Kumpulan Aplikasi untuk Belajar Bahasa China untuk Perangkat iOS

4 Jun 2012 08:00 3932 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada pepatah kuno berbunyi "tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri China." Sepertinya hal itu sedikit demi sedikit akan segera ditinggalkan. Kehadiran perangkat mobile yang canggih seperti smartphone dan tablet telah mampu menghadirkan berbagai pengetahuan dan ilmu secara ringkas dan efisien untuk diakses. Pepatah tersebut tentunya ...

Ada pepatah kuno berbunyi "tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri China." Sepertinya hal itu sedikit demi sedikit akan segera ditinggalkan. Kehadiran perangkat mobile yang canggih seperti smartphone dan tablet telah mampu menghadirkan berbagai pengetahuan dan ilmu secara ringkas dan efisien untuk diakses.

Pepatah tersebut tentunya merujuk bagaimana China mampu berdiri lebih tinggi daripada negara Asia lainnya berkat keluhuran pencapaian ilmu serta budayanya. Untuk sebagian orang yang terbiasa menggunakan bahasa Inggris ataupun lainnya, bahasa China merupakan salah satu bahasa yang sulit untuk dipelajari. Selain karena tidak ditulis dalam huruf Latin, bahasa China termasuk ke dalam bahasa tonal. Artinya, perbedaan nada pengucapan merupakan perbedaan pula pada arti sebuah kata.

Selain itu bahasa China juga memiliki kompleksitas yang mirip dengan bahasa Indonesia. Negeri tirai bambu ini banyak perbedaan dialek dan sistem pengucapan seperti bahasa China tradisional, bahasa China sederhana, ataupun pinyin. Bagi Anda yang tertarik belajar bahasa ini, saat ini Anda dapat menggunakan aplikasi untuk belajar bahasa China langsung dari perangkat iOS. Berikut beberapa kumpulan aplikasi tersebut.

I Learn Chinese - Read and Write Characters

Aplikasi ini akan mengenalkan Anda karakter bahasa China dengan cara yang menyenangkan. Maka menjadi fokus perhatian I Learn Chinese adalah konsep di balik bahasa agar dapat mengerti asal kata dari sebuah objek tertentu. Untuk contoh, tulisan China untuk karakter matahari adalah sebuah lingkaran dengan titik di tengahnya.

Di samping menjelaskan arti sebuah gambar, aplikasi inipun dapat mendemonstrasikan cara yang benar mengucapkan dan menulis karakter bahasa China. Di dalamnya Anda akan menemukan beberapa fitur seperti indeks karakter bahasa secara alfabet sesuai dengan fungsinya masing-masing, merekam bunyi huruf, dan lainnya. Bagi pengguna perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch yang tertarik belajar bahasa China, Anda dapat mengunduh I Learn Chinese seharga $ 4.99 melalui iTunes di sini.

Learn Chinese: Toy Story 3 - Disney Language Learning

Disney rupanya tidak hanya mampu menciptakan banyak tontonan kartu yang menghibur. Salah satu aplikasi untuk belajar bahasa China buatannya dapat Anda gunakan dengan cara menyenangkan. Di dalam Toy Story 3 - Disney Language Learning ini Anda tidak perlu mengetahui terlebih dahulu huruf-huruf China karena aplikasi ini akan mengajarkan Anda saat sedang bersenang-senang. Anda akan menemukan karakter Buzz dan Woody yang akan bertransformasi dari menggunakan bahasa Inggris ke cerita yang akan Anda mengerti dalam bahasa China ataupun Pinyin. Ada sekitar lima level permainan.

Pada level pertama Anda akan menemukan penggunaan bahasa Inggris saja. Level kedua mulai menggunakan bahasa China sekitar 25 %. Level ketiga penggunaan bahasa terlihat seimbang. Level keempat sekitar 75 penggunaan bahasa China. Dan level kelima Anda akan mendapatkan keseluruhan cerita menggunakan bahasa tersebut. Bagi Anda yang juga ingin mengajarkan anak bahasa China, aplikasi ini dapat menjadi opsi yang menarik. Unduh Toy Story 3 - Disney Language Learning ini seharga $ 4.99 di sini.

 

Learn Chinese: Toy Story 3 -- Disney Language Learning

 

Chinese Writer

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat membantu Anda belajar bahasa China. Tidak hanya sulit mengucapkannya, tetapi bahasa China pun memiliki keunikan tersendiri dari cara penulisannya. Di dalam aplikasi Chinese Writer Anda dapat menuliskan sekitar 5.000 huruf. Chine Writer masuk ke dalam kategori game. Oleh sebab itu Anda dapat belajar sambil bermain saat menggunakannya. Sebuah karakter huruf akan turun dari atas layar, dan Anda harus menggambarnya secara tepat untuk mendapatkan poin.

Bukan hanya sekadar game, di dalam Chinese Writer pun Anda akan mendapatkan penjelasan dalam bahasa Inggris dan rekaman suara yang berkualitas untuk mendapatkan pronunciation setiap huruf. Aplikasi ini dapat dimainkan oleh seluruh kalangan umur yang berminat mempelajari bahasa China. Anda dapat mengunduh aplikasi yang dikembangkan oleh Molatra ini secara gratis di sini.

KTdict C-E (Chinese - English dictionary)

Belajar sebuah bahasa asing rasanya tak lengkap jika tak memiliki kamus untuk pegangan berbahasa. Salah satu aplikasi kamus yang dapat Anda manfaatkan adalah KTdict C-E yang dikembangkan oleh Klaus Thul satu ini. KTdict dapat memberikan cara penggunaan yang mudah dan cepat kamus bahasa China - Inggris.

Proses pencarian kata di dalam kamus digital ini telah menggunakan teknologi yang mampu menunjukkan secara instan kata yang Anda cari. Anda dapat melakukan pencarian menggunakan bahasa Inggris ataupun China dan juga Hanyu Pinyin. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda tidak memerlukan jaringan internet. Oleh sebab itu Anda dapat menggunakannya di manapun. Tertarik menggunakan aplikasi untuk belajar bahasa China ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui iTunes di sini.

Laokang Tone Test

Bunyi pengucapan setiap kata di dalam bahasa China sangat penting untuk dipelajari. Pasalnya setiap satu kata memiliki cara pengucapan dan arti berbeda. Maka untuk belajar menggunakan bahasa Chine aplikasi Laokang Tone Test ini dapat membantu Anda mempelajari cara pengucapannya.

Kebanyakan bahasa China memiliki dua silabel dengan 20 kemungkinan intonasi suara. Setiap tes akan termasuk kata "mama" yang akan dimasukkan ke dalam 20 kombinasi secara acak. Skor yang Anda dapatkan akan dinilai berdasarkan kemampuan pengucapan. Bagi Anda yang tertarik menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kangjian Remote Services Ltd ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel