Sony Handycam 4K - Prototype Camcorder Masa Depan Dari Sony

22 Apr 2013 18:30 3018 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
4K Handycam Concept Camera dari Sony merupakan ide yang bagus, tapi teknologi ini masih terlalu dini untuk diterapkan.

Sony Handycam 4K Concept Camera dari Sony merupakan ide yang bagus, tapi teknologi ini masih terlalu dini untuk diterapkan. Konferensi pers Sony pada 2013 Consumer Electronics Show sedikit lebih diam dari biasanya. Sony memiliki satu pesan yang sangat konsisten: 4K adalah masa depan, dan Sony siap melayani teknologi tersebut.

Selain pada televisi, Sony juga berjanji menerapkan teknologi 4K pada handycam-nya. Kami mampu melihat model konsep 4K, serta membahas beberapa kemungkinan terkait beberapa contoh produk Sony.

Paseban mohon maaf atas kurangnya spesifikasi di sini, karena banyak yang telah diselesaikan tentang kamera ini. Sangat jarang bagi perusahaan untuk menunjukkan konsep yang sangat dini, tetapi mengingat kelahiran teknologi consumer 4K, kami merasa Sony Handycam 4K ini layak dibahas.

Desain & Kegunaan

Handycam dengan bentuk yang tidak seperti handycam pada umumnya. Melihat konsep kamera 4K, sama sekali tidak terlihat bahwa Sony bertujuan menciptakan banyak perangkat "comsumer”; konsep terlihat persis seperti kamera prosumer dan profesional dari Sony, penuh dengan cincin kontrol ganda, tombol fisik, monitor, jendela bidik, dan pegangan di atas. Ketika kami berpikir "Handycam," ini merupakan bentuk yang tidak biasa. Perbandingan tingkat consumer yang paling jelas yang dapat kami pikirkan adalah Sony HDR-FX1000, kamera high-end MiniDV yang masih bisa dibeli di toko Sony dengan harga sekitar $3.000.

Fitur khusus consumer yang dapat kami lihat pada handycam kebanyakan telah dimasukkan ke sisi kamera. Faktanya adalah, baik karena pilihan atau keharusan, kamera 4K dari Sony kemungkinan akan memerlukan pengguna yang cukup cerdas untuk mengoperasikannya. Sekali lagi, semua ini dapat berubah karena ini bukanlah final. Akan tetapi, jelas bahwa pengadopsian 4K yang terlalu dini membuat kontrolnya menjadi seperti perangkat prosumer dibandingkan camcorder compact yang biasanya disebut "Handycam”.

Fitur

Format XAVC dari Sony cukup menjanjikan, tapi rumit. Satu-satunya hal yang kami tahu mengenai camcorder consumer 4K dari Sony adalah camcorder tersebut menyajikan fisik yang luar biasa, kontrol manual, dan camcorder tersebut akan merekam 4K. Tanpa spesifikasi dan bahkan desain final, kami dibiarkan untuk berspekulasi tentang apa yang mampu dibuat kamera ini ketika memasuki pasar. Satu-satunya informasi yang bisa kami peroleh ketika menguji kamera ini adalah bahwa Sony berencana untuk menggunakan pengkodean video XAVC, yang sesuai dengan H.264 level 5.2.

XAVC adalah format baru yang dirancang oleh Sony yang dapat merekam 4K (baik di bioskop standar 4096 × 2160 atau standar de facto consumer 3840 × 2160) dengan subsampling warna 4:2:2 sampai dengan 60 frame per detik. Formatnya adalah media yang ramah, tetapi dengan 4K bitrate berkisar dari 240Mbps (24p) hingga 600Mbps (60p), dan maksimal 960Mbps . Format ini sudah digunakan pada camsorder F5 dan camcorder professional 4K F55 dari Sony, sehingga ide plug and play untuk consumer tidak terlalu jauh. Namun, Anda dapat menduga video XAVC akan menggunakan banyak hard drive. Menurut Sony, sebuah 128GB SxS Pro+ kartu Sony akan mampu menyimpan rekaman 4K pada 60 fps maksimal selama 20 menit.

Apakah biaya tersebut layak bagi consumer? Bahkan bagi Anda yang tidak ingin memanfaatkan tampilan 4K, format akan memberikan kualitas dan fleksibilitas yang luar biasa dengan kemampuannya untuk merekam full HD di framerate yang lebih cepat. Sony juga telah menyatakan bahwa mereka bekerja dengan pengembang NLE untuk memastikan bahwa mereka didukung dengan program seperti Adobe Creative Suite, Avid, Final Cut Pro, dan Sony Vegas milik mereka sendiri.

Kesimpulan

Sekilas menuju 4K di masa depan. 4K akan datang. Itulah pesan setiap perusahaan display. Jika Anda hanya memperhatikan perusahaan seperti LG, Sony, dan Samsung, Anda akan berpikir bahwa 4K sudah tersedia di produk terbaik yang Anda beli. Akan tetapi, sungguh, hal tersebut masih telalu dini. Untuk semua desas-desus mengenai 4K dalam hal tampilan, ada sedikit berita berharga tentang camcorder yang dapat merekam video 4K.

Sony, mampu melihat dengan jelas sebuah wilayah baru di mana mereka dapat mengibarkan bendera. Kamera Konsep 4K yang telah ditampilkan di sini merupakan produk baku. Sony melihat kebutuhan untuk menunjukkan bahwa 4K adalah teknologi yang dapat diterapkan untuk produk consumer seperti penerapan HD.

Apakah kamera konsep 4K yang telah mereka tunjukkan akan mencapai hal tersebut? Mungkin tidak. Dengan asumsi sesuatu seperti ini pernah berada di pasaran, faktor bentuknya yang tentu lebih ditujukan kepada penggemar video dibandingkan penggunaan consumer sehari-hari; kami tidak bisa membayangkan menerapkan teknologi ini untuk permainan sepak bola anak Anda. Namun, kami tidak sepenuhnya yakin hal tersebut penting. Jika ada, gagasan camcorder 4K lower-end akan menarik bagi Anda yang mencari produk untuk merekam video dengan kualitas luar biasa tinggi tanpa penerapan model pro. Dengan kompetitor yang bersaing dalam hal biaya seperti JVC GY-HMQ10 yang tersedia di kisaran harga $5.000, 4K mungkin tidak terlalu jauh untuk Anda jangkau. [HAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel