Intip Kemampuan Nokia Ovi Map di sini

17 Nov 2011 17:00 3772 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Selain populer, layanan map dari Google pun tersedia secara gratis dan bekerja lebih cepat, ditambah ponsel Anda pun tidak diharuskan untuk memiliki fitur GPS agar bisa digunakan dengan maksimal. Sebagai perbandingan, Nokia Ovi Map mungkin akan memberikan pengalaman yang lebih kaya kepada Anda, tapi terkadang agak sedikit over the top meskipun hanya untuk menemukan bahwa alamat dalam map tersebut jelas.

Jika berbicara mengenai fitur map /peta, hampir semua pengguna ponsel pasti akan menyebutkan layanan Google Maps dari Google karena mungkin memang lebih populer di telinga mereka. Selain populer, layanan map dari Google pun tersedia secara gratis dan bekerja lebih cepat, ditambah ponsel Anda pun tidak diharuskan untuk memiliki fitur GPS agar bisa digunakan dengan maksimal. Sebagai perbandingan, Nokia Ovi Map mungkin akan memberikan pengalaman yang lebih kaya kepada Anda, tapi terkadang agak sedikit over the top meskipun hanya untuk menemukan bahwa alamat dalam map tersebut jelas.

Nokia Ovi Map pernah mengumumkan bahwa mereka akan menyediakankan layanan navigasi gratis yang digadang-gadang akan menyaingi layanan navigasi Google Maps Navigasi (pada perangkat Androidyang). Tetapi apakah hal ini cukup untuk membuat dedikasi Ovi Map mampu mengundang semua pengguna ponsel agar menggunakan Nokia dan memanfaatkan layanannya?

Paseban menguji Ovi Map pada ponsel Nokia E72, sebuah ponsel QWERTY yang memiliki ukuran layar sebesar 3.26 inci. Salah satu kekurangan dari layanan ini adalah di mana layanan ini memiliki perbedaan tergantung dari perangkat apa yang digunakan. Ponsel yang digunakan oleh Paseban, Nokia E72 merupakan ponsel yang memiliki kemampuan GPS, tetapi tidak menawarkan manfaat dari ukuran layarnya yang besar ini. Sebelum menginstalnya, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal termasuk jika Anda mencoba menggunakannya mungkin setidaknya akan berdampak pada pengalaman perangkat GPS pada ponsel Anda.

Jalankan Ovi Map dan Anda akan disajikan ikon yang berbasis home screen dengan beberapa pilihan menu di antaranya My Location, Find Places, Share Location, Favourites, Drive, Walk, Weather, Events, Lonely Planet dan Michelin.

Anda dapat beralih antara modus online dan offline melalui pengaturan, namun Anda hanya dapat mengakses pengaturan tersebut dari homepage sehingga Anda tidak dapat beralih ke modus online sementara Anda sedang menjalankan menu yang Anda pilih. Keuntungan dari mode offline adalah bahwa hal tersebut tidak dikenakan biaya data sepeserpun. Paseban menemukan bahwa modus onlineakan memberikan pick up yang cepat dari lokasi Anda berkat adanya bantuan dari GPS.

Dengan peta yang terintegrasi, Anda dapat menavigasi menggunakan GPS seperti halnya Anda melakukannya dengan perangkat standalone. My Location memungkinkan Anda menemukan di mana Anda berada pada Ovi Mao, serta mengetahui dari mana Anda kemudian juga dapat mencari lokasi, sama seperti menu Find Places. Hal ini dapat menjadi kode pos pencarian, yang akan membawa Anda ke daerah tersebut, tetapi mungkin tidak akan selalu menunjukkan nomor rumah yang tepat, karena Anda tidak bisa memodifikasi hasil Anda untuk sebuah kesimpulan akhir. Semakin banyak informasi yang Anda berikan, maka akan semakin baik hasilnya.

Tampilan peta juga komprehensif, di mana menawarkan kualitas pandangan 2D dan 3D. Pilihan terhubung ke beberapa pilihan menu yang tersedia seperti Weather, Events, Lonely Planet dan Michelin, merupakan suatu pilihan yang menarik memang, tetapi yang perlu Anda ingat adalah menu-menu tersebut akan dikenakan biaya roaming jika Anda berada di luar negeri. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel