang setiap hari pekerjaannya bersentuhan dengan banyak file dokumen-dokumen dalam Microsoft Office ataupun PDF, menggunakan smartphone atau tablet seperti semacam keharusan. Aplikasi pembaca dokumen Office seperti Documents To Go dan Quickoffice Pro mungkin sudah Anda dengar sebelumnya dan diantara kedua aplikasi pembaca Office ini hanya Documents To Go-lah yang menyediakan versi gratisan. Mungkin bagi masyarakat Indonesia (atau seluruh dunia) lebih senang memilih aplikasi gratisan dibandingkan dengan aplikasi berbayar. Namun bagi Anda para pebisnis muda yang mengutamakan efisiensi waktu dalam menyelesaikan pekerjaan pastinya membutuhkan aplikasi yang Office yang lengkap dalam satu paket. Baik dari Documents To Go full version dan Quickoffice Pro mampu menghadirkan fasilitas semacam ini. Dengan harga yang dibanderol sama sekitar $15, aplikasi Office Android manakah yang pantas dipilih?

Documents To Go Full version VS Quickoffice Pro

Dari segi interface baik Documents To Go dan Quickoffice Pro mampu menampilkan tampilan layar dokumen yang cukup jelas dan konsisten baik di Android maupun iPhone. Pada Quickoffice Pro, untuk memulai aplikasi ini cukup dengan mengetuk icon Accounts yang berada pojok kanan bawah dari halaman muka dan Anda cukup log in sekali saja. Ada dua pilihan untuk membuka dokumen di Quickoffice Pro: Pertama, cukup dengan membuka salah satu aplikasi (Quickword, Quicksheet, atau Quickpoint) atau langsung dari folder Dropbox Anda atau dari media penyimpanan lain di smartphone Anda. Sedangkan pada Documents To Go, cara membuka dokumen sangatlah simple karena aplikasi ini tidak mendukung penggunaan Dropbox sehingga Anda cukup memilih tipe dokumen Anda (Word, Excel, Powerpoint), kemudian lakukan pencarian perangkat Anda atau memilih dokumen dari daftar dokumen yang baru-baru ini dibuka.

Selanjutnya pada bagian editor lembar kerja ada beberapa perbedaan dari Quickoffice Pro dan Documents To Go. Pada Quickoffice, untuk menu copy dan insert cell terletak pada toolbar bawah dan Anda dapat mengakses menu rumus (function) pada Excel dengan mengklik icon function pada bagian atas layar yang akan menampilkan pencarian fungsi yang cukup elegan. Sementara pada Documents To Go hal-hal seperti copy, insert ataupun rumus pada Excel dilakukan pada satu insert pop-up menu untuk Android atau pada toolbar bawah pada iPhone. Anda juga bisa memasukkan rumus secara manual dan melakukan resize atau copy cell dengan mengetuk atau menarik dimana saja dalam interface utama.

Untuk urusan menampilkan slideshow di bagian Powerpoint keduanya masing-masing memiliki kelebihannya tersendiri. Pada Documents To Go ketika Anda membuat slide presentasi yang mayoritas isinya berupa teks, slideshow editor pada aplikasi ini sangatlah tepat digunakan karena aplikasi ini Anda dapat mengerjakan semua pekerjaan Anda dalam satu outline saja tanpa harus menggeser layar terus-menerus. Kekurangan Documents To Go dari segi penampilan slideshow adalah tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk mengedit layout slide presentasi Anda. Kebalikan dari Documents To Go, Quickoffice Pro membolehkan Anda untuk menambah bentuk-bentuk simple dari menu dan tiap-tiap bentuk ini dapat Anda atur ukurannya dengan menarik bagian tengahnya. Satu lagi kelebihan pada Quickoffice Pro, Anda dapat mengimpor foto dari smartphone Anda.

Sementara untuk smartphone BlackBerry, tidak ada persaingan antara Documents To Go dan Quickoffice Pro karena aplikasi Office Android Quickoffice Pro tidak tersedia bagi pengguna BlackBerry. Aplikasi pada Documents To Go yaitu Word, Sheet, Slideshow dan PDF diinstall dengan empat program yang terpisah satu sama lain dalam folder . Documents To Go juga mendukung format Office 2007. Namun untuk urusan slideshow pada powerpoint, Documents To Go untuk BlackBerry tidak mampu menghasilkan hasil yang maksimal sehingga dianjurkan hanya menampilkan teks dan warna sederhana saja.

Setelah Anda membaca sedikit ulasan mengenai Documents To Go dan Quickoffice Pro mungkin Anda sudah bisa menjatuhkan pilihan Anda, aplikasi berbayar mana yang sesuai dengan Anda (kecuali pengguna BlackBerry). Untuk spesifikasi lengkap mengenai dua aplikasi-aplikasi Office Android tersebut, Anda bisa melakukan browsing pada market-market Android, iPhone ataupun BlackBerry.
Document to Go bisa Anda download di sini, sedangkan Quick Office Pro bisa Anda unduh di sini. [AS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel