Dell UltraSharp U3014 - Monitor High Resolution Ciamik dari Dell

15 Apr 2013 23:30 3699 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk kesekian kalinya Dell berhasil memikat para penggunanya dengan monitor-monitor canggih keluarannya. Kali ini Dell mengeluarkan sebuah monitor seri UltraSharp yang diberi nama Dell UltraSharp U3014.

Untuk kesekian kalinya Dell berhasil memikat para penggunanya dengan monitor-monitor canggih keluarannya. Kali ini Dell mengeluarkan sebuah monitor seri UltraSharp yang diberi nama Dell UltraSharp U3014. Monitor Dell ini membawa beberapa fitur baru seperti LED Backlight, USB 3.0, dan juga pixel response yang lebih cepat. Monitor IPS ini juga menyuguhkan warna serta grayscale reproduction yang akurat, plus viewing angle yang sangat baik.

Desain dan Fitur

Dari segi desain, monitor Dell UltraSharp U3014 ini memiliki kemiripan dengan versi Dell U3011. Panel IPS beresolusi 2560 x 1600 ini berdiri di atas sebuah cabinet berwarna hitam. Panel itu sendiri dibalut oleh bezel hitam dengan sudut membulat dan logo Dell yang mengkilap di bagian bawahnya.

Terdapat lima buah tombol dan sebuah tombol power di bagian kanan bezel. Semua tombol tersebut sangatlah sensitive. Jika Anda mendekatkan jari Anda tanpa menyentuh tombol tersebut, maka tombol paling bawah akan berkedip-kedip. Jika Anda menyentuh tombol yang berkedip tersebut, maka semua tombol lainnya aakan menyala dan akan membuka on-screen menu di layar. Navigasi semacam ini sangatlah membantu jika Anda berada di ruangan gelap dan Anda kesulitan untuk membaca label yang ada di setiap tombol.

Dell melengkapi monitor Dell UltraSharp U3014 ini dengan berbagai macam teknologi I/O terbaru dan membuang berbagai macam port "jadul”. Anda tidak akan menemukan port VGA, port HDMI sekunder, dan juga port DVI pada monitor ini. Pasalnya, monitor ini hanya dilengkapi dengan full-size DisplayPort input, mini DisplayPort input, DisplayPort output, sebuah HDMI input, dan sebuah dual-link DVI input. DisplayPort output digunakan untuk Multi-Stream Transport (MST) yang berguna untuk menghubungkan beberapa monitor sekaligus.

Monitor ini juga menyediakan lima port USB 3.0 (1 upstream, 4 downstream) yang menggantikan fungsi USB 2.0. Dua dari port USB tersebut ditempatkan di sebelah kiri cabinet bersama slot 6-in-1 card reader. Terakhir, terdapat sebuah audio output dan dua power jacks, satu untuk monitor dan satunya lagi untuk Dell Soundbar.

Monitor Dell UltraSharp U3014 ini dilengkapi dengan berbagai macam pilihan seting gambar. Terdapat 8 pilihan gambar yang dioptimalisasi untuk berbagai macam kebutuhan, seperti Standard, Multimedia, Movie, Game, Paper, Color Temp, Color Space, dan Custom Color. Opsi paper akan mengatur brightness dan sharpness agar monitor dapat digunakan untuk membaca teks. Sementara opsi Custom Color dapat Anda gunakan untuk mengatur secara manual settingan RGB , Gain, Offset, Hue, dan saturation. Terdapat juga setting lain yang dapat Anda atur seperti Gamma, sharpness, noise reduction, dan aspect ratio (aspek rasio awal adalah 16:10).

Performa

Monitor Dell UltraSharp U3014 menyuguhkan sebuah performa yang menakjubkan. Dalam sebuah grayscale test, monitor ini mampu menampilkan setiap sample gray secara bersih dari mulai terang hingga gelap. Kualitas warna yang ditampilkan juga sangat impresif karena monitor ini mampu menampilkan setiap warna dengan akurat.

Seperti kebanyakan panel IPS lainnya, monitor Dell UltraSharp U3014 ini juga meyuguhkan viewing angle yang sangat luas. Artinya Anda aka tetap melihat gambar serta warna yang jernih dan bersih meskipun Anda melihatnya dari angle yang cukup jauh.

Monitor Dell UltraSharp U3014 sebenarnya tidak ditujukan bagi para gamer, namun bukan berarti Anda tidak bisa menikmati game di monitor ini selama berjam-jam. 6-millisecond pixel response yang dimiliki oleh monitor ini mampu meng-handle gerakan cepat yang ada pada sebuah game. sayangnya, Anda harus membeli sendiri sebuah speaker tambahan karena monitor ini tidak dilengkapi dengan speaker.

Panel IPS berukuran 30 inch ini memakan energi listrik sebanyak 60 watt. Hal ini tentu saja karena adanya fitur LED backlight yang membantu untuk menghemat konsumsi energi listrik. Terdapat juga fitur Energy Smart yang akan menyesuaikan konsumsi energi berdasarkan dengan konten yang ada pada layar.

Simpulan

Dengan desain, fitur, serta performa yang super canggih, maka monitor Dell UltraSharp U3014 ini layak dinobatkan sebagai monitor 30 inch terbaik yang ada pada saat ini. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, Anda harus mengeluarkan uang sekitar 14 juta rupiah. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel