Carrier IQ - Aplikasi Mata-Mata yang Mengancam Privasi Pengguna Smartphone

19 Jan 2012 14:00 2136 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Akhir-akhir ini banyak dibicarakan tentang Carrier IQ, yang kabarnya merupakan aplikasi mata-mata pada pengguna ponsel pintar. Carrier IQ sendiri adalah sebuah *software company* yang pernah memenangkan IDC Award. Fungsi dari produk mereka lah yang menyebabkan produk ini disebut sebagai aplikasi mata-mata yang membuat pengguna *smartphone* Android dan iPhone merasa terusik.

Ponsel adalah alat yang rata-rata selama 80% dari 24 jam selalu berada di dekat Anda, alat ini sangat potensial untuk berpotensi menjadi mata-mata untuk mengintai penggunanya. Dengan demikian smartphone Anda bisa jadi benda berbahaya yang mengancam privasi Anda.

Akhir-akhir ini banyak dibicarakan tentang Carrier IQ, yang kabarnya merupakan aplikasi mata-mata pada pengguna ponsel pintar. Carrier IQ sendiri adalah sebuah software company yang pernah memenangkan IDC Award. Fungsi dari produk mereka lah yang menyebabkan produk ini disebut sebagai aplikasi mata-mata yang membuat pengguna smartphone Android dan iPhone merasa terusik.

Aplikasi mata-mata ini mampu melakukan diagnosis permasalahan pada smartphone dengan fitur Device Analyzer, Datacard Analyzer, Service Analyzer, Experience Manager dan Service Intelligence. Tujuan utama dari software ini adalah agar dapat memahami mobile user experience, mengamati kualitas sinyal, memantau banyaknya call drop, sampai menganalisa terjadinya crash pada suatu aplikasi.

Hal ini menjadi kontroversi ketika ternyata software ini juga digunakan untuk mengumpulkan semua aktifitas yang Anda lakukan di smartphone, termasuk tombol-tombol yang pernah ditekan, dan isi SMS kemudian mengirimkannya pada pihak ketiga. Dengan begitu secara tidak langsung software ini menjadi aplikasi mata-mata yang sudah merusah privasi penggunanya. Hampir semua smartphone Android telah terinstal Carrier IQ, kecuali Galaxy Nexus, Google Nexus One, Nexus S dan Motorola Xoom.

Carrier IQ ini cukup meresahkan pengguna smartphone karena software ini berjalan di belakang layar tanpa Anda ketahui dan memiliki fitur auto start. Developer aplikasi Android bernama Trevor Eckhart menunjukkan bahwa Carrier IQ bisa membaca apa saja yang diketik user di handset-nya. Semua data kemudian dikirim ke operator. Ditambah lagi dengan fakta bahwa Anda tak dapat menghapus atau uninstall aplikasi ini.

Pihak Carrier IQ sendiri membantah klaim Trevor. "Kami melacak soal performa ponsel, bukan merekam apa saja yang diketik oleh pengguna" kata mereka, seperti yang dilaporkan olah DailyMail.

Aplikasi mata-mata ini bukanlah aplikasi yang baru. Carrier IQ dikabarkan memperoleh dana sebesar $20 juta pada tahun 2009, dan mereka mengklaim bahwa aplikasi ini sudah terinstall di 35 juta smartphone di dunia.

Hingga saat ini aplikasi mata-mata carrier IQ telah menyerang privasi pengguna ponsel di dunia, tidak hanya Android saja, tetapi juga Blackberry, iPhone, dan Symbian. Bagi Anda pengguna smartphone Android, bila curiga terdapat aktifitas Carrier IQ pada perangkat Anda silahkan download berbagai macam aplikasi yang dapat menangani Carrier IQ di Android Market. Anda cukup mengetikkan kata kunci "Carrier IQ" pada kolom Search di Android Market dan Anda akan memperoleh aplikasi seperti Carrier IQ Detector, Carrier IQ Scanner, dan lain-lain. Sebagai contoh, berikut ini adalah link Android Market untuk Carrier IQ Sensor yang bisa Anda unduh secara gratis. [RK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel