Pentax K-30: Kamera DSLR Entry Level Yang Tahan Air

9 Apr 2013 18:30 4469 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Namanya memang tak sepopuler dua produsen kamera raksasa Nikon dan Canon. Namun Pentax tetap tidak dapat diremehkan begitu saja, ada banyak produk yang luncurkan Pentax memiliki kualitas dan performa baik dan dianggap sanggup bersaing dipasaran.

Namanya memang tak sepopuler dua produsen kamera raksasa Nikon dan Canon. Namun Pentax tetap tidak dapat diremehkan begitu saja, ada banyak produk yang luncurkan Pentax memiliki kualitas dan performa baik dan dianggap sanggup bersaing dipasaran. Pentax memiliki produk DSLR andalan dari seri X dan K, dengan masing-masing memiliki keunggulan sendiri. Dan salah satu DSLR yang paling diandalkan Pentax adalah Pentax K-30. Sebuah kamera DSLR yang tergolong cukup mahal, yakni sekitar 7 juta lebih, harganya jauh jika dibandingkan dengan kamera produk lain dalam kelas Entry Level, karena K-30 memang masuk dalam kategori ini.

Apakah yang membuat K-30 begitu mahal? Padahal untuk kelas DSLR Entry Level harganya hanya berkisar antara 4-5 jutaan saja. Perlu Anda ketahui bahwa Pentax K-30 sudah dilengkapi dengan fungsi pelindung kamera yang dapat tahan dari cipratan air maupun debu. Jadi yang menjadi andalan utama K-30 adalah body yang anti air, kelebihan ini memang biasanya hanya ada pada DSLR High End. Pada segi desainnya, K-30 hadir dalam tiga pilihan warna yang menawan, diantaranya adalah Crystal White, Crystal Blue, serta Brilliant Black. Pentax K-30 direkomendasikan bagi Anda yang memiliki jiwa petualang tinggi dan gemar menangkap momen yang tak terduga.

Masih dari segi body, Pentax K-30 didukung dengan 81 titik segel yang ada di sekitar tubuh compact-nya. Inilah yang membuat K-30 dapat menahan berbagai terpaan air, debu, bahkan sampai suhu dingin mencapai -10°C. Kemampuan ini ditambah dengan bobotnya yang cukup ringan disertai balutan bahan karet sehingga membuat kamera ini memang cocok bagi para pengguna yang aktif di outdoor. Bahkan Pentax menambahkan fitur waterproof pada K-30, inilah yang membuat DSLR ini cukup tahan benturan. Fotografer pengguna Pentax K-30 tidak perlu lagi merasa khawatir kameranya akan rusak saat ini pakai pada saat cuaca tidak bersahabat.

Pentax K-30 sudah mengusung teknologi sensor CMOS dengan ukuran APS-C dan memiliki resolusi sebesar 16,2 megapixel. Sensor tersebut dipadukan dengan imaging engine Pentax Prime M, sehingga K-30 tidak hanya dapat diandalkan untuk menghasilkan gambar foto yang berkualitas, namun juga dapat dipakai membuat video movie dengan kualitas full High Definition (HD) sebesar 1080p dengan kecepatan 30fps. Anda tidak akan mendapatkan kemampuan seperti ini pada kamera kelas Entry Level produk lain.

Untuk fitur lain yang tidak biasa Anda temui pada kamera pada tingkat ini adalah tersedianya jendela bidik yang mempu menunjukkan 100% dari tempat kejadian. Dengan fitur ini Anda tidak perlu heran lagi dengan benda liar yang ada di sekitar tepi dari frame ketika Anda sedang mereview gambar. Dan satu fitur lagi yang paling tidak biasa dari Pentax K-30, adalah pada Shake Reduction sensor sistem yang dapat bergerak untuk meminimalisir dampak dari guncangan yang ditimbulkan pengguna kamera. Shake Reduction ini dapat Anda gunakan untuk memperbaiki horizon yang miring sampai 1 derajat serta untuk menyesuaikan berbagai komposisi oleh pergeseran sensor hingga 1 mm dalam 16 langkah.

Pentax K-30 juga dapat menghasilkan foto berkualitas baik meskipun pada setting ruang yang gelap, Anda dapat menggunakan kepekaan ISO 100 sampai 12800, dan angka ISO ini dapat ditingkatkan mencapai ISO 25600. Seperti pada DSLR lain, ISO dengan angka paling maksimal membuat gambar sedikit memiliki noise, sehingga direkomendasikan ISO maksimal hanya digunakan pada keadaan darurat. Sedangkan untuk kecepatan bidikan dalam mode burst, K-30 terhitung handal dengan pencapaian mencapai 6 fps serta shutter speed maksimal dengan angka 1/6000 detik. Setiap foto yang diambil dapat dilihat pada LCD berukuran 3-inch dengan resolusi 921.000 titik.

Untuk mendukung daya tahannya, Pentax K-30 dilengkapi dengan baterai lithium-ion yang mampu bertahan untuk mengambil 480 foto dalam satu kali pengisian daya. Namun, sebagai alternatifnya pengguna dapat memakai empat baterai AA dengan aksesori D-BH109 AA Battery Holder saat memotret di outdoor.

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa Pentax K-30 tergolong mahal untuk DSLR kelas Entry Level. Harga 7 juta lebih Anda hanya mendapatkan body saja, sedangkan lengkap dengan lensa kit 18-55mm WR (Water Resistant) harga yang ditawarkan adalah Rp 8,1 juta. Bandingkan dengan Entry Level Nikon D3200 yang hanya dibanderol dengan harga 6 juta. Dan setidaknya Pentax K-30 sudah pantas bersaing dengan Canon 60D. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel