Samsung HMX-QF30, Camcorder Murah Untuk Kebutuhan Anda

21 May 2013 16:00 4226 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa tahun lalu mungkin Anda belum mengenal yang namanya camcorder HD murah. Camcorder atau sering juga disebut sebagai handycam beberapa tahun lalu masih menggunakan kaset yang merepotkan, terutama untuk kelas camcorder murah.Penggunaan kaset sangatlah tidak praktis karena mengharuskan pengguna untuk membeli kaset setiap kali ingin merekam, dan lalu kemudian hasil rekaman perlu ditransfer menggunakan peralatan khusus terlebih dahulu sebelum bisa dilihat di komputer atau disimpan dalam bentuk CD.

Beberapa tahun lalu mungkin Anda belum mengenal yang namanya camcorder murah. Camcorder atau sering juga disebut sebagai handycam beberapa tahun lalu masih menggunakan kaset yang merepotkan, terutama untuk kelas camcorder murah. Penggunaan kaset sangatlah tidak praktis karena mengharuskan pengguna untuk membeli kaset setiap kali ingin merekam, dan lalu kemudian hasil rekaman perlu ditransfer menggunakan peralatan khusus terlebih dahulu sebelum bisa dilihat di komputer atau disimpan dalam bentuk CD. Kini, camcorder telah meninggalkan media kaset dan menggunakan hard disk internal atau SD card sebagai media penyimpanan utamanya. Jika Anda ingin mengganti camcorder lama Anda dan sedang memiliki kocek yang terbatas, baca dulu ulasan camcorder Samsung HMX-QF30 yang satu ini.

Camcorder murah Samsung yang satu ini merupakan penerus dari versi sebelumnya, HMX-QF20 dengan perubahan yang minimal. Dari bodinya, camcorder ini memiliki bentuk yang sama panjangnya dengan camcorder pada umumnya, namun tidak terlalu tinggi sehingga mungkin akan lebih nyaman digenggam oleh tangan yang lebih kecil. Namun, semua tombolnya yang terletak di bagian belakang seperti tombol daya dan zoom mungkin akan sedikit menyulitkan karena harus dioperasikan dengan jempol, bukan dengan telunjuk seperti camcorder pada umumnya, sehingga menimbulkan rawan goyangan pada video yang sedang direkam. Mereka yang memiliki tangan yang lebih kecil akan lebih sesuai untuk menggunakan camcorder ini.

Samsung HMX-QF30 sudah dilengkapi dengan teknologi layar sentuh ukuran 2,7 inci yang cerah dan berwarna dengan 230 ribu pixel di dalamnya. Meskipun layarnya cenderung kecil untuk digunakan, namun icon di dalamnya tersusun dengan baik di bagian kiri dan kanan dari layar, sehingga memudahkan untuk ditekan tanpa perlu salah menekan tombol yang lain. Waktu perekaman juga ditunjukkan di bagian atas layar. Susunan ini memberikan tampilan yang jelas kepada objek yang sedang Anda rekam, dan icon yang tidak Anda butuhkan juga bisa dihilangkan hanya dengan sekali tekan. Namun, yang dirasa kurang justru adalah respon dari layar sentuhnya sendiri. Terkadang, layar ini tidak mengenali sentuhan yang diberikan, dan salah menginterpretasikan gesekan sebagai sentuhan yang mengakibatkan salah tekan icon pada layar.

 

Camcorder ini memiliki sensor 1/4 inci seperti pendahulunya, dan juga dilengkapi dengan 20x optical zoom dan 40x digital zoom. Kualitas rekamannya mencapai maksimal 5,1 megapixel dan hitungan pixel efektif hingga 1,75 megapixel. Kelebihan lainnya adalah adaptor wifi yang terdapat di dalam kamera ini, yang memungkinkan Anda untuk mengunggah video dan foto yang telah Anda rekam langsung ke situs jejaring sosial ataupun memindahkan video tersebut ke smartphone Anda. Video yang terekam menggunakan format MP4, yang menjaga ukuran file video tetap kecil namun juga memberikan sedikit artefak kompresi pada gambar. Samsung HMX-QF30 dapat merekam pada resolusi 1920 x 1080 dan kecepatan 50 frame per detik, namun dengan bitrate yang cukup rendah yaitu 15,5 kilobit per detik. Jika tidak ingin merekam dengan kualitas Full HD tersebut, Anda juga bisa menggunakan mode kualitas web dengan resolusi 1920 x 720 dan 50 frame per detik.

Untuk kualitas rekamannya, terdapat noise yang nampak pada rekaman luar ruangan, juga efek dari kompresi seperti kotak-kotak dan pinggiran yang kasar di gambar. Detil yang terekam juga tidak terlalu mendalam, karena objek yang memiliki jarak yang lebih jauh akan kehilangan detilnya meskipun bentuknya masih dapat terekam. Selain itu, autofocus dari camcorder ini terkadang akan sedikit kehilangan fokusnya. Namun, secara keseluruhan kualitas rekamannya dapat diterima mengingat harga dari camcorder ini yang murah. Performanya di dalam ruangan juga tidak berbeda terlalu jauh.

Untuk harga yang cukup murah, camcorder yang sudah dilengkapi dengan fitur wifi ini menjadi cukup layak untuk dibeli. Anda bisa menghubungkannya dengan smartphone untuk mentransfer foto dan video dengan aplikasi Samsung MobileLink yang bisa digunakan di Android atau iOS, atau Anda bisa langsung mengunggahnya ke situs jejaring sosial yang Anda gunakan. Dengan koneksi output AV dan mini HDMI, kebutuhan menonton video Anda pasti dapat terpenuhi dengan baik. Jika Anda menginginkan camcorder dengan fitur wifi dan harga yang murah, Samsung HMX-QF30 bisa menjadi pilihan Anda. [KEV]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel