Jika Handphone Kamera 5 MP vs Kamera digital 5 MP Diadu, Siapa Juaranya?

12 Dec 2011 13:00 7319 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
*Handphone* pertama yang muncul dipasaran adalah perangkat yang berukuran besar, kaku dan mahal. Namun sekarang, *handphone* merupakan perangkat yang cukup kecil dan bahkan muat dalam saku atau tas dan cukup murah untuk mencapai penggunaan luas, dengan banyak tersedia dengan *built-in* kamera.

Handphone pertama yang muncul dipasaran adalah perangkat yang berukuran besar, kaku dan mahal. Namun sekarang, handphone merupakan perangkat yang cukup kecil dan bahkan muat dalam saku atau tas dan cukup murah untuk mencapai penggunaan luas, dengan banyak tersedia dengan built-in kamera.

Jika Anda ingin mengambil gambar digital, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda harus memiliki kamera digital 5 MP, atau cukup menggunakan handphone kamera 5 MP built in?

Bila Anda menggunakan handphone, Anda mungkin akan membawa perangkat ini pada sebagian besar waktu yang Anda miliki, sehingga Anda dapat membuat dan menerima panggilan di manapun Anda berada. Handphone bisa dikatakan bagian dari rutinitas Anda, seperti menyambar kunci sebelum Anda meninggalkan rumah. Jika handphone Anda memiliki built-in kamera 5MP, Anda akan selalu memiliki kemampuan untuk mengambil foto di manapun Anda berada selama Anda membawa si handphone.

Sementara jika Anda mengandalkan kamera digital 5 MP, Anda harus ingat untuk membawanya sebelum beranjak pergi dalam mengantisipasi bila sewaktu-waktu mengambil gambar, dan tentunya ini akan menambah jumlah perangkat yang Anda bawa.

Namun handphone kamera biasanya menggunakan lensa kecil yang mana Anda tidak dapat secara fisik menyesuaikan zoom atau mengubah eksposure-nya. Ukuran kecil handphone menghalangi mereka dari optik yang rumit, seperti lensa besar yang dapat diperluas dari tubuh perangkat. Di sisi lain, kamera digital 5 MP akan memiliki lensa yang lebih besar, dan beberapa fitur model lensa dapat memanjang sehingga Anda dapat memperbesar atau menangkap gambar lebih detail.

Selain itu kamera digital sering datang dengan layar LCD besar dan mengambil seluruh bagian punggung kamera, yang dapat Anda gunakan sebagai jendela bidik untuk pemotretan. Beberapa kamera juga memiliki jendela bidik optik sehingga Anda dapat melihat gambar akan terlihat seperti apa nantinya. Handphone kamera mungkin hanya memiliki layar kecil untuk di mana berfungsi sebagai jendela bidik, yang akan membuat lebih sulit bagi Anda untuk memotret dan meninjau gambar yang telah diambil, namun ini tergantung pada model handphone yang Anda gunakan.

Bila Anda mengambil gambar dengan kamera digital, Anda harus men-download terlebih dahulu ke komputer sehingga Anda bisa mencetaknya, mengirimkannya via* email* ke teman dan keluarga atau posting di website. Di sisi lain, ketika Anda mengambil foto dengan handphone kamera, Anda dapat langsung meng-upload-nya ke website, atau mengirimkannya sebagai pesan ke handphone orang lain atau account email. Ini mungkin lebih nyaman bagi Anda daripada proses sharing foto dari kamera digital. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel