Daftar Operator di Indonesia yang Menyediakan Layanan BlackBerry GSM

24 Nov 2011 15:00 5989 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
BlackBerry, produk yang hingga saat ini masih bertahan dalam segi permintaan pasar meskipun muncul *smartphone-smartphone* baru dari kalangan yang tak kalah populer. Fenomena ini pun dimanfaatkan oleh para operator Indonesia dalam menyediakan layanan BlackBerry.

BlackBerry, produk yang hingga saat ini masih bertahan dalam segi permintaan pasar meskipun muncul smartphone-smartphone baru dari kalangan yang tak kalah populer. Fenomena ini pun dimanfaatkan oleh para operator Indonesia dalam menyediakan layanan BlackBerry.

Memang tidak semua operator menyediakan layanan BlackBerry, terutama operator CDMA. Sebagian operator yang menyediakan layanan BlackBerry adalah operator GSM. Beberapa operator BlackBerry GSM ini akan Paseban bahas pada artikel ini.

Berikut ini adalah Operator di Indonesia yang menyediakan layanan BlackBerry GSM, yakni sebagai berikut:

Indosat

Operator ternama kedua ini menyediakan layanan BlackBerry GSM sebagai salah satu pilihan layanan akses data pada smartphone Anda. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh layanan Blackberry Indosat ini pun cukup beragam di antaranya :

  • Browser

    Jelajahi dunia melalui situs-situs favorit Anda dengan kecepatan dan kemudahan akses.

  • M-Banking

    Pelanggan dapat melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan M-Banking, seperti pembayaran kartu Matrix dan isi ulang kartu prabayar Indosat.

  • Phone & SMS

    Mudahnya berkomunikasi dengan adanya hubungan telepon.

  • Organizer

    Buat segalanya lebih teratur. Dilengkapi dengan Calendar, Address Book, Memo Pad dan Task, kini segala sesuatu dapat Anda atur dengan baik.

  • Multimedia

    Hadirkan hiburan tersendiri dalam genggaman Anda. Pilih dan mainkan musik ataupun tayangan tersendiri dalam setiap perjalanan Anda.

  • Camera & Video Player

    Waktunya mengabadikan setiap momen melalui fitur kamera dan video player. Bagi keceriannya dengan mengirimkan langsung setiap gambar melalui email ataupun via MMS (beberapa tipe handphone tertentu)

  • Wireless Nationwide Wireless Network

    Dukungan jaringan GPRS-nya dan 3G memungkinkan adanya layanan nasional untuk koneksi nirkabel.

  • Support Microsoft Exchange & Lotus Domino

  • Instant Messaging

Selain fitur-fitur yang dimilikinya, dalam rangka melayani pelanggan setianya Indosat juga menyediakan paket layanan BlackBerry, seperti halnya operator yang lain. Paket-paket layayanan tersebut di antaranya adalah BIS on Demand, BB Paket IRIT, BB Gaul, BB Mail & Chatting, BES on Demand serta Matrix BlackBerry.

Berbicara masalah tarif, tergantung dari paket layanan BlackBerry mana yang Anda pilih. Tetapi kesimpulan Paseban tarif yang ditawarkan mulai dari harga termurah yaitu sekitar Rp 2.000 /hari - Rp 130.000 /bulan.

Telkomsel

Selain Indosat, Telkomsel pun memiliki layanan BlackBerry GSM yang beragam, sayangnya tarifnya memang agak sedikit tinggi. Biaya langganan perharinya minimal Rp 5.000 sedangkan untuk perbulannya sekitar Rp 130.000 dengan biaya paket roaming sekitar Rp 140.000 /bulan.

Layanan paket BlackBerry ala Telkomsel ini terdiri dari Paket BlackBerry Extreme dengan unlimited streaming, paket BIS, BES, Unlimited BlackBerry Roaming dan Blackberry Applications.

XL Axiata

Layanan BlackBerry GSM ala XL pun tak jauh beda seperti layaknya Indosat dan Telkomsel. Fitur-fitur yang ditawarkannya di antaranya BlackBerry 3 In 1 Unlimited, BlackBerry Full Service, BlackBerry Gaul, BlackBerry Bizz, BlackBerry BIS BBM.

Dari segi tarif, XL juga menawarkan paket berlangganan harian dengan biaya sekitar Rp 1.000 dan paket berlangganan bulanan dengan biaya maksimal sekitar Rp 125.000. Fitur-fitur layananya meliputi chatting, social networking, push email, internet browsing, telepon dan SMS.

AXIS

Meskipun AXIS masih terbilang pendatang baru dalam dunia telekomunikasi Indonesia, tetapi AXIS bisa menunjukkan kemampuan dan kredibilitasnya kepada masyarakat luas dengan menghadirkan layanan BlackBerry melalui program promosinya.

Salah satu program layanan Blackberry AXIS adalah BlackBerry Hemat yang digadang-gadang sebagai yang paling hemat selamanya. Tarif yang ditawarkannya sekitar Rp 79.000 /bulan untuk tarif BlackBerry Hemat sedangka untuk tariff roaming BlackBerrynya sendiri sekitar Rp 49.000 /bulan yang sudah termasuk pajak. Selain menyediakan paket bulanan AXIS juga menyediakan paket layanan BlackBerry mingguan dengan tarif Rp 25.000 tanpa menghadirkan paket harian seperti halnya XL, Telkomsel dan Indosat.

3 (Three)

Sebagai pendatang baru layaknya AXIS, tetapi 3 (baca: Tri) dalam hal penyediaan layanan BlackBerry terlihat agak berbeda. 3 malah mengikuti jejak ketiga operator besar Indonesia dibanding memposisikan diri sebagai pendatang baru.

Perbedaan yang mencolok dala layanan BlackBerry 3 dari AXIS adalah terletak pada periode berlanggannya. Jika AXIS tidak menyediakan paket langganan per hari maka 3 malah menyediakannya. Yang lebih menarik dan beda daripada yang lainnya di mana 3 menyediakan paket berlangganan per tiga hari. Bukankah periode berlangganan tersebut hanya bisa Anda temukan pada operator 3?

Dari segi tarif, AXIS hampir sama dalam Indosat bahkan tidak terpaut jauh dalam segi tarif minimal berlangganan yakni hanya sekitar Rp 1.800. Sedangkan untuk tarif bulanan biaya berlanggana maksimal adalah sebesar Rp 69.000.

Fitur-fitur yang ditawarkan operator AXIS dalam layanan BlackBerry ini sangat beragam, tergantung dari pakaet mana yang ingin Adnda gunakan dan butuhkan.

Itulah sedikitreview mengenai operator GSM Indonesia yang menyediakan layanan BlackBerry GSM dari Paseban, semoga bermanfaat dan menjad bahan pertimbangan bagi Anda dalam menentukan operator mana yang akan Anda pilih sesuai selera dan kebutuhan. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel