Review Lensa Nikon Nikkor 105mm f/2.8 VR Micro

18 Apr 2013 14:00 3404 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Alternatif memotret makro bagi pemula mungkin cukup dengan menggunakan *extension tube* maupun filter *close-up* yang dipasang pada lensa. Namun untuk fotografer pro agaknya kurang pas jika hanya menggunakan komponen tersebut, artinya memang mau tidak mau harus menggunakan lensa khusus untuk pemotretan makro. Untuk pengguna DSLR Nikon ada opsi lensa makro yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik, yakni lensa Nikkor 105mm Micro f/2.8 VR.

Alternatif memotret makro bagi pemula mungkin cukup dengan menggunakan extension tube maupun filter close-up yang dipasang pada lensa. Namun untuk fotografer pro agaknya kurang pas jika hanya menggunakan komponen tersebut, artinya memang mau tidak mau harus menggunakan lensa khusus untuk pemotretan makro. Untuk pengguna DSLR Nikon ada opsi lensa makro yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik, yakni lensa Nikkor 105mm Micro f/2.8 VR.

Produk ini merupakan lensa keluaran produsen Nikon yang diluncurkan pada tahun 2006 dan hanya khusus untuk dipakai pada fotografi makro. Lensa ini didukung dengan panjang fokal yang tetap pada kisaran angka 105mm dan tentunya sudah dilengkapi dengan fitur stabilizer VR (Vibration Reduction). Nikkor 105mm Micro f/2.8 VR ini memang sudah cukup populer dikalangan fotografer pro untuk urusan memotret makro karena memiliki kemampuan reproduction ratio mencapai 1:1.

Bagian desain, lensa ini cukup terlihat kokoh dan agak berat seperti umumnya lensa makro. Hanya saja tidak tersedia fitur putaran zoom pada lensa karena pihak produsennya sengaja merancang dengan panjang focal yang tetap 105mm atau sekitar 157mm pada kamera seri DX. Rincian dimensi lensa adalah (Approx.) 3.3 x 4.6 in. (Diameter x Length) 83 x 116mm (Diameter x Length). Fitur putaran praktis hanya tersedia pada bagian putaran manual fokus atau focus ring dan ditambah sebuah jendela untuk informasi skala fokus. Nikkor 105mm f/2.8 VR mempunyai sebanyak tiga tuas selektor di bagian samping body lensa ini, di antaranya adalah M/A-M untuk opsi manual fokus, auto fokus, serta selektor focus-range dan selektor on-off untuk VR. Karena sudah tertulis f/2.8 tentunya lensa ini memiliki kemampuan bukaan maksimal di f/2.8 dan minimal pada angka f/57 (posisi 1:1).

Nikon mengklaim bahwa lensa ini mampu memberikan gambar yang cukup tajam namun tetap terlihat alami untuk setiap genre fotografi. Panjang fokus lensa ini juga menawarkan kinerja yang cukup bagus pada saat pengambilan berbagai gambar close-up seperti bunga, serangga dan satwa liar kecil lainnya. Bisa dianggap Nikkor 105mmf/2.8 VR merupakan medium-telephoto angle-of-view yang sanggup menciptakan potret yang indah. Dijamin lensa ini mampu untuk memberdayakan potensi penuh dan kecanggihan kamera DSLR Nikon.

Berikut ini adalah beberapa teknologi-teknologi terbaru yang sudah disematkan pada Nikkor 105mm f/2.8 VR Micro ini:

  • VR (Vibration Reduction): untuk lensa kit kelas pemula dari Nikon umumnya sudah disertai dengan fitur ini. Tentunya Nikkor 105mm f/2.8 VR Micro juga sudah tersedia, VR merupakan teknologi untuk lensa yang mampu meningkatkan stabilitas gambar dan secara otomatis mengkompensasi guncangan pada kamera. Anda bisa lihat pada body lensa yang tertulis VR.

  • Silent Wave Motor: teknologi terbaru Nikon yang membuat lensa memiliki kemampuan untuk mengganti modus fokus dari auto focus ke manual focus secara mudah dan cepat hanya dengan memutar focusing ring, tanpa harus mengganti modus focusing seperti pada lensa AF-D.

  • Nano Crystal Coat: sebuah teknologi yang diaplikasikan dengan lapisan anti-reflektif pada lensa sehingga mampu meminimalkan ghosting dan internal flare sehingga foto yang dihasilkan bisa lebih jernih (clarity). Nano Crystal Coat sanggup menghilangkan refleksi elemen lensa internal di berbagai panjang gelombang.

  • ED (Extra-Low Dispersion) Glass: dengan teknologi ED Glass, lensa ini menjadi lensa dengan chromatic aberration minimal, sehingga tidak menyebarkan cahaya yang membuat munculnya chromatic aberration pada hasil foto. Selain itu teknologi ini juga dapat menjadi koreksi optimal terhadap penyimpangan warna.

  • M/A: sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya beralih dari auto focus ke manual fokus dengan tidak ada jeda waktu karena hanya dilakukan dengan memutar ring fokus pada lensa.

  • IF (Internal Focusing): dengan fitur ini lensa mampu mencari fokus dengan cepat karena cukup dengan menggerakkan elemen-elemen internal tanpa harus menggerakkan barel lensa atau tanpa menggerakkan maupun memanjangkan bagian depan lensa.sudah terbukti bahwa lensa dengan fitur IF ini mampu mencari fokus lebih cepat jika dibandingkan lensa non IF.

Salah satu kelebihan lain dari Nikkor 105mm Micro f/2.8 VR adalah tersedianya kode G yang berarti tidak lagi menggunakan selektor diafragma manual. Kekurangan dari fitur tersebut justru membuat lensa ini sudah tidak kompatibel dengan kamera SLR film lama non digital. Pada bagian lensa juga memiliki diameter filter 62mm, sedangkan di bagian dalam terdapat 14 elemen lensa termasuk satu lensa ED.

Lensa canggih ini tentunya tidak dibanderol dengan harga murah, harga penjualan lensa ini di Amerika utara berkisar hingga US$984.95, atau hampir Rp 10 juta. Anda bisa menggunakan lensa ini untuk DSLR Nikon dari jenis FX, DX dan FX in DX Crop Mode. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel