Review Kamera DSLR Terbaru CANON EOS 350D DIGITAL REBEL XT

7 Apr 2013 14:00 29904 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Canon EOS 350D merupakan salah satu jajaran DSLR dari Canon dari kelas entry-level dan sampai saat ini menjadi salah satu kamera DSLR terlaris. Seri ini dirilis pertama kali pada bulan Agustus 2006 dan merupakan generasi penerus dari Canon EOS 300D. Namun pengenalan pada publik sudah dilakukan sejak satu tahun sebelum perilisan perdana.

Canon EOS 350D di Amerika Serikat lebih dikenal dengan nama Canon EOS Digital Rebel XT, sedangkan di Jepang disebut Canon EOS Kiss Digital N. DSLR ini memiliki sensor 8.2 Megapiksel dengan rincian 22.2 mm × 14.8mm dan berteknologi CMOS. Dari segi desain eksteriornya seri ini sangat mirip dengan pendahulunya EOS 300D yang berukuran sekitar 15 mm (0,6 in) lebih kecil dan sekitar 17% lebih ringan. Bahan plastik yang digunakan pada body 350D dibuat berbeda dengan 300D, dengan efek matte yang dirancang untuk mensimulasikan dengan 20D EOS, ditambah karet pegangan tangan lebih kuat. Dial untuk opsi mode menggunakan logam baru dan warna standar hitam agar memberikan tampilan kamera terlihat lebih kearah profesional. Yang jelas Canon EOS 350D merupakan penyempurna dari 300D, karena memang beberapa desainnya hampir tidak berbeda.

Untuk bagian monitor LCD, 350D sedikit berbeda dengan 300D, persamaannya hanya masih dengan ukuran 1,8 inchi diagonal namun jumlah pixel telah turun dari 118.000 hingga 115.000. Anda harus melakukan pengaturan kecerahan yang lebih maksimal untuk menyesuaikan kecerahan dengan layar LCD yang dimiliki EOS 300D. Selain itu, monitor LCD juga sudah dilindungi oleh layar plastik keras yang juga mencakup panel LCD, hanya saja tidak tersedia lapisan anti-reflektif. Uniknya Canon EOS 350D ini disediakan panel LCD yang diletakan dibelakang kamera, tepat diatas layar monitor LCD. Panel ini berfungsi untuk menampilkan secara sederhana mengenai pengaturan kamera. Panel ini memiliki backlight yang dapat diaktifkan sekitar lima detik dengan menekan tombol lampu.

Kontrol 350D EOS kesemuanya tersedia di sisi kanan kamera yang masih dalam jangkauan jari telunjuk maupun ibu jari. Sedangkan pada bagian belakang gambar Anda dapat menemukan tombol shutter release (lsoft half-press, click full-press), main dial, exposure mode dial, power switch dan ditambah AE lock serta opsi untuk titik AF. Selain itu perlu diperhatikan bahwa tombol drive telah dipindahkan dari atas ke bagian belakang kamera.

Canon EOS 350D dapat menyediakan tujuh pilihan gambar dengan ukuran berbeda atau kualitas kombinasinya. Anda dapat memilih gambar dari ukuran 3504 x 2336 (besar), 2544 x 1696 (menengah) atau 1728 x 1152 (Kecil) dalam kombinasi baik dengan format JPEG Fine maupun JPEG normal. Namun tetap saja 350D EOS menyediakan modus gambar berformat RAW yang dalam efek dumps langsung dari sensor CMOS ke file losslessly terkompresi sekitar 9,0 MB per gambar. Untuk fitur standar DSLR lain dalam EOS 350D diantaranya adalah angka Shutter Speed yang tersedia dari 1/4000 sec hingga 30 sec, ditambah modus bulb jika memang sangat dibutuhkan. Sedangkan untuk kepekaan cahaya atau ISO, angka yang tersedia berkisar dari 100, 200, 400, 800, dan 1600. Sayangnya, kemampuan pemotretan beruntun pada EOS 350D hanya 3 frame per second, padahal beberapa kamera entry level Nikon sudah mencapai 4 fps atau 5 fps.

Mode autofocus pada EOS 350D sudah menggunakan 7 titik autofocus sehingga Anda bisa menganalisa suatu object yang akan difoto diberbagai tempat meskipun tidak berada tepat ditenggah. Selain itu, Kamera ini juga menyediakan fitur-fitur lain untuk pemotretan dengan hasil yang lebih baik dan disesuaikan dengan keadaan, ditambah dengan dukungan perkembangan Processor DIGIC II sehingga kinerja kamera keseluruhannya bekerja lebih cepat. Anda akan mendapatkan fasilitas untuk kebutuhan konektivitas dalam 350D, diantaranya adalah USB 2.0 (Hi-Speed, approx. 2.6 MB/sec), Video out dan E3 serta kemampuan FAT-16 dan FAT-32 membuat pengguna tidak perlu khawatir lagi untuk mengambil dan menyimpan banyak gambar sebelum ditransfer ke media penyimpanan lain. Kemampuan CF II yang sudah lebih dari 2GB Anda dapat memotret lebih dari ratusan gambar dengan mode JPG.

Canon EOS 350D sudah didukung dengan EF-S mount, dan biasanya saat pembelian sudah termasuk dengan tambahan lensa kit EF-S 18-55mm sehingga cukup untuk kebutuhan bagi para fotografer pemula maupun semi-pro. Lensa tersebut mampu memberikan wide yang cukup lebar. Saat ini harga untuk 350D berkisar antara Rp 4,5 jutaan, namun untuk harga second sekitar 3 jutaan, tergantung kelengkapan dan kondisi.
[ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel