Nikon Coolpix S9500 - Kamera Compact Digital Dengan Resolusi Tinggi dan Lensa Yang Panjang

10 Apr 2013 11:15 4391 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
S9500 adalah kamera compact yang ramping dengan resolusi yang tinggi dan lensa yang panjang dengan pembesaran optis 22x. Walaupun lensanya tidak memiliki fitur tambahan, fitur dasarnya telah cukup untuk menghasilkan gambar yang berkualitas. Coolpix S9500 memiliki harga $349,95, memiliki badan yang super tipis yang menggabungkan pembesaran optis 22x (setara dengan 25-550mm) dengan sensor CMOS 18.1 megapiksel. **Kamera Nikon Coolpix** S9500 ini dirancang agar nyaman di saku Anda tetapi tetap memiliki berbagai fitur, sebut saja WiFi, GPS, dan perekaman video full HD. Hal tersebut membuatnya mampu bersaing di kisaran harga $350. Walaupun menurut kami kamera ini menawarkan harga yang terlalu tinggi untuk kamera mid-range compact, S9500 akan memberikan nilai yang layak untuk uang yang Anda keluarkan. Bisakah kamera ini mewujudkan hal tersebut?

S9500 adalah kamera compact yang ramping dengan resolusi yang tinggi dan lensa yang panjang dengan pembesaran optis 22x. Walaupun lensanya tidak memiliki fitur tambahan, fitur dasarnya telah cukup untuk menghasilkan gambar yang berkualitas.

Coolpix S9500 memiliki harga $349,95, memiliki badan yang super tipis yang menggabungkan pembesaran optis 22x (setara dengan 25-550mm) dengan sensor CMOS 18.1 megapiksel.

Kamera Nikon Coolpix S9500 ini dirancang agar nyaman di saku Anda tetapi tetap memiliki berbagai fitur, sebut saja WiFi, GPS, dan perekaman video full HD. Hal tersebut membuatnya mampu bersaing di kisaran harga $350. Walaupun menurut kami kamera ini menawarkan harga yang terlalu tinggi untuk kamera mid-range compact, S9500 akan memberikan nilai yang layak untuk uang yang Anda keluarkan. Bisakah kamera ini mewujudkan hal tersebut?

Desain & Kegunaan

Desain yang sederhana dan solid yang memiliki semua hal dasar dengan tepat.
S9500 ini dirancang untuk diletakkan di saku atau tas kecil - pendamping yang pas ketika Anda bepergian atau hanya keluar untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Meskipun terkendala pada ukurannya, S9500 berhasil memasukkan pembesaran optis 22x, kurang lebih setengah dari superzoom high-end.

Badannya terbuat dari plastik bertekstur. Pegangannya dilapisi dengan karet dengan tonjolan di bagian depan. Kamera ini juga memiliki mode dial di bagian atas, berada di samping control dial - tombol arah di bagian belakang. Kombinasi kontrol ini bukanlah yang terbaik yang pernah kami temui, tetapi lebih dari cukup untuk memungkinkan Anda memegang kamera dengan mudah dan percaya diri.

Kami lebih terkesan dengan kelengkungan Fujifilm F900EXR, yang memberikan rentang zoom dan ukuran badan yang sama. Akan tetapi, kami bisa melihat Nikon S9500 memiliki penggemar yang lebih banyak. Yang mengesankan dari S9500 adalah layar OLED 640 ribu titik, yang cukup tajam untuk menampilkan detail gambar dan teks pada menu.

Fotografer yang lebih serius sepertinya tidak tertarik dengan S9500. Kamera ini tidak memiliki kontrol manual dan pemotretan RAW, semuanya serba otomatis. Ada banyak pilihan kreatif - mode scene ketika pengambilan gambar dan pilihan pengeditan.

Hal ini berarti, S9500 sangat mudah digunakan. Sistem menu yang sederhana dalam hal navigasi, mirip dengan seri 1 Nikon atau Coolpix yang lebih canggih keluaran tahun lalu. Beralih antara efek tertentu atau mode scene dapat membuat pengguna sedikit kelelahan, tetapi secara umum pengoperasian S9500 ini terasa akurat dan responsif. Kami juga terkesan dengan kecepatan fokus otomatis pada kamera ini. Nikon belum membuat kesepakatan besar mengenai hal tersebut (tidak seperti Fuji, yang menjadikan hal tersebut menjadi nilai jual utama mereka seperti pada F900EXR), tetapi sistem fokus otomatis pada S9500 mampu mengunci subjek dengan cepat, bahkan ketika di-zoom.

Fitur

Banyak tambahan yang dapat memikat Anda dibandingkan dengan travel-zoom lainnya.
S9500 memiliki WiFi dan GPS, meskipun ini hanyalah fitur pelengkap dan tidak terlalu layak jika digunakan terpisah dari fungsi kamera. Antarmuka GPS tidak memiliki tampilan peta top-down seperti pada kamera tahan air keluaran baru dari Nikon, yaitu AW110, dan pengoperasian fungsi nirkabelnya tidak secerdas dan sesederhana pada smartphone atau tablet. Ada banyak pilihan nirkabel, tetapi keharusan untuk memasukkan SSID dan password cukup mengganggu.

S9500 tidak memenuhi keinginan kami terhadap berbagai mode pemotretan berlanjut dengan kecepatan tinggi, terutama mengingat seberapa baik kecepatan pada kamera mirrorless seri 1. Sayangnya, S9500 tidak mencapai kecepatan seperti kamera mirrorless tersebut; kamera ini hanya mampu 7,5 fps saat pengambilan gambar pada resolusi penuh. Walaupun nilai tersebut tidak terlalu lambat, kamera ini hanya mampu melakukan 5 pemotretan berturut-turut. Banyak kamera dengan harga yang sama mampu mencapai 10 fps untuk 10 pemotretan bahkan lebih, sehingga S9500 tidak mengesankan dalam hal ini.

Anda juga dapat memilih mode pemotretan berlanjut berkecepatan tinggi 60 fps dan 120 fps, dan terdapat pilihan video berkecepatan tinggi 120 fps dan 240 fps. Sayangnya, semua pilihan tersebut menurunkan resolusi secara drastic. Plympus XZ-10, yang juga kami ulas, mampu mencapai kualitas 720p pada kecepatan 120 fps, sementara S9500 hanya mampu merekam video VGA (640 x 480 piksel) pada kecepatan tersebut. S9500 menawarkan video full HD 1080/30p standar, namun, jika kecepatan bukanlah prioritas Anda.

Sungguh, terlepas dari pembesaran 22x yang mengesankan, spesifikasi S9500 lainnya kurang mengesankan. Lensa memiliki jangkauan aperture maksimal pada f/3,4-6,3, dengan kontrol aperture hanya datang dalam bentuk filter ND di kamera yang dapat menurunkan exposure sebesar 2EV. Jangkauan shutter speed terbatas pada 1 - 1/1500 detik, dengan exposure 4 detik yang hanya tersedia pada mode firework. Bahkan, ISO-nya terbatas pada 125 - 1600, dengan perpanjangan 3200 yang tersedia.

Kesimpulan

S9500 terdengar mendasar, tetapi memiliki fitur tambahan yang datar.
S9500 merupakan kamera travel-zoom yang nyaman di saku dan mudah dibawa engan pembesaran optis 22x dan sensor 18,1 megapiksel. Dengan harga sebesar $ 349,95, S9500 tidaklah murah, tapi menawarkan sejumlah fitur dengan kualitas yang tidak terlalu memuaskan. WiFi, GPS, pemotretan berlanjut dengan kecepatan tinggi, dan bahkan mode video berkecepatan tinggi, semuanya tersedia di kamera ini, tetapi sayangnya eksekusinya tidak maksimal.

Namun di semua kategori dasar, S9500 memperoleh nilai yang kuat. Sistem menu yang sederhana dan mudah dinavigasi, fokus kamera yang cepat dan akurat, dan zoom range yang memberikan sudut pandang yang berguna pada kedua ujungnya. Kami sangat terkesan dengan mode makro dan respon umum pada kamera ini, yang membuat kamera ini berada di depan kompetitornya. Kami berharap S9500 menawarkan lebih banyak kontrol manual, atau setidaknya fleksibilitas exposure yang lebih baik, tetapi, pengoperasian yang sederhana tetap mampu menarik banyak pengguna tetap.

Jika Anda mencari kamera travel-zoom yang menawarkan hal yang dasar dan nyaman di saku Anda, S9500 sepertinya merupakan pilihan yang baik. Fitur tambahannya benar-benar hanya sebagai pelengkap. Apakah harganya layak? Kami berada di pasar untuk kamera perjalanan-zoom yang meliputi dasar-dasar dan cocok di saku Anda, S9500 tampaknya seperti itu mungkin menjadi pilihan yang baik. Ekstra harus mempertimbangkan kualitas gambarnya untuk lbih meyakinkan kelayakan tersebut, tetapi S9500 memiliki potensi untuk itu.

[HAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel