Canon Pixma iP1200, Printer Inkjet Murah dengan Tiga Warna

17 Apr 2013 11:00 13784 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk Anda yang butuh printer inkjet dengan harga yang terjangkau, produk yang satu ini bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli. Canon Pixma iP1200 merupakan salah satu printer inkjet paling murah yang ada di pasaran, namun bukan berarti kualitas cetak yang diberikan juga harus mengikuti harga yang dipasang.

Untuk Anda yang butuh printer inkjet dengan harga yang terjangkau, produk yang satu ini bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli. Canon Pixma iP1200 merupakan salah satu printer inkjet paling murah yang ada di pasaran, namun bukan berarti kualitas cetak yang diberikan juga harus mengikuti harga yang dipasang. Untungnya, printer ini menggunakan tiga macam tinta yang dapat menghasilkan kualitas cetak foto dan tulisan yang tidak buruk. Printer ini juga memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak akan memakan tempat yang banyak jika diletakkan di atas maupun di bawah meja kerja Anda, dan tentunya tidak akan mengganggu pemandangan karena desainnya yang sederhana namun cantik untuk dipandang mata.

Harga yang murah tentu memberikan beberapa keterbatasan yang harus ditanggung printer Canon Pixma ini. Driver dari printer ini tidak memungkinkan penggunanya untuk mengutak atik pengaturan dari foto atau tulisan yang akan dicetak, namun hanya memberikan beberapa pengaturan yang tersimpan di dalam printer untuk mengoptimalkan pencetakan dan tidak lebih. Namun, kemampuannya untuk dapat mencetak tanpa batasan kertas (borderless) patut diacungi jempol untuk printer dengan kelas seharga ini, karena fitur tersebut seringkali tidak dapat ditemui di printer murah karena kemampuannya yang terbatasi oleh harga yang memungkinkan biaya produksi ditekan seminimal mungkin.

Penggunaan tiga macam tinta di printer Canon Pixma iP1200 yang unik ini ternyata juga berbeda dibandingkan printer lainnya. Jika printer ini menggunakan tiga macam tinta, hampir semua printer di pasaran telah menggunakan empat macam tinta yang bisa dikombinasikan untuk menghasilkan jutaan macam gradasi warna yang berbeda. Bahkan printer foto yang baik akan menggunakan enam hingga delapan macam warna tinta yang berbeda-beda. Kini, sudah hampir tidak ada lagi printer ukuran kertas A4 yang menggunakan hanya tiga macam tinta yang berbeda, meskipun demikian hasil cetak dari printer ini tidak bisa dibilang jelek, walaupun bukan termasuk yang paling bagus juga. Hasil cetak tulisan nampak cenderung memiliki warna abu-abu dan lebih terlihat pudar dibandingkan printer lainnya yang memiliki tinta warna hitam tersendiri.

Pencetakan menggunakan warna akan sangat mungkin menghasilkan penumpukan warna yang akan menghasilkan garis-garis terang dan gelap yang muncul di dalam gambar yang dicetak, sebuah tanda printer yang memiliki kualitas bukan yang terbaik. Untuk urusan mencetak foto, sekilas foto yang dicetak akan nampak baik, namun ketika dibandingkan dengan file foto aslinya maka akan segera nampak bahwa hasil cetakan dari printer Canon Pixma iP1200 ini sedikit meleset dalam hal warna, dengan kecenderungan warna kuning yang lebih dominan, dan detil yang luput dari pencetakan jika dibandingkan dengan hasil cetak printer yang lebih mahal. Gambar yang berwarna-warni justru terlihat terlalu cerah, dan ketidakmampuan printer ini untuk menghasilkan warna yang lebih kaya membuat detil dari gambar seringkali tidak nampak di hasil cetaknya.

Untuk urusan kecepatan mencetak, printer Canon Pixma ini memiliki kecepatan mencetak hingga 2,7 kertas per menitnya jika mencetak teks dengan kualitas standar, dan memiliki kecepatan yang lebih lambat pada ukuran 1,7 kertas per menitnya jika digunakan untuk mencetak file bergambar. Jika digunakan untuk mencetak foto ukuran A4, maka printer ini akan memakan waktu sekitar kurang dari 5 menit untuk dapat mencetak satu halaman saja.

Dilihat dari kualitas tersebut, maka bisa dikatakan printer yang satu ini bertindak sesuai dengan harganya. Meskipun bukan waktu yang memuaskan dan tidak secepat seperti yang diklaim oleh Canon pada promo printer ini, namun hasil tersebut bukan hasil cetak yang paling lambat pula jika dibandingkan dengan printer lainnya. Namun mungkin untuk ukuran masa kini, waktu cetak tersebut sudah cukup ketinggalan dibandingkan printer-printer keluaran terbaru, bahkan yang memiliki harga murah sekalipun. Biaya cetak yang dihasilkan oleh printer ini tidak terlalu buruk, dilihat dari kemampuannya mencetak cukup banyak dalam sekali pembelian tinta yang dibutuhkan. Secara keseluruhan, printer ini bisa memadai untuk kebutuhan mencetak yang tidak mendesak mengingat harganya yang murah, namun sebagai printer utama, rasanya Anda harus mempertimbangkan produk lainnya. [KEV]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel