Spesifikasi BlackBerry Storm 2, Lengkap dengan Dukungan Multimedia dan Messaging yang Powerful

18 May 2012 17:00 8403 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Spesifikasi BlackBerry Storm 2 tentunya memiliki banyak peningkatan dari pendahulunya seperti dalam hal memori internal yang lebih besar, dukungan WiFi dan lain sebagainya. Simak review lengkapnya berikut ini.

Setelah meluncurkan BlackBerry Onyx, RIM kemudian memperkenalkan BlackBerry 9550 ODIN atau yang lebih dikenal dengan Storm 2. BlackBerry Storm 2 9550 ini merupakan penerus dari generasi pertama BlackBerry Storm 9500. Spesifikasi BlackBerry Storm 2 tentunya memiliki banyak peningkatan dari pendahulunya seperti memori internal yang lebih besar dan dukungan WiFi.

Secara visual, tidak banyak perbedaan antara BlackBerry 9530 dan BlackBerry 9550. Keseluruhan rasanya hampir sama, dan sekali lagi yang menarik perhatian adalah berat dari perangkat tersebut. Ukuran BlackBerry Storm 2 ini sekitar 112.5 x 62 x 13.9mm yang jika dibandingkan dengan BlackBerry Storm lebih berat 5g. Dalam spesifikasi BlackBerry Storm 2 ini, speaker telah dipindahkan dari bagian belakang ke bagian bawah ponsel, yang membuatnya lebih mudah untuk didengar ketika dibaringkan. Ditambah material glossy yang memoles smartphone ini, sehingga tampak lebih mewah dari pendahulunya.

Perbedaan desain yang jelas terlihat pada function keys di bawah layar. Pada spesifikasi BlackBerry Storm 2 asli, terdapat 4 tombol fisik yang terpisah, tapi kali ini tombol tersebut bersatu dengan layar. RiM telah mencampurkan Piezo dengan teknologi capacitive touchscreen sehingga saat layar dinyalakan hanya bisa diklik dengan bare-skin. Hal ini dilakukan untuk mencegah tombol accidental ditekan dan ini merupakan sebuah tambahan yang sangat keren.

Display yang dihasilkan BlackBerry 9550 ini sangat bagus, dengan ukuran 3.25 inci dan resolusi 360 x 480 piksel. Dalam spesifikasi BlackBerry Storm 2 9550 ini tidak ada lagi goncangan, dan Anda tidak lagi bisa melihat papan sirkuit di sepanjang tepi layar. Dan sekarang dengan teknologi baru SurePress, akan lebih mudah untuk mengklik dan melakukan multiple input sensor lainnya sehingga membuat pengetikan lebih akurat. Fitur SurePress pada BlackBerry menyarankan Anda untuk melakukan sedikit penakan pada layar untuk mengeksekusi perintah, mengetik ataupun melakukan aktivitas lainnya.

BlackBerry Storm 2 yang juga disebut Odin ini dilengkapi dengan sistem operasi BlackBerry 5.0.0.320 (platform 4.2.0.124). Dengan sistem operasi ini kinerja baterai Lithium-ion 1400 mAh menjadi lebih ringan dan tidak boros. Spesifikasi BlackBerry Storm yang ini juga mempengaruhi sektor tampilan yang berupa windows dan akses menu yang lebih cepat dari Storm yang terdahulu.

Spesifikasi BlackBerry Storm 2 ini tergolong lengkap dengan memori internal 2GB serta RAM 256 MB yang bertambah 2 kali lipat dari BlackBerry Storm. Selain itu, juga tersedia slot memori eksternal untuk microSD. Anda pun juga bisa menghilangkan kejenuhan dengan berfoto-foto menggunakan kamera sekelas 3.2 MP. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan autofocus, flash, image stabilizer dan beberapa pengaturan khusus. Dan hasilnya cukup bagus digunakan baik untuk indoor maupun outdoor, meskipun masih kalah dengan BlackBerry 9700 Onyx.

Sebagai perangkat dengan dual-band EV-DO Rev A (850/1900 MHz), quad-band EDGE (850/900/1800/1900 MHz), and single-band HSDPA (2100 MHz), spesifikasi BlackBerry Storm 2 ini merupakan ponsel dunia yang memiliki jaringan data kecepatan tinggi baik local maupun internasional. Fasilitas konektifitas lain yang ditemukan dalam BlackBerry Storm 2 antara lain Bluetooth dan WiFi. Juga GPS yang akan memberikan Anda panduan arah melalui peta digital.

Di sisi lain, spesifikasi BlackBerry Storm 2 untuk messaging hampir sama dengan BlackBerry pada umumnya. Storm 2 mampu menghubungkan 10 akun email dan mengirimnya dalam bentuk pesan HTML. Untuk text messaging juga sudah berupa thread dan berwarna. Instant messaging juga telah difasilitasi dengan BlackBerry Messanger, meskipun demikian juga terdapat shortcut ke download client untuk Yahoo, MSN, ICQ, dan AIM bahkan sekarang juga bisa Google Talk. Sayangnya, aplikasi dokumen pada smartphone ini hanya versi trial via Document To Go, yang membuat Anda hanya bisa sekedar membaca dokumen saja tanpa bisa melakukan pengeditan.

Secara keseluruhan jika dibandingkan dengan BlackBerry Storm versi awal, spesifikasi BlackBerry Storm 2 atau Odin memiliki banyak peningkatan yang bisa diandalkan mulai dari layar sentuh yang lebih canggih, ketersediaan WiFi hingga akses layanan CDMA sekaligus GSM. Namun, dari segi desain, kemampuan, serta fitur lainnya masih belum bisa diandalkan untuk menggempur dominasi iPhone maupun HTC untuk sector smartphone layar sentuh. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel