Review Camcorder Panasonic HD HC-X900M

3 May 2013 10:00 2277 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

HC-X900M adalah pengganti untuk produk camcorder Panasonic HD HDC-TM900 pada tahun lalu, tetapi jika Anda mencari fitur-fitur terbaru atau update yang menarik sebaiknya Anda bersiap untuk kecewa. Selain dari sedikit perubahan desain dan beberapa perubahan kecil pada lensa dan sensor, HC-X900 mirip dengan pendahulunya.

HC-X900M adalah pengganti untuk produk camcorder Panasonic HD HDC-TM900 pada tahun lalu, tetapi jika Anda mencari fitur-fitur terbaru atau update yang menarik sebaiknya Anda bersiap untuk kecewa. Selain dari sedikit perubahan desain dan beberapa perubahan kecil pada lensa dan sensor, HC-X900 mirip dengan pendahulunya. Berdasarkan pada tes, kamera video tersebut tidak menawarkan perubahan yang besar dalam performa atau kualitas gambar dan tidak memiliki fitur baru apapun yang tersedia pada TM900.

Desain

Selain dari sedikit perubahan dan bingkai yang agak lebih berat, camcorder Panasonic HD HC-X900M terlihat sangat mirip dengan pendahulunya. Sejak peluncuran HDC-TM300 beberapa tahun lalu, Panasonic nampaknya telah tepikat dengan desain dari produk kamera tersebut. HC-X900M yang baru terlihat hampir sama dengan pendahulu-pendahulunya, dan kamera video tersebut tetap menyertakan buku panduan cincin lensa Panasonic yang dipatenkan, serta ada microphone 5.1-channel surround sound.

Kamera video ini tidak terlihat begitu mewah, tetapi ini merupakan model yang diciptakan untuk kelas menenga dan begitulah apa adanya. Dengan desain yang lebih berguna, walaupun sedikit lebih berat dan kokoh dari model tahun lalu, TM900M dan batang tubuhnya dilapisi dengan matte (plastik atau kayu untuk melindungi permukaan) yang membuat sidik jari tidak membekas dengan mudah. Ukuran tambahan dari X900M membuat kamera video tersebut sedikit lebih tidak nyaman dipegang daripada model Panasonic sebelumnya, namun produk tersebut masih tetap salah satu kamera video terbaik dalam hal pegangan dan kenyamanan.

Lensa & Sistem Penggambaran

HC-X900M mempunyai pengaturan yang sama dari tiga 1/4.1-inch sensor CMOS seperti HDC-TM900 tahun lalu, namun Panasonic membuat beberapa perubahan pada penghitungan efektif pixel pada kamera videonya. Faktanya, Panasonic menurunkan keefektifan penghitungan pixel pada kamera video X900 yang baru dibandingkan dengan pendahulunya. Pada pengujian menunjukkan bahwa pengurangan dalam penghitungan pixel ini tidak membuat video X900 terlihat kurang tajam, tapi ada sedikit perubahan pada tingkatan noise dan kesensitifitasan cahaya rendah dibandingkan dengan TM900.

Lensa pada camcorder Panasonic HD HC-X900 juga sedikit diubah oleh Panasonic, lensa kamera video yang baru memiliki rentang jarak kefokusan yang berbeda ketika menahan jarak lubang lensa yang sama seperti pendahulunya. Jika Anda ingin melihat penambahan ukuran layar pada HC-X900M, Anda tidak akan menemukan apa yang dicari. Kamera video ini memiliki ukuran layar LCD 3.5-inch yang sama seperti pendahulunya (HDC-YM900), namun Panasonic menambah resolusi pada layar yang baru seperti sekarang meningkat dengan 1.150.000 pixel. Hal ini membuatnya berada pada jarak yang sama dengan LCD pada produk kamera video Canon dan Sony.

Panasonic juga menambahkan kaca berkemampuan untuk melihat 3D pada layar X900, fungsi ini hanya berguna jika Anda membeli konvertor lensa VW-CLT2 3D. Dengan lensa 3D yang terpasang (atau saat melihat konten 3D yang terekam pada kamera video) Anda bisa menonton film 3D tanpa bantuan kacamata 3D. Efeknya tidak terlalu bagus dan itu merupakan teknologi yang sama yang pernah dilihat pada kamera video 3D Sony HDR-TD10 dan JVC GS-TD1 yang diluncurkan tahun lalu.

Apakah lubang bidik kamera membuat kemunculan kembali pada konsumen kamera video? Mungkin tidak, tetapi Panasonic masih memilih untuk menyertakannya pada HC-X900M. Masih biasa saja bagi manufaktur untuk menyertakan lubang bidik kamera pada model-model produknya, jadi EVF pada sebuah kamera video seperti X900 tidak begitu aneh. Lubang bidik kamera memanjang dari kamera video separuh inch atau lebih, namun lubang bidik kamera tidak bisa ditarik ke atas atau diputar. Secara keseluruhan, lubang bidik kamera juga tidak begitu nyaman digunaka, umumnya karena kekakuannya, lubang untuk mata yang terbuat plastik keras.

Konektivitas

Pada bagian kanan dari kamera video Anda akan menemukan lubang microphone 3.5mm dan lubang headphone, keduanya berada di belakang label di dekat X900M bagian depan. Tepat di atas penutup port, ada lubang kecil yang pas dengan adapter kamera video, ini berarti X900M tidak memiliki aksesoris pendingin bawaan. Anda harus menyelipkan adapter sebelum Anda bisa mencabut aksesoris pada kamera video, hati-hati karena adapter juga sangat mudah terlepas. Port terakhir pada kamera video adalah DC-input yang digunakan untuk mengisi pak baterai atau mematikan tenaga pada X900M. Kamera video dengan adapter tenaga AC yang menghubungkan ke port ini berada di bagian belakang X900M.

Baterai

Fitur-fitur Panasonic khususnya baterai sedikit aneh, hanya karena baterai tersebut muat pada sisi kamera video. Ini bukanlah masalah besar, namun mungkin agak sedikit membingungkan pada saat pertama atau kedua kali Anda melepas atau memasukkan pak baterai. Tombol pelepas baterai yang berada di dalam lubang LCD kurang begitu pas sehingga Anda harus membuka panel LCD untuk melepas baterainya. Di luar dari masalah-masalah kecil tersebut, baterai pada HC-X900M cocok untuk sebuah produk kamera video, kompartemennya juga lebar artinya pak baterai yang lebih besar bisa digunakan pada kamera video tersebut, selalu menjadi hal yang bagus.

Warna

Kamera video pada HC-X900M tidak menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam beberapa tes gambar dan dalam beberapa tes ini bahkan lebih buruk daripada TM900 tahun lalu. Meskipun HC-X900M berhasil dengan sangat baik dalam tes secara keseluruhan.

Sejujurnya, performa warna pada HC-C900M begitu kuat untuk sebuah produk kamera video. Kesalahan warna berada pada kisaran rendah sekitar 3.63 dan tingkat saturasi dengan 85%, tidak terlalu banyak kedalaman warna ketika menghasilkan vibrating tones. Apa yang terjadi? Bagaimanapun fakta bahwa kamera video tersebut lebih buruk daripada Panasonic TM900 tahun lalu. Model TM900 lebih sedikit melakukan kesalahan warna dan saturasi warna yang hampir mendekati sempurna 99%. Beberapa pengguna mungkin lebih memilih menurunkan tingkat saturasi pada HC-X900M, dan karena Anda bisa masuk ke dalam sistem menu dan bermain dengan kedalaman warna, tidaklah masalah. Sedikit penurunan di keakurasian warna dibandingkan TM900 tahun lalu sangat mengejutkan, tetapi perbedaannya tidak terlalu besar untuk menghasilkan dampak visual yang besar.

Gerakan

Panasonic adalah salah satu manufaktur yang menyertakan perekam video 1080/60p pada kamera video konsumennya, jadi pilihan tersebut bukanlah hal baru bagi perusahaan. Hasilnya luar biasa saat pengambilan video 1080/60p: gerakan yang halus, artifacting yang sedikit dan hanya ada sedikit kabur serta kelebihan warna yang terlihat. Satu hal yaitu tes gerakan HC-X900M terlihat tanpa perbedaan dibandingkan contoh 60p video dari TM900 tahun lalu. Kurangnya peningkatan ini tidaklah terlalu mengejutkan, hasilnya sudah luar biasa bagus. Sulit untuk membayangkan kemajuannya akan seperti apa bentuknya.

Terlihat adanya peningkatan dalam gerakan dan ketajaman saat pengambilan video dengan mode rekam 1080/60p di HC-X900, nampaknya Panasonic bisa memberi perbaikan pada mode pengambilan video biasa, dan mungkin sensor baru atau prosesor yang melakukannya. Kemajuannya sangatlah sedikit, meskipun dalam satu hal hasil X900M yang baru terlihat lebih baik dibandingkan kamera video Panasonic sebelumnya.

Kesimpulan

Panasonic tahu pasti bagaimana membuat produk kamera video yang solid dengan pertimbangan konsumen dan semi-profesional, dan tentu saja HC-X900M yang baru benar-bena kamera video kelas tinggi yang menakjubkan. Sayangnya, produk tersebut masih kurang memuaskan namun terima kasih kepada Panasonic dengan memperbarui kekurangan dan kemajuan HDC-TM900 tahun lalu.

Performa tes memastikan bahwa HC-X900M tidak menunjukkan peningkatan apapun dalam hal kualitas gambar. Jika Anda mencari versi terbaru dari Panasonic TM900 atau TM700 mungkin seharusnya Anda tidak perlu memiliki ini. Tapi HC-X900M adalah kamera video Panasonic yang memiliki pengendali manual, kualitas gambar yang bagus dengan mode rekam 1080/60pnya, dan kamera ini juga memiliki kemampuan untuk merekam video 3D, namun Anda harus membeli konverter lensa untuk melakukannya.

Pada tahun 2010, Panasonic luar biasa inovatif dengan meluncurkan kamera video 1080/60p untuk pertama kalinya, HDC-TM700 dan memamerkan kamera video 3D yang belum pernah ada sebelumnya HDC-SDT750. Sejak saat itu, hanya ada pembaharuan kecil dan perbaikan yang biasa saja dan produksi yang statis ini membuat beberapa pihak tidak begitu berharap dari HC-X900M. [HAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel