Nikon Coolpix L310 Dengan Kemampuan Zoom 21 kali

13 May 2013 10:45 9345 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Murah, meriah dan didukung kualitas serta spesifikasi mumpuni, inilah Coolpix L310 salah satu jajaran kamera prosumer keluaran Nikon. Agaknya Nikon Coolpix L310 memang cocok bagi Anda yang belum ingin memegang DSLR atau baru tahap belajar fotografi dasar. Benarkah kamera ini memiliki spesifikasi bagus dan murah namun tidak murahan? Mari simak review selengkapnya.

Dihadirkan pada bulan Februari 2012 lalu, Nikon Coolpix L310 tidak hanya dihadirkan sebagai kamera foto saja, namun juga untuk pembuatan video movie HD (High Definition). Tidak tanggung-tanggung, kamera ini didukung dengan sensor sebesar 14 Megapiksel dengan kemampuan zooming lensa mencapai 21x yang setara dengan kisaran angka 35mm dari 25-525mm. Sensor sebesar ini justru mengungguli beberapa kamera DSLR Nikon kelas Entry Level dan Mid Range.

Untuk desainnya sendiri, Nikon Coolpix L310 hadir dengan gaya kamera prosumer Nikon lainnya. Tidak terlalu besar, cukup ramping, ringan ditambah pegangan grip yang cukup terlihat kokoh. Dukungan lain yang dianggap istimewa adalah pada monitor LCD dengan ukuran 3,0 inci dengan fitur Ultra High Resolution  921.000 dot Clear Color Display serta adanya lapisan anti-refleksi. Rincian dimensi selengkapnya adalah: tinggi 3.1in. (76.5mm), lebar 4.4in. (109.9mm) serta kedalaman 3.1in. (78.4mm). sedangkan berat total dengan baterai dan kartu memori hanya mencapai 15.3 oz. (435g).

Seperti halnya kebanyakan kamera DSLR lainnya, Nikon Coolpix L310 juga sudah dilengkapi dengan fitur stabilizer. Dan kali ini tentunya Nikon menyematkan stabilizer yang disebut VR (Vibraton Reduction) yang sekiranya mampu untuk melawan goncangan agar menghindari hasil gambar yang blur. Untuk kemudahan pemotretan, kamera ini dilengkapi dengan banyak sekali scene mode dan kami hitung totalnya mencapai 20. Scene mode ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin repot-repot mengatur berbagai menu sebelum memotret. 20 scene mode dalam Nikon Coolpix L310 ini dapat digunakan sesuai kondisi, keadaan dan kebutuhan pengambilan gambar Anda. Scene mode tersebut diantaranya adalah Back Light, Close Up, Pantai, Copy, Makanan, Landscape (Pemandangan), Museum, Landscape Malam, Portrait Malam, Panorama Assist, Potret, Potret Hewan, Auto Scene Selector, Olahraga, Sunset (Sore hari), 3D Fotografi, Salju, Dusk/Dawn serta Fireworks Show.

Fitur lainnya selain 20 scene mode, Nikon Coolpix L310 juga dilengkapi dengan menu editing gambar langsung dalam kamera yang diantaranya meliputi pengeditan Crop, D-Lighting, Rotasi gambar, Skin Softening. Serta pengeditan Small Picture. Ada 7 pilihan White Balance, diantaranya adalah Auto, Cloudy, Daylight (Siang hari), Flash, Fluorescent, Incandescent serta Manual dengan kompensasi Exposure ± 2 EV in steps of 1/3. Meskipun hanya sebagai kamera prosumer, namun ternyata Coolpix L310 ini juga sanggup melakukan continous shooting atau pemotretan beruntun. Kemampuannya berkisar 4 shoot 1,2 Frame per detik (FPS). Meskipun dibawah kemampuan kamera DSLR yang sanggup menghasilkan 4 gambar 1 FPS, namun setidaknya kemampuan ini sudah termasuk lumayan untuk kelas Prosumer. Pengaturan kecepatan rana dapat Anda atur dalam kisaran angka 1/1500  hingga 1 detik dengan catatan ISO diatur dalam mode Auto dan 4 detik saat mode scene diatur ke Fireworks show. Angka ISO-nya pun berkisar dari 80 sampai 1600, dengan tingkat noise sudah ada pada angak 800 dan 1600.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Nikon Coolpix L310 tidak hanya hadir sebagai kamera foto, namun juga dapat dijadikan fasilitas perekaman video. Tidak main-main, Anda bisa merekam video berkualitas High Definition (HD) dengan suara stereo. Uniknya fitur ini tidak tersedia sekalipun pada DSLR Nikon sekelas D3000, D40, D40X, D70, dan beberapa DSLR lama Nikon lainnya. Untuk perekaman HD 1280x720p dilakukan dengan kecepatan 30 FPS, sedangkan perekaman standard TV 640x480 dilakukan dengan kecepatan 30 FPS. Masih kurang juga? Jangan salah bahwa kamera ini juga sudah dilengkapi fitur HDMI Output yang dapat dipilih dengan berbagai ukuran, mulai dari 480p, 720p, 1080i dan juga Auto.

Setiap paket pembeli Nikon Coolpix L310 Anda berhak mendapatkan bonus baterai 4 AA. Namun kemampuannya berbeda menurut merek, untuk AA Alkaline dapat untuk memotret 420 gambar, AA Lithium memotret 1130 gambar dan EN-MH sebanyak 2690 gambar. Sebagai Coolpix untuk semua, L310 tersedia dalam berbagai bahasa dunia, termasuk bahasa Indonesia. Untuk bahasa lain diantaranya adalah Arab, Portugis, Inggris, Belanda, Perancis, Denmark, Jepang, Jerman, Polandia, Rusia, Vietnam, Turki, Korea, Hindi, Cina dan lain-lain. Saat ini Nikon Coolpix L310 dibanderol dengan harga hanya 1.5 hingga 2 juta saja untuk pasaran Indonesia. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel