Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy W (part-3)

23 Dec 2011 16:30 3871 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Varian Galaxy milik Samsung dikatakan sebagai perangkat Android yang paling banyak mendapatkan perhatian. Salah satunya adalah Samsung Galaxy W yang merupakan *smartphone* Android yang berada pada kelas *high-end* namun berharga ekonomis.

Sebagai lanjutkan dari pembahasan Samsung Galaxy W sebelumnya, masih berkutat pada judul yang sama, pada artikel bagian keempat ini Paseban akan membahas mengenai user interface Samsung Galaxy W.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak fitur-fitur Samsung Galaxy W yang akan Paseban jelaskan berikut ini :

UI (User Interface): Gingerbread dan TouchWiz 4.0

Samsung Galaxy W menjalankan OS Gingerbread versi 2.3.5 dan dilengkapi dengan teknologi TouchWiz paling baru. Meskipun sedikit berbeda karena tidak menggunakan Super AMOLED, tetapi bisa dibilang dengan perangkat ini Anda akan merasakan pengalaman menggunakan Samsung Galaxy S II dengan budget yang lebih murah.

Fitur lockscreen-nya berfungsi sempurna, Anda bisa swipe ke berbagai arah untuk membuka kunci layar. Fitur keren seputar missed events seperti *missed cals, unread messages dan sebagainya ternyata memiliki unlock patterns sendiri seperti pada Galaxy S II.

Homescreen Samsung Galaxy W bisa mengakomodasikan banyak widget dengan banyak fungsi. Anda dapat memiliki hingga tujuh panel homescreen. Dan seperti UI Samsung pada umumnya, dengan sebuah gesture yang dukup mengesankan, Anda bisa menampilkan semua panel homescreen, lalu kemudian bisa Anda edit, hapus, tambah atau mengubah tata letaknya.

App Launcher pada Samsung Galaxy W juga mirip dengan homescreen. Anda bisa menciptakan folder, hingga tujuh panel App Launcher, gesture untuk menampilkan semua panel, lalu menghapus, menambah serta mengubah tata letak plus pilihan list view yang juga tersedia apabila Anda tidak menyukai grid view yang menjadi setting default.

Satu hal yang menjadi ciri khas dari TouchWiz adalah terdapat empat shortcut yang terletak pada bagian yang berada di paling bawah layar yang bersifat statis, hal ini terlihat baik pada homescreen maupun App Launcher. Tiga shortcut pertama dari kiri bisa Anda ganti sesuai keinginan Anda (secara default adalah shortcut Telepon, Kontak, SMS), sedangkan shortcut keempat adalah shortcut App Drawer/Home, shortcut ini terkunci dan tidak bisa Anda ganti.

Panel Notifikasi sedikit mengalami perubahan desain pada TouchWiz 4.0. Namun, secara garis besar fungsi dari dari panel notifikasi pada Samsung Galaxy W tidak mengalami perubahan.

Task Manager Pada Gingerbread dan TouchWiz 4.0 tidak mengalami perubahan dari versi sebelumnya, Froyo. Saat menekan tombol home yang lama, akan tetap ditampilkan pada panel multitasking untuk akses cepat dalam melakukan perpindahan antar aplikasi, dan sebuah tombol untuk mengakses Task Manager. Widget untuk menampilkan informasi berapa aplikasi yang aktif juga masih bisa Anda temukan pada Samsung Galaxy W.

Seringnya, Android memiliki kemampuan yang bagus untuk menangani dan mengatur aplikasi yang aktif secara otomatis. Bahkan, beberapa orang menyatakan bahwa menggunakan task manager akan mengakibatkan performa handset menjadi terganggu, seperti jadi lambat. Sehingga sebaiknya gunakan task manager hanya sesekali dan pada saat yang diperlukan saja. [RY]

Untuk mengetahui review lengkap Samsung Galaxy W (part-4), Anda bisa membacanya di sini.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel