Sony Cybershot RX14 - Kamera Sony Cybershoot Compact Full-Frame Digital Pertama di Pasaran (Part 2)

29 Mar 2013 15:30 2799 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Lanjutan dari Artikel Sebelumnya : **Review Kamera Digital - Sony Cybershot RX1 (Part 1)** ##Kualitas Gambar## Sejena mengabaikan desain fisik kamera, Sony RX1 sangat mirip dengan DSLR unggulan perusahaan, A99 ($2,799.99, body-only). RX1 menyajikan 24 megapiksel, sensor CMOS full-frame, dan prosesor BIONZ generasi terbaru yang sama. Kombinasi tersebut dipasangkan dengan lensa terbaik yang pernah kami lihat pada kamera berlensa tetap. Lensa Carl Zeiss Sonnar T* 35mm f/2,0 dari RX1 setajam hampir semua lensa yang kami temui dalam laboratorium kami baru-baru ini. Tentu saja, lensa tersebut jauh lebih tajam dari apa yang biasanya kami lihat dari kamera point-and-shoot, dengan bokeh yang indah dan desain yang cerdas.

Lanjutan dari Artikel Sebelumnya : Sony Cybershot RX14 - Kamera Sony Cybershoot Compact Full-Frame Digital Pertama di Pasaran (Part 1)

Kualitas Gambar

Sejenak mengabaikan desain fisik kamera, Sony Cybershoot RX1 sangat mirip dengan DSLR unggulan perusahaan, A99 ($2,799.99, body-only). RX1 menyajikan 24 megapiksel, sensor CMOS full-frame, dan prosesor BIONZ generasi terbaru yang sama. Kombinasi tersebut dipasangkan dengan lensa terbaik yang pernah kami lihat pada kamera berlensa tetap. Lensa Carl Zeiss Sonnar T* 35mm f/2,0 dari RX1 setajam hampir semua lensa yang kami temui dalam laboratorium kami baru-baru ini.

Tentu saja, lensa tersebut jauh lebih tajam dari apa yang biasanya kami lihat dari kamera point-and-shoot, dengan bokeh yang indah dan desain yang cerdas.

Dalam pengujian kami, kami menemukan resolusinya di bagian tengah tidak berubah dari f/2.0 hingga f/8. Kami juga menguji lensa pada aperture minimum f/22, dan menghasilkan difraksi yang terbatas tetapi masih dapat diterima untuk beberapa gambar dengan 1.134lw/ph di tengah. Namun, Sonnar T* memang memiliki beberapa kebiasaan. Terdapat vignetting yang jelas di bagian sudut, dan distorsi yang lebih buruk dari yang dapat kami lihat.

Tentu saja, lensa hanyalah setengah cerita dari keseluruhan kamera ini. Sensor dan pemrosesan gambar menghasilkan kombinasi yang mengesankan, menghasikan noise yang sedikit dan dynamic range yang luas. Dengan menganalisa gambar RAW, kami menemukan bahwa sensor mampu mampu pada dynamic range mendekati 14 stop dengan ISO 100. Bahkan JPEG yang dihasilkan langsung dari kamera memiliki range 12,6 stop, berkat tingkat noise yang sangat rendah di ISO paling bawah. Melihat persentase noise sebelum diproses, kami menemukan bahwa bahkan dengan mematikan noise reduction, RX1 memiliki tingkat noise di bawah 2% dengan ISO 3200. Dengan pengaktifan noise reduction - baik di pengaturan Low atau Normal - tingkat noise bahkan tidak mencapai 1,7% pada setiap pengaturan sensitivitas.

Angka kinerja yang telah kami lihat dari RX1 tidak diragukan lagi membuat kamera ini menjadi yang terbaik di jajaran kamera compact (point-and-shoot, jika Anda suka). Hasil lab tersebut meletakan kamera ini di jajaran kamera full-frame seperti Nikon D800 dan Canon 5D Mark III, dengan peringatan yang jelas bahwa lensa tidak dapat diganti. Sayangnya, harga RX1tidak mendekati harga pasar yang wajar.

Kesimpulan

Ok, mungkin bukan sesuatu yang begitu fantastis, tapi kami harus mengakui bahwa kami tidak melihat kedatangan RX1. Walaupun Sony dipuji karena menempatkan sensor besar berukuran 1 inci di Cyber-shot RX100 tahun lalu, RX1 mengambil konsep ini ke tingkat yang benar-benar baru. Harganya juga berada pada tingkatan yang baru, RX100 memiliki harga $650 sedangkan RX1 membengkak menjadi hampir $3000. Ini adalah lompatan besar, meskipun semua tes laboratorium kami menunjukkan bahwa kualitas gambar telah mengambil langkah serupa ke depan.

Itu bukan untuk mengatakan RX1 telah sempurna; kamera ini memiliki banyak kelemahan yang sama yang mengganggu kamera compact berlensa tetap lainnya. Walaupun kamera ini jauh lebih mahal daripada setiap kamera berlensa tetap lainnya di pasaran, cukup naif untuk berpikir bahwa harga yang tinggi menghalangi segala kompromi. Yang paling mencolok, naterai yang kecil dan system fokus otomatis berbasis kontras - bahkan ini adalah isu yang tidak dapat diselesaikan oleh DSLR tingkat pemula.

Daya tahan baterai kamera adalah masalah yang nyata, karena Anda dapat dengan mudah menghabiskan seluruh daya baterai kurang dari sehari ketika melakukan pemotretan yang serius. Walaupun pengisian daya melalui USB merupakan fitur yang cukup baik, untuk $2.800 Sony harus menyertakan charger eksternal, dan mungkin bahkan baterai tambahan. Kinerja fokus juga menjadi masalah yang mengganggu. RX1 sering kesulitan mengunci fokus ketika minim cahaya dan ketika Anda melakukan fokus otomatis multi-zona. Saran kami? Tempatkan fokus otomatis pada titik pusat dan ubahlah komposisinya, jika tidak Anda akan dibuat kecewa.

Sony RX1 dengan mudah menghasilkan kualitas gambar sebaik kamera full-frame serupa seperti Canon 5D Mark III dan Nikon D600, dan sangat dekat dengan badan kamera favorit kami pada tahun 2012, Nikon D800. Focal length yang tetap juga terkadang menjadi masalah, tapi ketajaman dan bokeh dari RX1 cocok untuk hampir semua lensa f/1.4 35mm di pasaran. Kami masih ingin menguji Fujifilm X100, tapi sensor full-frame RX1 melebihi setiap kamera berlensa tetap lain.

Sebelum Anda membelinya, mungkin Anda harus melakukan perhitungan terlebih dahulu. Sepertinya harga $ 2,800 untuk kamera berlensa tetap teralu mahal. Bila Anda adalah seorang produsen dan menyarankan harga eceran di atas tingkat Leica, pelanggan Anda mungkin mempertanyakan keputusan Anda. Namun semua hasil uji kinerja kami menunjukkan bahwa RX1 bahkan mampu menyaingi DSLR dengan harga yang sama - meskipun lensa Sigma 35mm f/1.4 dan Nikon D600 atau Canon 6D adalah alternatif yang menggoda. Pertanyaannya adalah: Apakah ukuran DSLR yang besar dan berat dikalahkan dengan fleksibilitas yang ditawarkan oleh kamera sistem? Apakah ada orang yang membutuhkan hal tersebut?

Realistis kah? Sepertinya tidak. RX1 kemungkinan menarik terutama untuk pembeli yang sudah memiliki kamera system full-frame dan menginginkan sesuatu yang kecil untuk bepergian. Ya, keluhan bahwa kamera Anda sangat mahal dan koleksi lensa terlalu rumit untuk dibawa berlibur terkadang menjadi masalah, tapi kamera Sony Cybershot RX1 tidak memecahkan hal tersebut.

Jadi, tidak ada yang membutuhkan RX1, Anda cukup bodoh jika Anda membelinya. Ini adalah kamera yang luar biasa dengan beberapa kelemahan. Masalah sebenarnya adalah kamera ini tidak memiliki fleksibilitas pemotretan paling canggih di pengaturannya. Terlepas dari harganya yang tinggi, RX1 adalah permata di jajaran kamera Sony.

[HAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel