Camcorder Samsung HMX-W300 - Kamera Tahan Air Buatan Samsung (Part 1)

10 Apr 2013 14:30 2929 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Camcorder ini adalah **kamera tahan air** dari Samsung terbaru adalah HMX-W300, penerus pemenang penghargaan tahun lalu, HMX-W200. Samsung tidak banyak berubah dengan camcorder barunya. Jadi, jika Anda mengharapkan inovasi, bersiaplah untuk kecewa. Akan tetapi, seperti pendahulunya, W300 masih camcorder yang sangat baik dengan harga yang terjangkau, hanya $ 159.

Camcorder ini adalah kamera tahan air dari Samsung terbaru adalah HMX-W300, penerus pemenang penghargaan tahun lalu, HMX-W200. Samsung tidak banyak berubah dengan camcorder barunya. Jadi, jika Anda mengharapkan inovasi, bersiaplah untuk kecewa. Akan tetapi, seperti pendahulunya, W300 masih camcorder yang sangat baik dengan harga yang terjangkau, hanya $ 159.

Desain

Desain mirip dengan HMX-W200 keluaran tahun lalu, namun Samsung membuat beberapa perubahan kecil. HMX-W300 hadir dalam warna merah, jingga, atau hitam, dan memiliki dimensi yang hampir sama dengan iPhone. Jadi, Anda tidak akan menemui masalah ketika menyimpan camcorder di kantong atau membawanya di dompet kecil. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa Anda harus mengeringkannya setelah penggunaan di bawah air. Tampilan camcorder ini tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan W200 keluaran tahun lalu, tetapi Samsung menguubah desain tombol untuk membuat mereka lebih "tahan air". Tombol baru dilapisi dengan plastik, desain tersebut kami sebut "tombol membran", yang menghilangkan sekat yang biasanya ada di antara tombol dan tubuh camcorder.

Lensa & Sistem Pengambilan Gambar

Samsung W300 memiliki lensa yang sama dengan pendahulunya, HMX-W200. Ini adalah lensa f/2,2 tanpa pembesaran optis dan memiliki focal length yang tetap di nilai 4,3 mm. Namun, karena ini adalah lensa fix, bukan berarti W300 tidak memiliki mekanisme fokus otomatis. Camcorder akan melakukan sedikit penyesuaian fokus, yang jelas terlihat jika Anda melihat dengan lebih dekat, seperti ketika Anda mengarahkan W300 pada subyek dengan jarak yang bervariasi (sangat mirip dengan autofocus pada kamera iPhone).

Sensor pada W300 juga terlihat identik dengan yang ditemukan pada Samsung W200, setidaknya dilihat dari spesifikasi. Sensornya adalah BSI CMOS 1/3.2-inci dengan jumlah piksel efektif lebih dari 4,3 megapiksel. Spesifikasi tersebut mirip dengan yang kami lihat di kamera saku yang sangat murah.

LCD

Di belakang kamera tahan air W300 ini terdapat layar untuk melihat video dan membidik objek, tetapi tidak ada yang special mengenai spesifikasi LCD ini. Ukurannya kecil, 2,3 inci, dengan resolusi yang terbatas pada 230.000 piksel. Angka tersebut juga dimiliki oleh camcorder lainnya dengan harga yang sama, namun bukan berarti angka tersebut layak. Camera ini tidak memiliki layar yang luar biasa. Walaupun demikian, Samsung menawarkan pengaturan kecerahan pada LCD-nya, tetapi hanya ada dua pilihan pengaturan (bright dan normal), jadi fungsinya sangat terbatas.

Konektivitas

HMX-W300 bukan hanya sebuah camcorder kecil. Bagian-bagiannya sebenarnya sebenarnya cukup kecil untuk disebut mikro. Sebagai pengganti port mini-HDMI standard, Samsung W300 memiliki terminal micro HDMI (sedikit perbedaan antara W300 dan W200). Selain itu, terdapat juga slot MicroSD card, yang juga terdapat di W200.

Kami tahu Samsung sedang mencoba untuk mengurangi ukuran dengan memasukkan kedua pilihan port "yang lebih kecil", tapi kami tidak suka pilihan ini. Samsung mampu menggunakan port HDMI mini pada W200 dan hal tersebut baik-baik saja. Mengapa kami kurang menyenangi hal ini? Kabel dan kartu memori mikro lebih sulit ditemukan disbanding yang berukuran regular. MicroSD card berukuran kecil juga lebih mudah hilang dibandingkan yang berukuran regular. Yang kami maksud adalah kami lebih menyukai port yang lebih besar dibandingkan rasa frustasi karena kartu yang mudah hilang dan kabel yang sulit ditemukan.

Untuk menghubungkan W300 ke komputer, serta pengisian daya camcorder, Anda akan menemukan lengan USB di bagian bawah perangkat. Buka penutup tahan air dan akan terlihat œlengan USB kecil. Ini bukan desain terbaik yang pernah Anda, karena œlengan tersebut tidak dapat keluar terlalu jauh dari badan kamera. Jadi, jika Anda memiliki komputer dengan input USB yang sulit untuk diakses, Anda akan mengalami kesulitan menghubungkan W300. Saran kami: belilah kabel USB extender untuk membuat Anda lebih fleksibel saat menghubungkan W300 ke komputer. Kabel tersebut murah dan pasti Anda akan menggunakannya.

Baterai

Mengganti baterai kamera atau camcorder merupakan hal yang lazim, tetapi Anda tidak dapat melakukan hal tersebut ke HMX-W300. Karena desainnya yang tahan air, Samsung mengunci baterainya sehingga baterai tersebut tidak dapat diakses kecuali Anda benar-benar membongkar camcorder. Dengan kata lain, jika baterai Anda mengalami masalah, mungkin Anda harus mendapatkan camcorder baru.

Media

Di sisi kiri camcorder, di balik penutup port yang terkunci, terdapat slot kartu memori MicroSD. Slot kecil ini cocok untuk semua jenis kartu MicroSD, yang meliputi MicroSDHC dan kartu memori MicroSDXC. Kartu MicroSD bekerja dengan cara yang sama seperti kartu SD reguler, tapi memiliki ukuran seperempat dari ukuran kartu SD reguler. Sekali lagi, kami kurang menyenangi kartu MicroSD, dan kami lebih menyukai jika Samsung W300 berukuran sedikit lebih besar jika hal itu berarti camcorder ini akan memiliki slot kartu SD berukuran reguler.

Berlanjut ke Artikel Selanjutnya : Camcorder Samsung HMX-W300 - Kamera Tahan Air Buatan Samsung (Part 2)

[HAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel