Review Printer Epson Stylus NX430, Printer Small-in-one Sekaligus All-in-one

18 May 2013 17:00 3944 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dirilis tepat pada saat dimulainya musim masuk sekolah, Epson mengemas printer, scanner, dan mesin fotokopi menjadi sebuah perangkat kecil yang disebut “small-in-one”. Stylus NX420 menempati jumlah ruang yang sama seperti Blu-ray player anda

Dirilis tepat pada saat dimulainya musim masuk sekolah, Epson mengemas printer, scanner, dan mesin fotokopi menjadi sebuah perangkat kecil yang disebut “small-in-one”. Stylus NX420 menempati jumlah ruang yang sama seperti Blu-ray player anda, dan ini melalukan dua kali lebih cepat seperti empat model pesaingnya, dengan hasil berkualitas tinggi untuk boot. Sebaiknya anda menginvestasikan tangki isi ulang ekstra besar Epson, jika anda mencetak dengan dokumen dan foto dalam volume besar dan berwarna, namun jika harga dan ruang adalah prioritas anda, Epson Stylus NX430 ini layak untuk dimiliki. Untuk mengetahui apa saja yang dimiliki oleh produk terbaru ini, mari simak review printer Epson berikut ini.

Desain dan Fitur

Review printer Epson Stylus NX430 dari segi desain dan fitur, perangkat ini dirancang untuk menghemat ruang, dengan ukuran 15 x 20 x 11 inci. Sehubungan dengan printer lainnya, ukuran ini jatuh antara fungsi inkjet dan printer laser, namun dengan berat 9 pon, ini hanya setengah dari berat rata-rata printer laser berwarna dan ideal untuk kantor yang sering berpindah.

Panel kontrol pusat berada dalam konsol yang berputar sampai dengan sudut pandang yang cocok. Tombol yang menyala pada NX430 adalah pad empat arah dan kekuatan untuk menyalakan dan mematikan kontrol – seluruh tombol yang menyala tergantung pada fungsi tertentu yang anda akses.

Layar pada perangkat ini terasa kurang responsif dibanding dengan yang ada pada WorkForce 845 All-in-one. Sebaliknya, plastik yang mengelilingi layar NX430 memiliki kecenderungan untuk melentur ketika anda menekannya.

Perangkat dengan harga $99 ini tidak termasuk feeder dokumen automatis, atau beberapa tray untuk kertas, sehingga semua kertas ditangani melalui satu tray pada bagian belakang dan keluar melalui mulut printer di bawah kontrol. Anda juga akan melihat pembaca kartu memori di bagian depan yang memungkinkan anda untuk mencetak dari kartu ekspansi tanpa menyentuh komputer. Anda dapat melihat pratinjau foto pada panel sentuh LCD 2,5inci, bahkan memotong dimensi, mengubah ukuran, atau melakukan touch up.

Epson memberikan anda pilihan untuk menghubungkan printer ke komputer anda menggunakan USB langsung atau Wi-Fi. Sebagian besar pengguna akan lebih menyukai pilihan yang kedua, karena Epzon tidak menyertakan kabel USB bersama printernya. Pengaturan pintar pada panel sentuh memiliki dua bagian proses, yaitu menyalakan mesin dan mengklik Network Setting, kemudian menunjuk jaringan nirkabel anda dan memasukkan passwordnya. Proses instalasi juga mencakup langkah-langkah yang akan bertanya apakah anda menginginkan sistem secara otomatis mencari dan menginstal update firmware, dan sebaiknya anda mengklik “yes” ketika diminta, daya tarik web yang terhubung ke printer seperti NX430 berarti anda tidak harus menunggu agar Epson mengirimi anda update software.

Menghubungkan melalui Wi-Fi juga berarti anda dapat memanfaatkan aplikasi mobile printing gratis dari Epson yang memungkinkan anda mencetak secara langsung dari perangkat mobile. Pertama, aplikasi Epson iPrint untuk perangkat iOS dan Android yang memungkinkan anda untuk mencetak halaman web, foto, dokumen dan lainnya langsung pada smartphone ke WorkForce NX430. Namun foto akan dipotong ketika anda membalikkan dari mode portrait ke lanscape dan sebaliknya.

Kinerja

Review printer Epson Stylus NX430 dari segi kinerja, produk ini bekerja pada tingkat rata-rata pencetakan foto, tapi ini berjalan dengan cepat dengan kecepatan output, kecepatan grafis warna, dan terutama kecepatan teks. Sementara itu, ada Lexmark Interpret S405 dan Canon Pixma MX410 yang keduanya merupakan printer tercepat setelah NX430, yang bisa mencetak 14.11 halaman per menit pada kertas putih. Jika anda menginginkan salinan dokumen secepat mungkin, NX430 adalah perangkat yg tepat untuk anda.

Kualitas Cetakan dan Kesimpulan

Printer ini juga tidak mengecewakan dalam hal kualitas cetak. Dengan begitu banyak pilihan driver, Epson mempermudah untuk memenuhi cetakan anda seefisien mungkin. Anda bisa menggunakan pilihan-pilihan yang ada, termasuk Epson’s Vivid sebagai lawan dari Adobe RGB, namun pengaturan preset Epson adalah yang paling menyenangkan dan gambar yang akurat. Sejauh ini, contoh yang paling akurat berasal dari teks hitam dan berwarna dan grafis yang mengandung garis hitam yang tebal.

Hasil cetakan dari printer ini sangat bagus, baik itu berupa garis tipis maupun tebal, serta jelas dan mudah dibaca hingga font yang terkecil sekalipun. Kualitas foto yang dihasilkan juga sangat baik. Semua cetakan menampilkan kualitas yang halus dan bebas dari noda. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel