Fujifilm FinePix F900EXR - Kamera Saku dengan Fitur Auto Focus Tercepat di Dunia

15 Mar 2013 17:00 2969 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Disaat persaingan produsen DSLR antara Canon, Nikon dan Sony semakin ketat, dimana produk FujiFilm? Padahal brand ini dahulu sangat laku keras dipasaran, baik produk kamera, maupun berbagai perlengkapan fotografi lain.

Disaat persaingan produsen DSLR antara Canon, Nikon dan Sony semakin ketat, dimana produk FujiFilm? Padahal brand ini dahulu sangat laku keras dipasaran, baik produk kamera, maupun berbagai perlengkapan fotografi lain. Memang untuk produk DSLR nama FujiFilm sudah hampir hilang dan jarang sekali peminatnya, kemungkinan memang karena beberapa produsen di atas sudah memiliki nama besar dan akrab di masyarakat.

Namun untuk produk kamera saku FujiFilm masih mampu menunjukan tajinya dan sanggup bersaing dengan produsen besar lain. Tentunya ada banyak inovasi dan perbaikan lain yang dilakukan oleh FujiFilm untuk beberapa kamera saku keluaran mereka.

Pada artikel kali ini, kami akan mereview salah satu produk kamera saku andalan FujiFIlm yang tergolong masih baru, yakni FujiFilm FinePix F900EXR. Umumnya kebanyakan orang sudah merasa pesimis dengan kamera saku, karena kemampuannya dianggap biasa-biasa saja dan penggunaannya pun paling-paling hanya untuk fotografi ringan. Namun, rasa pesimis Anda pada kamera FujiFIlm FinePix ini tidak terbukti, karena ada banyak sekali keunggulan dan spesifikasi yang mumpuni dari kamera ini dibanding produk lainnya.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa F900EXR ini merupakan edisi terakhir dari jajaran kamera long-zoom compact keluaran FujiFilm. Spesifikasinya memang hampir sama dengan pendahulunya yaitu FinePix F800EXR, namun tetap saja ada banyak perubahan dan perbaikan yang lebih baik di bagian-bagian tertentu, salah satunya adalah pada sensor gambar. Pada FinePix F900EXR ini Anda akan mendapati sensor kamera dengan resolusi sebesar 16 Megapixels terbaru dari type EXR-CMOS II dengan ukuran ½ inch. Perlengkapan layar LCD dibuat sebesar 3 inchi, ukuran ini cukup standar bagi kamera saku pada umumnya.

Namun yang menjadi andalan kamera ini bukanlah sensornya, melainkan fitur sistem AF (Autofocus) yang dianggap sebagai yang tercepat di dunia. Bagaimana tidak, penetapan fokus secara otomatis dapat dilakukan hanya dengan waktu 0,5 detik. Selain itu, untuk lebih mengoptimalkan kecepatan AF, FujiFilm FinePix F900EXR secara otomatis dapat berpindah dari sistem Phase Detection serta Contrast Detection tergantung dari objek dan kondisi pengambilan foto. Selain itu, fitur pengambilan foto yang secara beruntun dapat dilakuan hingga angka 11 fps pada 8 megapixels dengan menggunakan mode pemotretan Best Frame Capture. Untuk lebih maksimal, Anda bisa menekan tombol foto setengahnya saja atau juga bisa dengan kecepatan 6 fps dengan cara menekan tombol foto secara penuh. Namun kecepatan tersebut hanya sanggup bertahan sampai 5 frame, tidak lebih. Ketetapan fokus dari FinePix F900EXR ini dapat dilakukan dalam waktu yang sangat cepat, yakni hanya setengah detik.

Selain itu kamera ini juga sudah didukung dengan sistem hybrid autofocus (AF), teknologi prosesor EXR Processor II, dan dengan built-in sensor-shift stabilization serta modus continuous shot. Fitur kecepatan AF dan beberapa fitur inilah yang menjadi daya tarik konsumen untuk membeli FujiFilm FinePix F900EXR.

Untuk kelengkapan wajib lainnya, Fujifilm F900EXR dipersenjatai dengan lensa Fujinon yang dapat melakukan pembesaran sampai 20x optical zoom atau sekitar 25 - 500mm. Jika digunakan untuk memperjauh jangkauan objek gambar yang akan diambil, kamera ini juga sudah didukung dengan fitur digital zoom yang mampu melakukan pembesaran hingga 40x digital zoom. Seperti layaknya kamera DSLR, FinePix F900EXR juga tersedia fitur pengaturan shutter speed manual dengan angka mencapai 1/2000 per detik. Untuk shutter speed terbaik adalah pada 1/4000 per detik, yang mampu meminimalisir atau bahkan mencegah overexposure saat pemotretan gambar dibawah sinar matahari langsung menggunakan mode wide aperture. Selain baik pada pemotretan, kamera ini juga bisa diandalkan untuk membuat video dengan kualitas Full High Definition (HD) 1080p.

Seiring tren yang berkembang pada pasaran kamera compact, Fujifilm juga tidak lupa melengkapi F900EXR dengan konektivitas WiFi. Selain itu, dengan Fujifilm Camera Application yang sudah tersedia untuk gadget iPhone, iPad, dan Android, para penggunanya dapat mentransfer foto atau video secara langsung ke smartphone maupun tablet.

Saat ini FujiFilm FinePix F900EXR masih dibanderol dengan harga sekitar 4,3 juta rupiah untuk pasaran Indonesia. Perlengkapan lainnya, Anda akan mendapat baterai bawaan yang sanggup bertahan hingga 260 pemotretan. Rincian dimensinya adalah 105 x 63 x 36 mm dengan berat kurang lebih 232 g. Dengan Focal length 25mm sampai 500mm, dan yang menjadi kekurangannya kamera ini tidak tersedia fasilitas viewfinder. Namun fitur ini sebenarnya juga tidak terlalu dibutuhkan pada kamera saku, kebanyakan penggunanya lebih mudah menggunakan layar LCD. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel