Kekurangan Android Terletak Pada Update OS (part-3)

12 Dec 2011 19:00 3464 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apabila ditelaah akibat kekurangan Android jika dibandingkan dengan iOS adalah Apple, tentu saja, memiliki keuntungan lebih daripada Google. Ia menulis OS sendiri, hanya perlu mengujinya pada beberapa perangkat yang ia desain sendiri, mengontrol sendiri penyebaran OS versi baru tersebut daripada membiarkan operator jaringan atau vendor ponsel yang melakukannya.

Dua artikel sebelumnya, Paseban sudah memaparkan lebih dalam mengenai artikel kelemahan Android. Sekedar mengingatkan, sebelum membaca artikel ini, sebaiknya Anda membaca dua artikel kelemahan Android sebelumnya di sini dan di sini.

Apabila ditelaah akibat kekurangan Android jika dibandingkan dengan iOS adalah Apple, tentu saja, memiliki keuntungan lebih daripada Google. Ia menulis OS sendiri, hanya perlu mengujinya pada beberapa perangkat yang ia desain sendiri, bukan ratusan handset dari banyak vendor ponsel, mengontrol sendiri penyebaran OS versi baru tersebut daripada membiarkan operator jaringan atau vendor ponsel yang melakukannya. Hal ini membuat segala sesuatu bekerja dalam sistem yang lebih mudah untuk diawasi.

Sementara Google, pada dunia nyatanya yang menjadi sumber isu kekurangan Android ini, perlu mendesain Android untuk berjalan pada segala macam perangkat, mulai dari handset low-end A.K.A murah dengan spesifikasi hardware yang pas-pasan hingga handset high-end dengan spesifikasi yang sangat memuaskan. Google menyebarkan upgrade OS melalui vendor ponsel atau operator seluler, yang mana kesemua perusahaan tersebut melakukan pengujian sendiri, dan beberapa dari mereka sangat konservatif dalam menyetujui spesifikasi apa yang diperlukan untuk bisa menjalankan OS tersebut secara mumpuni. Karena sistem inilah yang mengakibatkan tidak ada skenario di mana setiap versi baru dari OS Google dapat segera tersedia untuk semua produk berbasis Android.

Keragaman hardware Android adalah kebaikan bisa mencapai segala segmen pengguna serta komplikasi. Dimana komplikasi yang mengakibatkan kekurangan Android tersebut adalah situasi update OS yang cukup menyedihkan.

Pihak yang paling dirugikan dengan kekurangan Android ini adalah, tentu saja, pengguna. Kondisi dimana pengguna harus upgrade handset apabila ingin menikmati OS Android keluaran terbaru membuat mereka khawatir apabila ingin membeli suatu perangkat. Pengguna juga harus mengeluarkan biaya lebih karena harga handset second memiliki nilai jual yang turun drastis dari harga belinya.

Hal ini sangat disayangkan karena Android menawarkan konsep yang sangat bagus, kecanggihan alai OS dengan harga yang variatif. Dan dari segi kualitas Ice Cream Sandwich terbaru Android tidak kalah dengan iOS 5 terbaru Apple. Hanya saja isu kekurangan Android yang terletak pada update OS ini perlu ditangani lebih lanjut oleh Google. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel