Philips Blade 2, Monitor 23 Inch Berteknologi IPS Panel dengan Harga Teman

14 May 2013 22:00 2938 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Monitor LED Philips Blade 2 memiliki teknologi panel IPS yang disematkan, serta mendukung banyak fitur canggih untuk monitor macam W-LED sebagai sistem backlight

Semakin banyak produsen monitor yang mulai meninggalkan panel TN yang selama ini mendominasi pasar panel monitor dan mulai menggunakan panel jenis baru yaitu panel IPS yang memberikan banyak keunggulan daripada panel TN. Salah satu produsen monitor terkenal, Philips hadir dengan mengkombinasikan panel IPS dengan teknologi LED dalam monitor terbaru mereka, Monitor LED Philips Blade 2. Monitor ini berukuran 23 inch ini selain menggunakan panel IPS, juga mendukung resolusi standar monitor jaman sekarang yaitu 1080p atau 1920 x 1080 piksel. Kabar baiknya adalah monitor ini dipastikan tidak membutuhkan dana yang besar untuk dimiliki layaknya monitor lain yang menggunakan teknologi panel yang sama.

Design dan Dimensi

Desain dari Monitor LED Philips Blade 2 ini bisa dibilang sangat ramping untuk monitor sekelas sehingga terlihat cantik dan anggun dengan balutan warna hitam glossy di bagian pinggir layar. Tidak semua orang menyukai material plastik glossy yang tidak hanya memantulkan cahaya secara berlebihan tapi juga mudah untuk terserang noda dan kotoran, tapi penggunaan material ini dirasa pas untuk menekan harga jual dan monitor ini juga terlihat sangat menarik. Konfigurasi tombol menu yang dibuat dengan metode sentuh serta koneksi video input semua terletak pada bagian stand monitor yang membuat stand monitor dan layar tidak bisa dilepas sehingga cukup susah ketika dimasukkan ke dalam kardus walaupun masih bisa ditekuk.

Kekurangan lainnya adalah layar monitor LED Philips Blade 2 ini minimnya viewing angle sehingga pengguna harus berada tepat di depan layar untuk mendapat hasil terbaik. Soal dimensi, monitor LED Philips Blade 2 ini berukuran 550 x 421 x 180 mm dan berat 3.05 Kg jika menggunakan stand dan 550 x 337 x 34 mm dan bobot mencapai 2.07 ketika tidak menggunakan stand. Monitor LED Philips Blade 2 bisa dibilang sangat ramping dengan berat yang ringan sehingga mudah untuk dipindah-pindah serta tidak menghabiskan ruang dengan percuma.

Performa

Selain teknologi panel IPS yang disematkan, monitor LED Philips Blade 2 ini mendukung banyak fitur canggih untuk monitor macam W-LED sebagai sistem backlight yang menjamin warna yang ditampilkan jauh lebih akurat. Dengan ukuran layar 23 inch atau 58.4 cm dengan resolusi 1920 x 1080 atau 1080p dengan frame rate mencapai 60 Hz, monitor LED Philips Blade 2 mampu menampilkan gambar, video, maupun game dengan kualitas terbaik yang tentunya disesuaikan juga dengan file sumber yang digunakan.

Waktu respon panel IPS yang jauh lebih lambat dibanding dengan panel TN dapat diminimalisir dengan fitur SmartResponse yang mampu menampilkan waktu respon sampai 5 ms sehingga para gamer yang membutuhkan waktu respon cepat saat bermain game tidak perlu khawatir akan monitor LED Philips Blade 2 ini. Selain itu, display warna yang dapat dihasilkan mencapai 16.7 M serta frekuensi scanning mencapai 30 - 83 kHz (H)/56 -75 Hz (V) menjamin kecepatan dan keakuratan warna yang ditampilkan.

Konektivitas dan Daya
Tidak adanya dukungan koneksi DVI dapat ditolerir dengan hadirnya 2 buah koneksi HDMI menemani koneksi video lama dalam koneksi VGA yang masih digunakan oleh monitor LED Philips Blade 2 ini. Adanya koneksi HDMI ini selain merupakan koneksi standar untuk resolusi 1080p, koneksi ini juga mendukung fitur audio out di mana suara dapat dihantarkan melalui kabel HDMI tanpa harus membutuhkan kabel audio lain.

Harga dan kesimpulan

Hadir dengan harga yang lumayan murah untuk monitor yang menggunakan panel IPS yaitu 2.3 jutaan membuat monitor LED Philips Blade 2 ini cukup layak untuk digunakan. Selain harga yang lumayan murah dan penggunaan teknologi panel IPS, monitor ini juga memiliki performa yang baik berkat dukungan perangkat keras yang mumpuni serta desain dan dimensi yang tidak hanya menarik dan elegan, tapi juga tipis dan ringan. Monitor ini menjadi pesaing monitor LG IPS237 yang sama-sama menggunakan teknologi panel IPS serta ukuran layar 23 inch tapi hadir dengan harga yang lebih mahal. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel