Review Lengkap Plasma TV Samsung PN51E550D1

5 Apr 2013 14:00 2816 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Samsung PN51E550D1 merupakan televisi HD plasma yang berada di level tengah, buatan perusahaan yang mungkin menjadi perusahaan paling amibisius di industri televisi tahun ini. Televisi ini merupakan Smart TV 3D yang didesain dengan baik dan dibandrol dengan harga $1199, tidak akan terlalu menguras kantong Anda. E550,walaupun lebih mahal $200, merupakan produk yang lebih baik. Anda akan memperoleh akses ke fitur internet yang dirancang dengan baik oleh Samsung, kapabilitas 3D, dan kinerja gerakan yang dikembangkan dengan sangat pesat, di mana hal tersebut merupakan kelemahan terbesar dari E530.

Samsung PN51E550D1 merupakan televisi HD plasma yang berada di level tengah. Televisi ini merupakan Smart TV 3D yang didesain dengan baik dan dibandrol dengan harga $1199, tidak akan terlalu menguras kantong Anda. E550,walaupun lebih mahal $200, merupakan produk yang lebih baik. Anda akan memperoleh akses ke fitur internet yang dirancang dengan baik oleh Samsung, kapabilitas 3D dan kinerja gerakan yang dikembangkan sangat pesat, di mana hal tersebut merupakan kelemahan terbesar dari E530.

Desain

Pada kesan pertama, PN51E550D1 merupakan plasma TV Samsung yang benar-benar berada pada level rata-rata, berwarna hitam seperti arang, panel layar persegi panjang dan didudukkan dengan bentuk yang besar dan kuat. Namun, setelah diperiksa lebih dekat televisi ini ternyata halus dengan desain karakteristik yang unik. Dudukan pada PN51E550D1 dilapisi dengan kaca yang halus berwarna hijau, Anda dapat memutar TV ini hingga sekitar 25% di kedua sisinya. Seperti plasma TV Samsung lainnya yang diproduksi tahun 2012, seperangkat kontrol pada PN51E550D1 diletakkan di bagian bawah kiri pada panel. Port pada E550 dapat ditemukan di bagian belakang sebelah kiri, semua hal tersebut merupakan standar pada Samsung.

Remote Control

Remote kontrol pada Samsung PN51E550D1 merupakan perangkat yang cukup berat, menawarkan tombol yang besar untuk mengganti saluran/volume, tombol nomor 0-9 dan berbagai tombol untuk mengakses menu. Remote ini seperti remote inframerah standar yang tidak diperuntukkan untuk model 3D, namun remote tersebut tetap memiliki tombol 3D untuk mengganti tipe 3D. Remote ini terlihat kokoh dan nyaman ketika digenggam. Selain itu, remote ini juga memiliki pelacakan inframerah yang berada di atas level rata-rata.

Konektivitas

Samsung PN51E550D1 menawarkan penempatan yang standar pada portnya. Sesuai standar, di sisi televisi ditujukan untuk port yang sering dipasang dan dicabut terutama input HDMI dan USB. E550 menyediakan dua port HDMI dan dua input USB. Dalam daerah tersembunyi di bagian belakang, Anda akan menemukan pilihan konektivitas yang bersifat semi-permanen dan tradisional. E550 memiliki input untuk kabel Ethernet (LAN), audio DVI (PC), port HDMI, port EX-LINK untuk pembaruan layanan, input AV/shared component, dan jack untuk koneksi kabel atau antenna. Output port pada televisi ini mencakup surround sound system. Kemampuan televisi yang bisa diputar, penempatan port yang cukup baik dan akses yang mudah ke berbagai konektivitas akan semakin memudahkan penggunaannya. Walaupun demikian, jika Anda berpikir sebuah input komposit dan tiga input HDMI terlalu sedikit, Anda akan menemukan pilihan konektivitas yang lebih banyak pada Samsung Serie 8 yang merupakan seri unggulan.

Kinerja

Untuk harga sebesar $1199, Samsung E550 yang berukuran 51 inch berhasil meperoleh hasil di atas rata-rata pada sebagian besar kategori. Walaupun tidak memiliki rasio kontras terbesar tahun ini atau warna dengan akurasi yang terbaik, televisi ini cukup handal. Dalam hal performa, warna dan kontrasnya cukup tepat jika dibandingkan dengan banyak model televisi yang lain. Dalam hal kinerja layar, ketika televisi ini dites akan menampilkan gerakan yang sangat mengesankan sehingga sangat sempurna untuk menonton pertandingan olahraga atau bermain video game. Televisi ini juga menawarkan sudut pandang 168° yang dikombinasikan dengan kemampuannya untuk berputarm, memberikan Anda banyak pilihan posisi untuk menonton.

Mode ECO pada Samsung memungkinkan Anda untuk mengatur penggunaan daya listrik, Anda dapat mengatur tingkat kecerahan dan mengurangi berbagai tindakan yang dapat menguras daya. Dengan demikian televisi ini merupakan televisi plasma yang lebih murah dibandingkan model Samsung lainnya yang mirip dan bahkan lebih mahal. Satu-satunya kelemahan dari kinerja E550 adalah dalam audio. Televisi ini memiliki speaker 10 Watt yang menghasilkan suara di bawah rata-rata.

Kualitas Gambar

Seri E550 diuji dengan tingkat kehitaman sebesar 0,04cd/m2 dan kecerahan puncak sebesar 140,86cd/m2, dengan demikian rasio kontras maksimum pada televisi ini sebesar 3522:1, kira-kira tiga kali lebih besar dari rasio kontras rata-rata pada kebanyakan televisi. Dibandingkan dengan seri E530, E550 memiliki rasio kontras yang sedikit lebih kecil sehingga menjadi sedikit redup. Jika dibandingkan dengan E8000, televisi plasma andalan Samsung E8000 memiliki tingkat kehitaman yang sangat dalam sehingga menambah rasio kontras. Walaupun E550 tidak memiliki rasio kontras terbesar, hasil yang diperoleh (3522:1) sudah cukup baik.

Kurva Warna & Skala Abu-abu

Pada kesan pertama, kurva warnanya mungkin terlihat cukup miring dan bergelombang, tapi hal tersebut tidak mengerikan. Garis hijau, merah, dan biru menunjukkan bahwa warna-warnanya seragam, dan bersama-sama menanjak dengan halus melalui input cahaya dengan spektrum penuh. Hal ini berarti sebagian besar warna pada kelompok tersebut akan ditampilkan, mulai dari bayangan hingga warna yang terang (dari yang paling gelap ke yang paling cerah). Gelombang pada garis tersebut menunjukkan bahwa, terjadang. Satu jenis warna tidak akan ditransisikan ke warna selanjutnya secara halus sehingga akan terlihat ‘melompat’, walaupun demikian efek tersebut sangatlah ringan.

Garis gamma (diwakili oleh garis hitam) menunjukkan kurva input sepanjang skala abu-abu - hitam, ke abu-abu, kemudian ke putih. Garis tersebut landau dengan cepat, yang berarti bahwa sisi terang dari spektrum masukan akan mengurangi detail. Selain itu, gelombang yang parah (sekitar 30%) menunjukkan bahwa peralihan warna dari abu-abu ke putih dan sebaliknya tidak cukup halus. Walaupun kurva warna tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, hasil gamma pada tes tersebut menunjukkan hasil di bawah rata-rata. Hasil tersebut sebenarnya merupakan hasil yang cukup. Namun pada tahun ini banyak dijumpai televisi yang lebih murah dan menawarkan kurva yang lebih baik.

Kualitas Audio

Seperti pada hampir setiap HDTV modern, Samsung PN51E550D1 menggunakan dua buah speaker 10 Watt yang berada di bagian bawah panel, agar suara dipantulkan pada meja dan kemudian mengarah ke penonton. Jumlah daya (watt) pada speaker ditentukan oleh jumlah energi listrik yang digunakan dan juga ukuran volume keluarannya. Sebagai referensi, speaker yang biasa digunakan oleh gitaris untuk latihan sebesar 15-30. Ketika sedang tampil, speaker yang digunakan biasanya 75 Watt atau lebih. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, speaker 10 Watt tidak menghasilkan suara yang ‘menendang’.

Sebenarnya fitur 3D pada televisi telah ada sejak waktu yang lama. Namun pada saat itu 3D masih sering menemukan hambatan untuk menghasilkan gakmbar yang memuaskan. Namun tahun 2012 merupakan awal kejayaan 3D, gambar dihasilkan sudah cukup baik. Samsung adalah salah satu pemimpin di industri 3D HD dan konversi 2D-ke-3D, hal tersebut terlihat ketika Anda menonton menggunakan E550D1. Kacamata 3Dnya cukup nyaman dan memiliki baterai dengan daya tahan yang lama, namun kacamata tersebut tidak dapat terpasang dengan pas seperti kacamata standar. Terdapat sedikit crosstalk pada kedalaman 3D yang ditampilkan, pengguna diberi pilihan untuk menurunkan kedalaman menjadi semakin dekat ke ‘3D lite’ atau meningkatkan kedalaman hingga menonton crosstalk yang serius, namun kedalaman standarnya cukup baik. Kacamata 3D Samsung mempertahankan warna dan kontras dengan baik dan tetap menawarkan pengalaman 3D yang layak.

Fitur 3D pada televisi ini tidak mengurangi nilai keseluruhan yang dimiliki oleh seri E550D1, namun jangan membeli TV ini jika Anda benar-benar menginginkan televisi 3D. Jika Anda menginginkan televisi plasma yang memiliki pilihan 3D Anda dapat membeli televisi yang murah di mana tidak membawa banyak hal ke meja Anda.

Kesimpulan

Samsung PN51E550D1 merupakan pilihan yang luar biasa dIbandingkan dengan seri E530, Anda akan memperoleh lebih banyak hal dengan membeli televisi ini. Sebagai televisi plasma dengan level rata-rata, televisi ini membawa banyak hal ke meja Anda. Dengan core performance yang layak, rasio kontras yang cukup besar, 3D yang layak, dan Smart Hub Samsung yang sangat baik, plasma TV Samsung PN51E550D1 merupakan investasi yang berharga. Anda akan mendapatkan televisi plasma 50 inch, dan kaca berwarna hijaunya yang didesain dengan mengutamakan nilai estetika, fitur internet, penggunaan daya yang menghemat kantong Anda, dan banyak fleksibilitas yang ditawarkan. Meskipun di luar sana terdapat televisi dengan core performance yang lebih baik, E550 ($1199) cukup kokoh di berbagai bidang. [HAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel