Sematkan Layar Sentuh - Canon eos 650d Selangkah Lebih Maju

8 May 2013 16:45 2935 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Memilih kamera digital yang oke memang susah, nah bagi kamu para pemula, kamera Canon eos 650d cocok banget buat Anda, simak alasannya mengapa.

Sebuah terobosan dilakukan oleh Canon dengan menyematkan fitur layar sentuh ke sebuah perangkat terbaru mereka, sebuah kamera DSLR. Penggunaan touchscreen ini pastinya akan menambah berbagai hal, diantaranya pengaturan fitur agar nyaman dibunakan melalui touchscreen. Tidak hanya itu, berbagai fitur tambahan juga sebetulnya turut disematkan oleh Canon, namun mungkin para fotografer amatir masih belum dapat melihat berbagai fitur unggulan ini dari sisi luar perangkat. Kamera DSLR yang sedang menjadi topik perbincangan kali ini adalah Canon EOS 650D.

Sebagai kamera yang baru diluncurkan olh Canon, keberadaan dari kamera ini tidak lepas dari pendahulunya, Canon EOS 600D. Seri sebelumnya dari kamera EOS ini memiliki desain yang tidak mengecewakan, dan masih dijual di pasar fotografi hingga saat ini. Sebagai pendatang baru, tentu saja Canon EOS 650D diperkaya dengan berbagai fitur yang telah mengalami peningkatan. Selain layar touchscreen yang fleksibel, kamera baru ini juga dilengkapi dengan mode HDR yang telah terintegrasi, koreksi lensa otomatis, dan lain sebagainya.

Dilihat dari tampilan fisik, Kamera Canon EOS 650D merupakan perangkat canggih yang masih menggunakan jendela bidikoptik, sehingga Anda dapat mengintip apa yang sedang disorot oleh si kamera. Selain itu, tidak ada tombol display yang terlihat seperti generasi pendahulunya. Pada EOS 600D, Anda dpat melihat adanya tombol display yang berfungsi untuk mengontrol power pada layar ketika Anda membidik objek langsung. Lantas bagaimana jika Anda ingin mengganti mode dari mode normal (melihat gambar melalu LCD) ke menu lain (melihat objek dengan membidik menggunakan viewfinder)?

Sederhana, kamera baru ini telah didukung oleh sensor jarak. Mendekatnya wajah kita akan terdeteksi dan kemudian akan mematikan fitur layar secara otomatis, memudahkan kita untuk membidik dengan menggunkan fitur viewfinder. Dari segi fisik, masih ada yang perlu Anda ketahui, yaitu adanya beberapa port pada bagian kiri perangkat, diantaranya konektor A/V out, HDMI, remote, dan MC input. Sementara itu, fitur pop-flash pada perangkat yang satu ini memiliki guide number 13 meter (ISO 100) dengan kompatibilitas dengan fitur wireless trigger.

Lensa

Bersama dengan acara launchingnya, Canon memperkenalkan dua lensa baru yang menggunakan motor autofokus tipe STM, yaitu EF 40mm F2.8 STM dan EF-S 18-135mm F3.5-5.6 IS STM, yang tersedia sebagai salah satu pilihan dari kamera canggih ini. Untuk perbandingan, lensa pada EF 40mm F2.8 STM dan EF-S 18-135mm F3.5-5.6 IS STM cenderung lebih pendek dari lensa pendahulunya dan memiliki diameter rear element yang lebih kecil.

Dengan motor STM ini, Canon mengklaim bahwa proses auto fokus yang terdapat pada lensa-lensa ini akan lebih sunyi, lebih cepat, dan dapat di-override secara instan. Canon EOS 650D ini juga menggunakan sensor autofokus jenis ‘hybrid’ yang menggabungkan mekanisme pada kamera mirrorless dengan mekanisme phase detect yang sering digunakan pada kamera DSLR.

Fitur

Lensa touchscreen yang disematkan pada Canon EOS 650D ini turut mengubah tampilan menu utama agar lebih mudah diakses dengan sentuhan jari. Satu keunikan dari fitur ini adalah pengaturan area fokus hanya menggunakan jari, mirip dengan kemampuan memilih area fokus pada smartphone ataupun kamera saku.

Kualitas gambar yang dihasilkan

Jangan ditanya, berbagai fitur yang disematkan Canon pada perangkat terbarunya ini sanggup mengambil gambar dengan lebih baik. Kecepatan burst Canon EOS 650D ini naik menjadi 5 FPS. Dengan prosesor Digic 5 yang mengolah gambar dari resolusi 18 megapiksel, kamera ini mampu untuk bekerja dengan baik, meskipun memiliki satu fitur yang cukup berat, yaitu ISO 25600 (expanded). Fitur HDR yang diematkan pada prangkat canggih ini mampu menghasilkan gambar dengan bersih meskipun digunakan di tingkatan ISO yang lumayan tinggi.

Jika dibandingkan dengan foto yang diambil pada mode exposure normal, hasil dari pengambilan gambar menggunakan mode HDR menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan. Secara detil, spesifikasi dari Canon yang satu ini sudah termasuk kualitas unggulan, dan untuk kamera DSLR yang tergolong baru, Canon EOS 650D ini pasti akan mengejutkan Anda dengan berbagai kelebihan-kelebihannya.[BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel