Printer Canon Pixma PRO-100, Printer Foto Terbaik Bagi Para Fotografer Amatir

15 Apr 2013 18:00 6242 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Printer Canon Pixma PRO-100 mungkin saja bisa disebut sebagai junior dalam jajaran printer foto inkjet professional buatan Canon, namun printer ini tetap dapat menghasilkan cetakan foto dengan kualitas tinggi. Printer ini mampu mencetak foto hingga ukuran maksimal 13 x 19 inch.

Printer Canon Pixma PRO-100 mungkin saja bisa disebut sebagai junior dalam jajaran printer foto inkjet professional buatan Canon, namun printer ini tetap dapat menghasilkan cetakan foto dengan kualitas tinggi. Printer ini mampu mencetak foto hingga ukuran maksimal 13 x 19 inch. Boleh dibilang, printer ini sangat cocok bagi para fotografer amatir yang lebih menekankan sisi hobi ketimbang pemotretan yang serius.

Printer Canon Pixma ini memiliki ukuran 8,6 x 27,2 x 15,2 ketika ditutup, lebih besar ketimbang pesaingnya yaitu printer Epson Stylus Photo R2000. Sayangnya, printer ini tidak disertai dengan LCD sehingga berbagai macam instruksi dan data seperti jumlah tinta hanya bisa dilihat lewat layar komputer tempat Anda mencetak. Untuk konektivitas, printer ini menawarkan fasilitas Wifi, Ethernet, serta USB.

Printer Canon Pixma PRO-100 ini menggunakan 8 buah tanki tinta, yaitu warna hitam, light gray, kuning, magenta, cyan, dan photo cyan. Jumlah tangki ini masih lebih sedikit ketimbang printer foto kelas atas seperti Canon Pixma PRO-1 yang memiliki tangki tinta sebanyak 12 buah. Kapasitas tanki yang dimiliki oleh printer Canon Pixma PRO-100 ini juga hanya 13 ml, jauh lebih sedikit ketimbang Canon Pixma PRO-1 yang mampu menampung tinta sebanyak 36 ml.

Printer Canon Pixma PRO-100 ini memiliki 2 paper tray, yaitu rear tray untuk berbagai macam kertas foto dan sebuah slot manual untuk media yang lebih tipis. Anda juga dapat langsung mencetak label CD, DVD, dan Blu-Ray disc melalui printer ini.

Kecepatan

Untuk masalah kecepatan, mungkin kebanyakan orang lebih menyukai printer yang mampu mencetak dengan cepat. Akan tetapi untuk masalah kualitas, biasanya printer foto yang lebih lambat akan menghasilkan kualitas yang lebih baik. Printer Canon Pixma PRO-100 ini dapat mencetak foto berukuran 4 x 6 dalam waktu 1 menit 17 detik, sementara foto berukuran 8 x 10 mampu dicetak dalam waktu 2 menit 1 detik. Waktu pencetakan tersebut lebih lambat ketimbang printer pesaing yang ada di kelasnya yaitu Epson R2000 yang mampu mencetak foto yang sama dalam waktu 51 detik untuk ukuran 4 x 6, dan 1 menit 42 detik untuk ukuran 8 x 10.

Kualitas Cetakan

Rasanya tidak akan ada satupun orang yang membeli printer Canon Pixma PRO-100 ini untuk mecetak teks, namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk menggunakan printer ini untuk mencetak teks. Pasalnya, printer ini mampu mencetak teks jauh lebih baik ketimbang printer inkjet kelas atas, terutama untuk mencetak font yang berkualitas tinggi.

Untuk urusan mencetak foto tentu saja printer ini mampu menghasilkan kualitas cetakan foto yang aduhai. Dalam bebrapa tes, printer Canon Pixma PRO-100 ini mampu mencetak secara detail area yang terang dan gelap, serta mencetak wajah dengan sempurna. Walaupun terdapat sedikit tint ketika mencetak foto monokrom, namun rasanya hanya seorang perfeksionis dalam urusan foto sajalah yang dapat menyadarinya.

Sayangnya, printer ini memiliki kekurangan ketika mencetak foto yang memiliki latar belakang yang gelap jika dibandingkan dengan hasil cetakan dari foto printer Canon Pixma PRO-1. Namun hal tersebut tampaknya sangat wajar mengingat printer foto kelas atas tersebut memiliki 12 tanki tinta, di mana 5 tanki diantaranya merupakan tanki tinta untuk berbagai macam warna hitam dan abu-abu. Secara keseluruhan, kualitas foto yang dihasilkan oleh printer ini sangatlah memuaskan.

Jika Anda tertarik untuk memiliki printer Canon Pixma PRO-100 ini, Anda harus mengeluarkan uang sekitar $399 atau sekitar 4 juta rupiah. Harga tersebut rasanya sudah cukup murah untuk printer foto dengan kualitas yang sangat baik seperti ini. Selain itu, printer ini juga memiliki konektivitas yang sangat lengkap, dari mulai USB, Ethernet, hingga Wifi.

Jika Anda ingin memiliki printer foto yang lebih baik, maka Anda dapat memilih Canon Pixma PRO-1 yang mampu mencetak dengan sangat baik foto-foto yang gelap atau memiliki banyak unsur warna hitam. Walaupun harganya hampir dua kali lipat dari harga Canon Pixma PRO-100, namun printer tersebut memiliki biaya untuk tinta yang lebih murah. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel