Nikon Coolpix S31 - Kamera Digital Toughcam Dengan Harga Yang Murah

10 Apr 2013 11:45 4109 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lima pengumuman toughcam cukup banyak untuk jangka waktu satu bulan, namun kegilaan tersebut tidak berhenti di sini. Sebenarnya masih ada dua yang lain di Yokohama, dan keduanya memiliki harga yang menggiurkan bagi pemula: Pentax WG-10 dan Nikon S31 ($119,95). Sepintas, sulit untuk mengatakan mana dari dua kamera tersebut yang lebih siap untuk berhasil. WG-10 jauh lebih kokoh, namun S31 jauh lebih murah - Tidak lagi sejak seri XP yang terbaru dari Fujifilm memberi diskon sehingga Anda dapat memperoleh kamera tahan air dengan harga yang sangat murah. Kami sudah mencoba **kamera Nikon Coolpix** toughcam keluaran baru dari Sony untuk menguji kinerjanya.

Lima pengumuman toughcam cukup banyak untuk jangka waktu satu bulan, namun kegilaan tersebut tidak berhenti di sini. Sebenarnya masih ada dua yang lain di Yokohama, dan keduanya memiliki harga yang menggiurkan bagi pemula: Pentax WG-10 dan Nikon S31 ($119,95).

Sepintas, sulit untuk mengatakan mana dari dua kamera tersebut yang lebih siap untuk berhasil. WG-10 jauh lebih kokoh, namun S31 jauh lebih murah - Tidak lagi sejak seri XP yang terbaru dari Fujifilm memberi diskon sehingga Anda dapat memperoleh kamera tahan air dengan harga yang sangat murah. Kami sudah mencoba kamera Nikon Coolpix toughcam keluaran baru dari Sony untuk menguji kinerjanya.

Desain & Kegunaan

Toughcam ini dikhususkan untuk anak-anak. Meskipun tahan air dan tahan benturan, Coolpix S31 datang sebagai sebuah toughcam yang lucu. Jelas, ini adalah kamera yang ditujukan untuk anak-anak, dengan bentuk bulat, sederhana, dan sistem menu yang mudah bagi anak-anak. Menurut kami, sebuah toughcam untuk anak-anak benar-benar ide yang fantastis. Mengapa tidak ada yang mencoba hal ini sebelumnya?

Badannya terbuat dari plastik putih mengkilap dan sangat ringan. Tidak terdapat banyak pegangan, tetapi memang Anda tidak membutuhkan banyak dengan berat kamera seperti ini. Dan, kamera ini tahan benturan - siapa yang peduli jika Anda menjatuhkannya? Tombolnya juga terbuat dari plastik dan akan memberi respon ketika ditekan. Tombolnya juga besar sehingga memudahkan kamera digunakan di bawah air.

Tombol shutter tidak dapat ditekan dengan cukup dalam, sama halnya pada banyak toughcam lainnya. Akan tetapi, tombol tersebut memiliki penekanan setengah dan penekanan penuh. Sungguh, satu-satunya masalah adalah tidak adanya indikasi ketika system fokus otomatis sedang bekerja. Anda menekan setengah dan tunggu, cepat atau lambat Anda akan mengetahui apakah fokus telah terkunci. Tidak ada umpan balik yang nyata untuk pengguna.

Kami berharap pada akhirnya kami melewati titik di mana kamera murah harus mengorbankan prosesornya, tetapi S31 seperti point-and-shoot murah keluaran dua tahun lalu. Di lain sisi, menu yang sederhana membuat kamera ini sangat mudah untuk dioperasikan. Semua mode pengambilan gambar memiliki warna yang cerah, dan latar belakang bertema. Mode tersebut mancakup macro, food, underwater, fireworks, dan lain-lain. Terdapat juga scene Auto Selector.

Zoom dikendalikan dengan menggunakan panah atas dan bawah pada tombol empat arah tradisional. Tidak seperti kamera lainnya, S31 tidak menetapkan pengaturan pengambilan gambar untuk tombol empat arah tersebut, dan tombol tersebut jarang digunakan untuk menavigasi menu. Jika Anda telah memotret dengan banyak point-and-shoot sebelumnya, kamera ini terasa sedikit asing. Namun, menurut kami pengguna dapat cepat membiasakan diri. Sebagian besar navigasi menu ditangani melalui deretan empat tombol tanpa label di sisi kiri LCD. Anjuran muncul di samping tiap-tiap tombol pada pada layar, dan fungsi tombol tersebut berubah-ubah sesuai anjuran yang ditampilkan.

Fitur

Luar biasa untuk anak-anak, cukup lemah untuk orang lain. Coolpix S31 lebih kokoh dibandingkan kamera compact rata-rata, tetapi kamera ini tidak dapat dibandingkan dengan toughcam lain yang telah kami ulas 30 hari yang lalu. Kamera ini hanya tahan air hingga kedalaman 16,4 kaki (5 meter), tahan benturan hingga ketinggian 3,9 kaki (1,2 mter). Nikon mengatakan Anda dapat menggunakannya dalam temperatur serendah 32 derajat Fahrenheit (0C), yang sedikit lebih hangat dibadingkan klaim toughcam kebanyakan 10F/-14C.

Akan tetapi, jika Anda mempertimbangkan target pasar, spesifikasi yang ditawarkan cukup masuk akal. 16,4 kaki lebih dalam dibandingkan setiap kolam renang yang ada di rumah, anak-anak tidak mungkin membawa kamera ini lebih tinggi dari 4 kaki dalam penggunaan normal, dan kami belum pernah bertemu anak-anak yang suka memotret di temperature yag nyaris beku (meskipun kami yakin mereka ada).

Selain kekokohannya tersebut, S31 cukup minim dalam hal fitur. Sensor CCD 10,1 megapiksel mampu mereka 720p video HD dengan 30fps, di mana hal ini mungkin cukup baik untuk anak-anak. Jika harganya tidak memperingatkan Anda, Anda juga harus tahu bahwa ini bukan kamera yang bagus untuk memotret action. Pemotretan berlanjut makasimal 1,5 frame per detik dan fokus otomatisnya cukup lambat sehingga mungkin Anda tidak akan mendapatkan apa yang Anda potret.

Pembesaran optis 3x setara 29-87mm cukup berguna, tapi kami benar-benar lebih suka melihat focal length yang lebih lebar. Hasil foto Anda akan terlihat di monitor QVGA 2,7 inci (230.000 titik). Jika dibandingkan dengan standar kamera digital pada umumnya, ini adalah layar yang buruk, tetapi dalam kisaran harga ini menurut kami hal ini cukup layak. Di bawah penerangan lampu, tampilan layar tersebut baik-baik saja, tapi kami tidak yakin seberapa baik tampilannya di bawah sinar matahari yang cerah.

Kesimpulan

Nikon memiliki ide besar di sini, dan kami cukup yakin ide tersebut akan ‘menjual’.
Menurut kami, cara terbaik untuk menilai kelayakan kamera ini adalah bertanya kepada diri sendiri: Jika Anda memiliki seorang anak 10 tahun, akankah Anda membelikan mereka kamera ini? Dan jawaban kami pada dasarnya benar-benar memenuhi syarat, ya. S31 tidak memiliki kekurangan yang tidak teduga, kamera ini cukup pas untuk digunakan oleh anak-anak.

Apakah kamera ini kami sarankan untuk usia di atas 12? Mungkin tidak. Sensor lemah, lensa kurang mendukung, kontrol kurang cerdas, dan kurang ergonomis. Tapi bukan itu intinya. Ini bukan kamera untuk Anda, itu adalah kamera untuk anak Anda.

Walaupun kami belum pernah menggunakan Pentax WG-10, menggunakan Coolpix S31 memberi kami sedikit perspektif tentang pertanyaan yang kami diajukan dalam pendahuluan. S31 memiliki dua alasan: kamera ini murah, dan target pasar yang sebelumnya kurang terlayani. WG-10, di sisi lain, hanya ada untuk tujuan menjadi murah. Kami tidak yakin apakah itu akan cukup.

[HAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel